Ini 4 langkah yang harus kamu lakukan segera saat HP-mu hilang

Biar kamu nggak panik sendiri.

Internet – Handphone (HP) atau smartphone zaman sekarang udah kayak soulmate aja, ya? Kapan pun dan di mana pun, orang nggak bisa pisah gitu aja dari HP. Soalnya, banyak kebutuhan aktivitas sehari-hari yang ngandelin HP. Nggak heran kalau sampai tuh HP hilang, patah hati dan kebakaran jenggot, deh. Setuju nggak?

Nah, amit-amit ya kalau HP hilang. Tapi kamu juga kudu tahu tentang langkah apa aja yang wajib kamu lakukan andaikata HP-mu hilang, baik itu karena kamu lupa naruhnya, jatuh di jalan akibat nggak sadar, sampai dicopet atau dijambret orang.

Berikut ini ada empat langkah yang patut kamu lakukan saat HP hilang, sebagaimana disarikan kami dari berbagai sumber, Kamis (2/11). Cek yuk, biar kamu nggak kalang kabut sendiri.

1. Lacak keberadaan HP-mu.

foto: softwaresuggest.com

Langkah pertama yaitu jangan panik dan langsung lacak keberadaan HP-mu. Yup, teknologi sekarang udah bisa membantumu melacak HP-mu yang hilang. Bahkan HP Advan A8 dibekali fitur anti theft dengan salah satu layanannya yakni tracking.

Fitur tersebut akan melacak keberadaan HP-mu secara online maupun offline. Untuk cara online, kamu bisa melacaknya dengan bantuan aplikasi Google Maps. Atau jika kamu hanya lupa menaruhnya di mana, bisa nih aktifin alarm finder. Fitur ini bakal menyalakan alarm yang nggak bisa dimatikan selama 30 detik. Bahkan volume suaranya nggak bisa dikecilkan. Jadi gampang kan, nemuinnya?

Selanjutnya untuk cara offline, kamu bisa manfaatin fitur send message. Kamu bisa mengirim pesan ke orang yang nemuin HP-mu. Pesan ini bisa diatur dan dicustom sesuai keinginanmu, lho. Lantas, kalau HP-mu hilang dalam kondisi mati, pesan ini bakal tetap terkirim saat dinyalakan nantinya.

Nah, tapi untuk mengaktifkan fitur anti theft dari Advan A8 ini kamu kudu mendaftar dulu pakai email atau akun media sosial, semisal Facebook. Jadi, kamu bisa antisipasi sedari awal juga supaya nggak panik saat musibah kehilangan HP datang.

2. Kunci HP-mu.

foto: advandigital.com

Langkah selanjutnya adalah buruan kunci HP-mu. Ini akan melindungi segala informasi penting dan sensitif yang tersimpan di HP-mu. Gimana bisa HP dikunci sementara HP-nya sendiri hilang?

Kalau kamu pakai Advan A8, bisa banget, lho. Advan A8 menghadirkan fitur anti theft untuk fungsi lock mobile phone. Fungsi ini bakalan mengunci HP-mu sekaligus data-data di dalamnya secara remote sehingga orang yang menemukannya nggak bisa mengakses datamu di HP.

Nggak berhenti cuma mengunci HP-mu. Fitur anti theft Advan A8 juga punya layanan destroy data yang akan mengunci semua datamu biar nggak tersebar dan diakses oleh si penemu HP. Mantap, kan? Info selengkapnya bisa kamu cek di sini.

3. Lapor ke polisi atau pihak berwajib.

Ilustrasi laporan kehilangan/foto: ediesblack.blogspot.co.id

Langkah berikutnya ini patut kamu lakukan saat kehilangan HP. Pihak yang berwajib akan membantu mencari HP-mu. Andaikata memang HP-mu dicuri atau dijambret, pihak berwenang bisa memberikan efek jera saat si pelaku tertangkap.

Nah, canggihnya kalau kamu pakai Advan A8, kamu bisa lho membantu tugas pihak berwajib untuk menemukan pelaku pencurian HP. Dengan fitur anti theft Advan A8, kamu bisa mengirim alarm palsu kepada si pencuri. Nah, saat si pencuri tahu alarm menyala, dia akan otomatis mematikan alarm tersebut. Secara bersamaan, wajahnya akan terpotret secara diam-diam dengan layanan manual shoot dari anti theft ini, lalu akan dikirimkan lewat cloud ke kamu, si pemilik HP.

4. Lindungi semua akun-akunmu.

foto: fieldguide.gizmodo.com

Selain langkah tanggap di atas, kamu juga perlu fokus mengamankan semua akun-akun yang kamu miliki di HP yang hilang tersebut. Baik itu akun media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, akun perbankan, email, dan segala aplikasi yang menyimpan nama, password, dan data-datamu yang lain.

Kamu bisa segera mengganti semua password akun-akunmu melalui piranti lain seperti HP atau komputer/laptop. Ini merupakan langkah pengamanan untuk memastikan si penemu HP nggak menyalahgunakan akun-akunmu tersebut.

Nah, sekarang udah tercerahkan bukan? Pastikan kamu mengamankan HP-mu kapan pun dan di mana pun. Pastikan juga kamu mengaktifkan fitur-fitur keamanan yang dimiliki HP-mu. Biar kamu tetap tenang terkendali kalau-kalau HP hilang.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *