Ceriwis

Inilah Solusi Yang Tepat Untuk Birokrasi di Masa Depan

Staf Dinas Kominfo Singkawang membahas digitalisasi di ruang Singkawang Media Centre.

Ceriwis – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Singkawang melakukan terobosan baru dengan menghadirkan aplikasi e-Office. Melalui Bidang E-Government dan Telematika di dinas tersebut, sedang mengembangkan agar aplikasi ini bisa memudahkan pelayanan, terutama dalam hal surat menyurat.

Kepala Bidang E-Government dan Telematika Diskominfo Singkawang, Evan Ernanda, mengatakan, aplikasi e-Office ini akan sangat membantu dalam hal pendisposisian surat. “Sehingga, meskipun seorang pejabat sedang tidak berada di kantor, atau bahkan di luar kota sekalipun, ia akan tetap dapat menerima infromasi surat yang masuk, yang diinput oleh operator di kantor,” katanya, Kamis (4/7).

Staf Dinas Kominfo Singkawang mencoba aplikasi e-Office.

Dengan demikian, lanjut Evan, pimpinan bisa segera memberikan disposisi, dan pekerjaan tidak harus tertunda, karena sedang berada di luar kantor.

Evan mengungkapkan, aplikasi ini saat diluncurkan nantinya, langsung bisa digunakan. “Aplikasi e-Office sama persis seperti prosedur surat manual lainnya. Cuma untuk hal ini, sistemnya berbasis eloktronik,” ungkap Evan.

Ia berharap, dengan adanya aplikasi ini akan memberikan banyak manfaat. Selain hemat biaya karena anggaran ATK berkurang karena menerapkan prinsip paperless, aplikasi ini juga menghemat waktu, serta semua arsip dokumen akan mudah ditemukan.

Staf Dinas Kominfo Singkawang melakukan pemantauan lalu lintas di ruang Singkawang Media Centre.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Singkawang, Ahyadi, memberikan apresiasi khusus kepada jajarannya, yang terus melakukan inovasi-inovasi terbaru, demi peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

“Saya harapkan, aplikasi ini bisa dipaparkan secara detail dan mudah dipahami oleh organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya, agar nantinya aplikasi ini dapat dirasakan manfaatnya,” harapnya.

Ia berharap, agar ada komitmen dari seluruh OPD di Singkawang, untuk bersama-sama menerapkan dan mengintegrasikan aplikasi ini, sesuai Peraturan Walikota Singkawang. “Saya berharap ada komitmen kita semua untuk menerapkan aplikasi sesuai dengan Peraturan Wali Kota,” harapnya.

Melanie Putri

Tidak ada komentar