Ceriwis

Inilah Hal Yang Perlu Kamu Lakukan Untuk Mengurangi Polusi Udara

Ceriwis – Akhir-akhir ini, sedang ramai berita tentang polusi di Jakarta yang disebut semakin parah dan tidak baik bagi kesehatan. Secara kasat mata, kamu pun dapat melihat langsung langit Jakarta yang tampak lebih abu-abu dari biasanya akibat dari tebalnya asap polusi.

Jika benar udara di Jakarta memang sedemikian parahnya, maka tentu polusi ini akan berdampak buruk bagi kesehatan masyarakat. Lantas, sebagai individu, apa saja yang dapat kita lakukan untuk berkontribusi mengurangi polusi di Jakarta?

Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk membantu mengurangi polusi udara. Dengan cara-cara inilah, kamu sebagai individu bisa turut menyelamatkan lingkungan dari hal-hal yang sederhana.

1. Perbanyak jalan kaki dan bersepeda

Asap kendaran bermotor adalah salah satu penyumbang terbesar polusi udara. Asap kendaraan bermotor mengandung sulfur dioksida yang merupakan 1 dari 6 polutan utama penyebab polusi udara. Jadi, jika kamu lebih mengutamakan jalan kaki atau bersepeda untuk menuju suatu tempat, maka kamu sudah berkontribusi mengurangi polusi.

Memang sih, praktiknya tidak mudah. Tapi kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan transportasi umum massal, seperti bus, kereta, atau MRT. Carilah tempat pemberhentian terdekat dengan kantor atau tujuan kamu, lalu berjalan kakilah dari sana.

Lho, bukannya bus umum di Jakarta juga penyumbang polusi lewat asap knalpotnya? Ya, tapi kalau kamu naik kendaraan sendiri, maka jumlah kendaraan penyumbang polusi jadi bertambah di jalanan. Kira-kira seperti itu.

2. Tanam tumbuhan penangkal polusi

Tahukah kamu bahwa ada beberapa tanaman yang dapat membantu menangkal polusi? Menariknya, tanaman-tanaman ini dapat kamu tumbuhkan di sekitar tempat tinggalmu.

Tidak hanya sebagai dekorasi rumah, beberapa jenis tanaman di bawah ini diketahui mampu menghilangkan karbon monoksida di udara. Berikut adalah pilihan tumbuhan yang bisa kamu pilih:

  • Dracaena.

  • Krisan.

  • Lidah Buaya.

  • Bambu.

  • Lidah Mertua.

  • Sirih Gading (English Ivy & Devil’s Ivy).

  • Lili.

  • Sri Rejeki.

  • Pakis.

  • Spider Plant.

Pada dasarnya, tumbuhan tersebut bekerja seperti organ hati manusia, yaitu menyaring zat-zat berbahaya dari polusi melalui pori-pori yang ada di daun. Racun polusi itulah yang dicerna oleh batang tumbuhan, kemudian dikeluarkan ke tanah melalui akarnya.

Selain itu, hasil fotosintesis dari pohon atau tumbuhan mampu mengubah karbon dioksida menjadi oksigen, sehingga udara di sekitar kamu jadi lebih bersih sekaligus mengurangi jumlah polusi.

3. Hemat dalam penggunaan listrik

Anjuran untuk tidak boros menggunakan listrik ternyata tidak sekadar bermotif ekonomi, tetapi juga membantu mengatasi pencemaran udara. Kenapa bisa?

Sebab, untuk menghasilkan tenaga listrik, setiap pembangkit membutuhkan bahan bakar minyak atau batu bara. Proses tersebut melepaskan ozon dan sulfur dioksida di permukaan tanah, menguap, dan akhirnya mencemari udara. Itulah mengapa penting bagi kita untuk selalu mematikan listrik bila tidak digunakan.

Meski terlihat sederhana, kebiasaan sehari-hari ini dapat memberikan dampak besar terhadap berkurangnya polusi udara di sekitar kamu.

Cukup mudah bukan untuk kamu bisa turut serta mengurangi polusi di Jakarta?

Pemerintah memang sedang memikirkan cara untuk mengatasi masalah polusi ini. Salah satunya adalah pengecekan emisi pada kendaraan bermotor. Tapi, ada baiknya kita sebagai individu juga berkontribusi untuk hal-hal baik, seperti mengurangi polisi. Pemerintah dan masyarakat harus saling bersinergi, bukan?

Demi lingkungan lebih sehat untuk diri kita dan masa depan.

Clara Marissa

Tidak ada komentar