Ceriwis

Inilah Alasan Fitur Musik Instagram Stories Belum Tersedia di Indonesia

Ceriwis – Pada pertengahan 2018, Instagram Stories meluncurkan fitur stiker Musik. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menampilkan potongan lagu favorit pada foto atau video yang diunggah di Stories.

Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu repot lagi menyalakan Spotify atau aplikasi musik lain hanya untuk menambahkan lagu favorit di Instagram Stories. Sayangnya, hingga saat ini fitur stiker Musik itu belum juga tersedia di Indonesia.

Client Partner Facebook Instagram Indonesia, Aldo Rambie, mengungkap bahwa hak cipta menjadi alasan kenapa fitur stiker Musik belum bisa dihadirkan di Indonesia. Instagram harus terlebih dahulu menyesuaikan apakah fitur tersebut cocok untuk diluncurkan di Indonesia.

“Kita juga harus comply dengan peraturan yang ada seperti hak cipta. Maka itu faktor-faktor yang kami pertimbangkan untuk meluncurkan satu fitur di market,” ungkap Aldo, dalam acara buka puasa bersama Instagram di Ruang Komunal Facebook Indonesia, Jakarta, Selasa (14/5).

Aplikasi Instagram di iOS

Selain perlu memastikan apakah fitur tersebut cocok untuk di Indonesia sendiri, Instagram juga harus berkolaborasi dengan pihak ketiga hingga pemerintah untuk bisa mendapatkan hak cipta terhadap penggunaan lagu-lagu di Instagram Stories. Tentu itu adalah proses yang tidak sebentar.

“Alasan khusus (kenapa belum meluncur di Indonesia) mungkin karena regulasi atau hak cipta di Indonesia, itu yang mungkin menjadi pertimbangan untuk merilis fitur itu,” ungkap Aldo.

Aldo mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu apakah fitur stiker Musik bakal diluncurkan di Indonesia atau tidak. “Sebenarnya mungkin bisa jadi itu (fitur Musik dirilis di Indonesia) cepat, stay tune saja,” tambahnya.

Illustrasi Instagram

Hingga saat ini, fitur stiker Musik baru bisa dinikmati oleh pengguna Instagram di kawasan Amerika Serikat dan Eropa. Cara menggunakannya sama seperti fitur stiker lain, seperti menyisipkan stiker, GIF, atau polling.

Ada ikon bertuliskan “Music” yang jika ditekan akan menampilkan beragam pilihan potongan lagu yang bisa dipilih dan ditambahkan ke Stories yang telah kamu buat.

Untuk sekarang, pengguna Instagram di Indonesia bersabar dulu saja ya untuk mencoba fitur tersebut.

Andika Gumilang