Ceriwis

Inilah Akibat Kalau Malas Mandi Yang Harus Anda Ketahui

Ilustrasi mandi.

Ceriwis – Saat libur, tentu paling enak untuk santai, berleha-leha seharian dan sebagian orang memilih untuk melakukan kegiatan yang enggak memerlukan banyak gerak. Eits, tapi jangan sampai melewatkan untuk mandi, ya!

Jangan mentang-mentang di rumah seharian, lalu kamu memutuskan untuk enggak mandi. Sebab, kebiasaan jarang mandi itu punya akibat yang harus kamu tanggung, lho!

Dilansir Ceriwis, ini dia beberapa akibat kalau kamu malas mandi. Coba disimak, ya.

1. Kamu bisa sakit flu

Ilustrasi flu

Selain karena mandi yang terlalu malam, ternyata enggak mandi pun kamu juga tetap bisa terkena flu. Hal ini dikarenakan bakteri-bakteri yang seharusnya dibersihkan ketika kamu mandi berkembang biak dan bisa masuk lewat hidung, mulut dan matamu. Akhirnya, tadaaa… flu pun menghampiri kamu.

2. Jerawatan

Ilustrasi jerawat.

Karena kamu enggak mandi, wajahmu mengeluarkan minyak dan garam hasil keringat. Kemudian, yang terjadi selanjutnya adalah muncul kemerahan di wajahmu dan jerawat yang mulai muncul. Bakteri yang tidak dibersihkan karena kamu enggak mandi juga bisa menyumbat pori-pori wajahmu dan menyebabkan komedo. Duh!

3. Bau badan

Fakta menarik lainnya, ternyata kamu bisa mengeluarkan 30 jenis bau badan yang enggak sedap karena enggak mandi. Enggak mau, dong, saat pacarmu main ke rumah, dia malah mencium bau yang enggak sedap dari tubuh kamu? Bikin ilfeel, deh!

4. Kulit kering

Kulit kering akibat kekurangan cairan.

Kebanyakan mandi memang bikin kulit kering. Tapi, berlaku sebaliknya jika kamu enggak mandi. Enggak mandi bisa buat kamu terinfeksi bakteri kulit dan menyebabkan eksim, kulit bersisik, dan penyakit kulit lainnya. Enggak mau, kan, kulitmu yang tadinya mulus jadi ‘buluk’?

5. Flek hitam

Ilustrasi adanya flek hitam di wajah

Enggak mandi bisa buat kamu memiliki flek hitam di wajah. Jadi flek hitam enggak hanya muncul karena paparan sinar matahari. Hal ini disebabkan karena keringat yang tidak dibersihkan dari permukaan kulit menumpuk dan menyebabkan kondisi yang disebut dermatitis neglecta.

Nah, setelah tahu akibat dari enggak mandi, apakah kamu masih mau malas-malasan buat mandi?

Clara Marissa

Tidak ada komentar