Ceriwis

Ini bedanya gaya Sandiaga Uno dengan Erick Thohir, keren mana genks?

Ceriwis – Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan mantan Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games (Inasgoc), Erick Thohir yang menjadi Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin dalam Pilpres 2019 mendatang. Pesan tersebut disampaikan langsung Jokowi di Posko Pemenangan Jokowi-Ma’ruf di Jalan Cemara, Menteng, Jakarta, Jumat (7/9) lalu.

Terpilihnya pendiri Mahaka Group itu menjadi TKN Jokowi-Ma’ruf sontak jadi perbincangan publik, mengingat Erick merupakan sahabat lama Sandiaga Uno, calon wapres Prabowo Subianto yang menjadi lawan Jokowi. Sandi sendiri sempat merasa khawatir dengan hubungan pertemanannya, apalagi istri dan anak mereka juga bersahabat baik.

Pertemanan Erick dan Sandi sudah dimulai sejak kecil, puluhan tahun lamanya. Sandi dan Erick juga pernah bergabung dalam satu klub basket yang sama. Ketika duduk di bangku kuliah, keduanya membangun usaha sama-sama. Meski sekarang berseberangan kubu dalam pesta demokrasi, keduanya saling percaya bahwa profesionalitas harus tetap dijaga.

Erick maupun Sandi dikenal sama-sama pencinta olahraga. Namun cara mengekspresikannya yang berbeda. Seperti diketahui, sejak beberapa tahun terakhir, Erick lebih memiliki ketertarikan mengelola manajemen klub olahraga. Sedangkan Sandi di tengah-tengah kesibukannya saat menjabat Wagub Jakarta, sering menyempatkan diri berolahraga, seperti bermain basket maupun bertanding dengan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti melintasi Danau Sunter.

Nah, kira-kira gimana sih perbedaan cara mereka menunjukkan kecintaan terhadap olahraga? Berikut disarikan Ceriwis dari berbagai sumber, Sabtu (8/9), detail perbedaan gaya keduanya mengekspresikan kesukaan terhadap olahraga.

1. Erick lebih banyak berada di belakang layar, misalnya dalam manajemen klub olahraga bola.

 View Image

foto: Instagram/@erickthohir

Erick pernah menjabat jadi pemilik klub bola DC United, Amerika Serikat pada 2012 silam. Kemudian menjadi pemiliki klub bola Inter Milan tahun 2013-2016. Selain itu, Erick juga merupakan Presiden Klub Inter Milan sejak 2013 hingga kini.

2. Erick juga jadi petinggi di dunia olahraga basket.

 View Image

foto: Instagram/@erickthohir

Bukan hanya bola, pria 48 tahun itu jadi pemilik klub NBA, Philadelphia 76ers pada 2013 silam. Ia juga pernah menjabat Ketua Umum Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PERBASI) periode 2006-2010. Erick juga merupakan Presiden Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA) periode 2006 hingga 2019 mendatang.

3. Erick melebarkan sayap ke kepengurusan organisasi olahraga. 

 View Image

foto: Instagram/@erickthohir

Erick yang pernah S2 di Universitas Nasional California, Amerika Serikat juga tengah menjadi Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia 2015-2019, dan kemarin baru selesai menjalankan tugasnya sebagai Ketua Panitia Asian Games 2018.

Lain halnya dengan Sandiaga Uno yang sering terlihat terjun langsung berolahraga ke lapangan sebagai berikut.

4. Sandi aktif olahraga renang.

 View Image

foto: Twitter/@sandiuno

Sandiaga dan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastusti pernah beradu kecepatan untuk mengarungi Danau Sunter, Minggu (25/2) lalu. Hal ini dilakukan sebagai upaya memperbaiki kualitas danau agar menjadi seindah danau di Jenewa, Swiss. Ternyata, sebelumnya Sandi pernah menjabat sebagai Ketua Umum PB Persatuan Renang Seluruh Indonesia.

5. Mantan Wagub DKI Jakarta tersebut juga beberapa kali ikut lomba lari.

 View Image

foto: Instagram/@sandiuno

Suami Nur Asia itu juga gemar olahraga lari. Dilansir dari kapanlagi.com, menurutnya lari mempunyai filosofi politik dan bisnis, yakni pemanasan. Dalam bisnis atau politik, pebisnis harus mempersiapkan sesuatu dengan matang. Kedua, adanya kerja sama dari berbagai pihak. Yang ketiga kecepatan, dalam politik semua harus diputuskan dengan cepat. Terakhir, daya juang yang bermakna pengusaha semestinya memiliki kemampuan mempertahankan perusahaannya.

6. Sandi juga dikenal gemar main basket.

 View Image

foto: Instagram/@sandiuno

Di tengah kesibukannya, politikus 49 tahun ini selalu menyempatkan bermain basket. Sandi sudah menggemari basket sejak duduk di sekolah dasar. Ia pernah masuk Komunitas Banteng Muda (KBM), kemudian bermain bersama klub Pelita Jaya Jakarta.

Meski berbeda cara mengekspresikan kecintaan pada olahraga, Erick maupun Sandi sama-sama memberikan inspirasi dalam bidang olahraga. Kalau Sobat Ceriwis, bakal seperti Erick Thohir atau Sandiaga Uno, nih?

Editor Baik