Ceriwis

Jelang PON XX Papua, Aplikasi Kamus Bahasa Sentani Telah Siap Diluncurkan

Jack Puraro, salah satu siswa Diklat Pim IV Tahun 2019 yang memiliki ide Aplikasi Gapura, merupakan aplikasi Bahasa Sentani.
Ceriwis – Aplikasi kamus Bahasa Sentani siap diluncurkan menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2020. Aplikasi ini bernama: Gapura, merupakan inovasi dari salah satu siswa Diklat Pim IV Tahun 2019 Kabupaten Jayapura bernama Jack Puraro.
Menurut Jack, yang merupakan pemilik ide inovasi kamus berbahasa Sentani, yakni Aplikasi Gapura, mengatakan, kalau ide itu lahir karena semangat kebangkitan masyarakat adat yang digelorakan oleh Bupati Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw.
Jack mengaku melihat di tengah-tengah kebangkitan masyarakat adat di Sentani, Kabupaten Jayapura, ada hal yang esensi dari sebuah kultur dan budaya, yakni bahasa ibu (bahasa daerah) dari masyarakat adat pada 9 Dewan Adat Sentani (DAS) penuturnya perlahan-lahan mulai berkurang.
“Anak-anak muda Sentani hari ini, begitu orang tuanya menyampaikan dengan Bahasa Sentani, mereka akan membalas dengan Bahasa Indonesia. Ini yang menjadi perhatian saya,” ujar Jack saat ditemui di Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (29/10).
Menurut Jack, aplikasi kamus Bahasa Sentani yang saat ini sedang diupayakan itu merupakan embrio yang nantinya akan mencakup bahasa dari 9 Dewan Adat Sentani yang ada di Kabupaten Jayapura.
Untuk itu, Jack dan beberapa stakeholder sedang bekerja sama untuk menyelesaikan rancangan aplikasi yang juga telah diluncurkan oleh Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw saat HUT Kebangkitan Masyarakat Adat di Sentani, beberapa waktu lalu.
“Saya juga ingin menyampaikan terimakasih kepada beberapa stakeholder yang telah membantu saya. Juga para DAS, Ondofolo (kepala suku) dan terutama Dinas Komunikasi Informasi (Diskominfo) Kabupaten Jayapura yang sudah banyak membantu saya,” ungkap Jack.
Menurut Jack, aplikasi dengan nama Gapura ini adalah aplikasi kamus bahasa Sentani jelas akan sangat berperan penting dalam mengembalikan jati diri masyarakat adat Sentani dan menjaga kelestarian bahasa asli dari Sentani.
Selain itu, kata Jack, aplikasi Gapura juga akan sangat berguna bagi setiap sekolah yang mengajarkan muatan lokal bahasa daerah setempat serta dapat ikut menunjang pariwisata di Kabupaten Jayapura. “Aplikasi ini akan bisa diunduh di Play Store dalam beberapa waktu depan jelang PON XX Papua,” katanya.

Clara Marissa