Research: Blockchain-Not-Bitcoin Investments Seeing 60% Drop in 2019

Investasi Blockchain dapat turun sebanyak 60% tahun ini karena perhatian terus fokus pada Bitcoin (BTC), data baru menunjukkan.

Smart Money Mematikan Blockchain

Menurut sebuah laporan dari biro riset fintech, CB Insights, yang dilaporkan oleh Bloomberg pada 18 Juli, perusahaan-perusahaan di ruang blockchain memperoleh dukungan yang jauh lebih sedikit pada 2019.

Hingga saat ini, 227 transaksi investasi telah menjaring dana $ 784 juta dalam pendanaan. Pada Desember, jika momentum itu terus berlanjut, angkanya akan mencapai $ 1,6 miliar.

Sebaliknya, pada tahun 2018, perusahaan menerima $ 4,1 miliar, yang berarti jumlah tahun ini dapat mewakili pengurangan 61%.

“Butuh sedikit antusiasme untuk hilang,” CEO CB Insights, Nicholas Pappageorge, berkomentar kepada Bloomberg tentang keadaan pasar investasi blockchain.

Data lebih lanjut mengungkapkan bahwa selama lima tahun hingga Juli 2019, 40% dari investasi blockchain berfokus pada Amerika Serikat. Cina adalah negara tunggal terbesar kedua, dengan 15% dari total.

Blockchain's meteoric rise slowed in 2019

Bank memiliki tingkat keberhasilan yang kurang optimal

Aspek lain, kali ini disoroti oleh Reuters, menunjukkan bahwa bahkan proyek yang telah memperoleh pendanaan, misalnya yang dipelopori oleh bank, memiliki tingkat keberhasilan yang kurang optimal.

Dari 33 proyek semacam itu, hanya 12 yang telah membuat kemajuan signifikan sejak awal. Secara keseluruhan, ini adalah “tanda-tanda buruk untuk blockchain bukan kerumunan Bitcoin,” menurut reporter NY Times Nathaniel Popper.

Untuk Bloomberg, hasilnya merupakan perubahan yang pasti dalam minat investor menjauh dari blockchain dan menuju Bitcoin sendiri sebagai sumber pengembalian untuk uang pintar.

Seperti yang dilaporkan Cointelegraph, cryptocurrency terbesar telah mendapatkan kembali kerugiannya dari pasar beruang 2018, sementara para analis tetap terpecah tentang langkah selanjutnya.

Setelah mencapai setinggi $ 13.800 bulan lalu, BTC / USD kemudian turun menjadi hampir $ 9.000, kemudian pulih untuk menantang $ 10.000 pada waktu pers Kamis.