Ceriwis

Ini 5 isi perjanjian pranikah pasangan selebriti Indonesia

Ceriwis – Ngomongin perjanjian pranikah atau prenuptial agreement di Indonesia memang terdengar aneh. Pasalnya, perjanjian pra-nikah masih dianggap tabu di Indonesia. Padahal, perjanjian tersebut penting dibuat sebelum menikah untuk memperjelas hak dan kewajiban pasangan suami istri, termasuk perihal harta yang dimiliki atau soal hak asuh anak.

Perjanjian pranikah merupakan perjanjian yang dibuat oleh calon pengantin sebelum keduanya sah menjadi suami istri. Lazimnya, beberapa pasangan memilih membuat perjanjian pra-nikah karena ada beberapa pertimbangan. Di antaranya mempersiapkan adanya perpisahan kelak atau semata agar ada kejelasan tugas dan tanggung jawab antara suami istri dalam rumah tangga.

Nah, menyadari pentingnya perjanjian pranikah, sederet pasangan selebriti Tanah Air pun bersepakat membuat perjanjian ini. Siapa saja dan apa aja isi perjanjian pranikah mereka? Yuk langung cek ulasan Ceriwis yang dirangkum dari berbagai sumber ini, Minggu (9/9).

1. Denny Sumargo dan Dita Soedarjo

 View Image

foto: Instagram/@sumargodenny

Jelang menikah dengan kekasihnya Dita Soedarjo, Denny Sumargo menyiapkan perjanjian pranikah. Denny menilai perjanjian itu mempermudah langkah ke depan bila terjadi sesuatu. Namun, rencana pembuatan perjanjian pranikah tersebut masih dipertimbangkan. Isi perjanjian ini pun belum dibuat. Pasalnya pihak Dita masih menimbang-nimbang soal perjanjian tersebut.

2. Chelsea Olivia dan Glenn Alinski

 View Image

foto: Instagram/@chelseaoliviaa

Sebelum menjadi pasangan suami istri di Katedral, Jakarta, pada 1 Oktober 2015 silam, Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie rupanya membuat perjanjian pranikah. Dalam perjanjian sebelum berumah tangga tersebut, tertulis beberapa perihal yang mengatur hak dan kewajiban suami-istri. Menurut Chelsea, perjanjian pra-nikah bisa mengetahui porsi masing-masing dalam berumah tangga, terutama saling menghormati dan menghargai pasangan.

3. Venna Melinda dan Ivan Fadilla

 View Image

foto: KapanLagi.com

Orangtua aktor Verrell Bramasta saat ini memang telah bercerai. Namun, saat proses perceraian Venna Melinda dan Ivan Fadilla terlibat perdebatan sengit. Hal ini berkaitan dengan perjanjian pranikah. Saat menikah pada tahun 1995 silam, keduanya rupanya bersepakat membuat perjanjian pranikah.

“Di perjanjian pranikah saya dengan Venna, disebutkan dari (harta) perolehan. Apa yang saya peroleh, jadi harta bersama. Apa yang diperoleh oleh Venna itu jadi harta dia sendiri,” tutur Ivan sebagaimana dikutip Ceriwis dari Liputan6.

Meski pembagian harta gono gini sudah diatur dengan jelas dalam perjanjian pranikah, keduanya menafsirkan perjanjian tersebut secara berbeda.

 

4. Paramitha Rusady dan Nenad Bago

 View Image

foto: KapanLagi.com

Pada November 2012 silam, Paramitha Rusady bercerai dengan Nenad Bago. Perceraian mereka pun tanpa memutuskan pembagian harta gono gini karena adanya perjanjian pranikah. Dalam perjanjian pranikah pasangan yang menikah tahun 2004 hingga 2012 itu disepakati bahwa harta mereka tak akan berubah setelah bercerai.

5. Rey Utami dan Pablo Putera Benua

 View Image

foto: Instagram/@reyutami

Pernikahan Rey Utami dan Pablo Putera Benua cukup menyita perhatian. Pasalnya keduanya memutuskan menikah setelah baru kenal tujuh hari. Selain proses perkenalan yang cukup singkat, Rey Utami dan Pablo kembali mengejutkan publik dengan tersebarnya perjanjian pranikah mereka. Dalam perjanjian tersebut, disebutkan jika Pablo harus memberikan semua hartanya pada Rey ketika ketahuan selingkuh.

Menurut Rey Utami, perjanjian tersebut merupakan ‘alat pengaman’ bagi para wanita agar tak diperlakukan semena-mena oleh suami. Lebih lanjut ia menolak disebut matrealistis, kendati perjanjian pranikahnya berisi tentang pembagian harta.

Editor Baik