Ceriwis
Home » Umum » Inilah Alasan Mengapa Pendiri Apple Menyuruh untuk Berhenti Pakai Facebook

Inilah Alasan Mengapa Pendiri Apple Menyuruh untuk Berhenti Pakai Facebook

Ceriwis – Salah satu pendiri Apple, Steve Wozniak, mengaku telah menghapus akun Facebook pribadinya sejak tahun lalu. Nah, ia juga menyarankan agar orang-orang juga melakukan hal yang sama dan berhenti memakai Facebook.

Dilansir Gizmodo, alasan utama ia berhenti memakai Facebook adalah masalah privasi di dalamnya.

“Ada banyak pengguna Facebook, dan ada sebagian yang berpikiran manfaat Facebook lebih berharga dibandingkan kehilangan privasi,” kata Wozniak.

“Sedangkan sebagian orang lainnya, termasuk saya, mencari cara agar bisa keluar dari Facebook,” lanjutnya.

Steve Wozniak juga menyampaikan Facebook seharusnya memberikan pilihan untuk masalah privasi. Misalnya, pengguna bisa membayar data-datanya agar tidak diserahkan ke pihak ketiga.

“Setiap orang punya tingkat privasi yang beda-beda. Nah, mengapa mereka (Facebook) tidak memberikan saya pilihan? Saya akan membayar dalam jumlah tertentu agar data pribadi aman dan tidak diserahkan kepada pihak pengiklan,” ujarnya.

Pria yang akrab Woz ini langsung menghapus data pribadinya tiga minggu setelah skandal Cambridge Analytica yang terjadi pada Maret 2018. Saat itu, jutaan data pengguna Facebook bocor. Akhirnya jejaring sosial buatan Mark Zuckerberg itu reputasinya menjadi buruk.

“Jejaring sosial ini lebih banyak memberiku keburukkan dibanding kebaikan. Apple memiliki cara yang lebih aman dalam membagikan hal tentang penggunanya,” kata Woz saat ramai pemberitaan Cambridge Analytica.

Saat ini Wozniak mengaku masih bertahan dengan cara lama untuk bisa berhubungan dengan temannya. Ia menggunakan email dan pesan singkat.

“Saya sangat khawatir dengan data-data pribadi. Saya tidak ini data-data ini bisa diambil oleh orang lain dan saya juga tidak tahu bagaimana cara menghentikan pencurian data ini,” tutup Woz.

Siapa yang mau mengikuti saran dari Wozniak?

Clara Marissa

Tidak ada komentar