Ceriwis

Instagram, Facebook dan WhatsApp Down? Inilah Penyebabnya

Ceriwis – Facebook, Instagram dan WhatsApp dilaporkan down atau tidak bisa diakses pada Rabu malam (3/7/2019). Sejumlah pengguna mengeluhkan tidak bisa mengirim dan melihat foto dan video. Lalu apa apa penyebab WhatsApp down?

Dari pantauan di DownDetector, kesulitan akses WhatsApp down tersebut terjadi selama berjam-jam dan dimulai sejak pukul 20.00 WIB.

Setelah melakukan perbaikan, akhirnya akses Facebook, Instagram dan WhatsApp sudah kembali normal pada Kamis pagi (4/7/2019).

Facebook melalui akun Twitter resminya mengatakan penyebab WhatsApp down dan dua aplikasi lainnya terjadi karena kesalahan sistem saat melakukan maintenance secara berkala.

“Dalam proses maintenance tersebut, kami memicu masalah yang menyulitkan pengguna untuk mengunggah dan mengirim foto dan video,” jelas Facebook.

Sedangkan di laman resmi Facebook for Developer, Facebook mengatakan penyebab tumbangnya layanan karena terjadinya penurunan kinerja di endpoint API.

Akhirnya masalah bisa teratasi dan Facebook, Instagram dan WhatsApp sudah bisa digunakan 100 persen oleh penggunanya.

“Kami mohon maaf atas ketidaknyaman yang terjadi,” tulis Facebook.

Tumbangnya akses Facebook, Instagram dan WhatsApp ini terjadi di seluruh Inggris, sebagian Amerika Serikat dan Asia (termasuk Indonesia).

Dari catatan DownDetector, ada banyak laporan mengenai WhatsApp cs down. Untuk WhatsApp ada 1.630 laporan, Instagram ada 12.574 laporan dan Facebook ada 7.180 laporan.

Masalah utama yang terjadi Instagram adalah News Feed sebanyak 82 persen, situs web 11 persen dan login sebanyak 6 persen. Lalu, untuk di Facebook adalah tidak bisa melihat tampilan foto. Sedangkan di WhatsApp banyak pengguna yang tidak bisa mengirim foto.

Melanie Putri

Tidak ada komentar