Kalau Kamu Tidak Bisa Jawab “Ya” pada 10 Pertanyaan Ini, Kamu Tidak Benar-Benar Bahagia

Mulailah dengan mengakui hidup itu naik turun. Segala sesuatunya tidak selalu konsisten.

Ada orang yang terus bergerak dan ada yang diam, ada orang yang mendapat promosi sementara yang lain dipecat, ada orang yang menjalin hubungan dan ada yang putus; dan kesempatan datang dan pergi dengan cepat. Namun ini tidak berarti bahwa kamu tidak bisa memahami di mana posisi kamu sekarang dan menemukan kebaikan di dalamnya. Kadang-kadang, kita hanya perlu sedikit motivasi untuk melakukan perubahan yang diperlukan agar kita bahagia.

Kita semua ingin bahagia. Nah, inilah 10 pertanyaan yang perlu kamu tanyakan kepada diri sendiri untuk mengetahui apakah kamu benar-benar bahagia dengan posisi kamu sekarang dalam kehidupan.

1. Apakah kamu sering menginginkan lebih banyak?

Untuk benar-benar bahagia dengan kehidupan kamu pada fase apa pun, kamu harus belajar bekerja keras untuk meraih tujuan yang lebih tinggi sambil menerima apa yang sekarang kamu miliki. Sambutlah lebih banyak lagi, tetapi janganlah mendambakannya.

2. Apakah kamu perfeksionis?

Meskipun berjuang untuk mendapatkan yang terbaik adalah motivasi yang bagus, menginginkan kesempurnaan akan membuat kamu gagal. Ini tak pelak lagi akan membuat kamu tidak bahagia dengan kondisi kamu sekarang.

3. Apakah kamu bekerja keras untuk mencapai posisi kamu sekarang?

Salah satu trik untuk bahagia adalah mampu melihat ke belakang dan menyadari bahwa segala sesuatu di depan kamu adalah hasil dari kerja keras yang kamu lakukan. Jika bukan ini yang terjadi, tidak pernah ada kata terlambat. Kerja keraslah hari ini dan kamu akan menuai manfaatnya esok hari (meskipun manfaat itu sekadar pulang ke sebuah rumah yang bersih).

4. Apakah kamu punya tujuan akhir, dan apakah kamu aktif di jalur yang benar untuk meraihnya?

Memiliki tujuan dan menginginkan lebih banyak adalah dua konsep yang berbeda. Kalau kamu aktif di jalur yang benar untuk meraih tujuan, kamu akan merasa jauh lebih puas dengan setiap kemajuan yang kamu raih. Oleh karena itu, kamu akan bahagia dengan setiap perubahan sekecil apa pun.

5. Apakah kamu meluangkan waktu untuk rileks sama banyak untuk bekerja?

Mengutamakan pekerjaan adalah cara yang bagus untuk berputar-putar menuju kekecewaan. Ingatlah untuk meluangkan waktu setiap hari untuk beristirahat dan merenung, dan melakukan sesuatu yang baik untuk diri kamu sendiri.

6. Kalau kamu harus bertemu diri kamu sendiri sebagai orang lain, apakah kamu akan berteman dengan kamu sendiri?

Sulit untuk melihat diri kamu sendiri di mata orang lain, tetapi mundurlah selangkah. Apakah kamu egois? Apakah kamu teman yang baik? Apakah kamu akan memercayakan rahasia pada dirimu sendiri, dan apakah kamu akan tetap bisa diandalkan? Ketenteraman hati (atau sekadar penyesuaian untuk membuat diri kamu seseorang yang kamu asosiasikan) adalah cara yang hebat untuk bahagia dengan situasi kamu sekarang.

7. Bisakah kamu menerima bahwa tidak ada yang statis, dan bisakah kamu menerima perubahan?

Ada orang yang tidak bahagia karena mereka terlalu nyaman. Tetapi perubahan itu tidak bisa dielakkan. Meskipun perubahan yang terjadi sering kali kecil, kamu perlu mampu menerima segala sesuatu yang diberikan kehidupan kepadamu.

8. Apakah kamu pernah duduk diam dan bersyukur atas pencapaianmu?

Bagaimana kamu bisa bahagia dengan sejauh mana kamu sudah berjalan jika kamu tidak pernah mengakui kebaikan yang pernah kamu lakukan? Jangan tunggu seseorang memberimu penghargaan. Hargailah diri kamu sendiri dari waktu ke waktu.

9. Apakah kamu lebih sering tertawa daripada menangis?

Ini mungkin sudah jelas, tetapi kadang-kadang kita tidak menyadari kita dikuasai emosi negatif sampai ada ketiadaan mendalam akan hal itu. Ingatlah untuk selalu membiarkan lebih banyak hal dalam hidup kamu yang akan membuat kamu tertawa atau tersenyum untuk menyingkirkan beberapa hal yang pasti akan membuatmu menangis.

10. Kalau hidup kamu tetap seperti sekarang ini, selamanya, apakah kamu mampu menjalaninya?

Segalanya akan berubah. Tapi inilah ujian akhir untuk melihat apakah kamu puas dengan situasi kamu sekarang. Inilah hasil dari semua pertanyaan sebelumnya. Jika jawaban kamu “ya”, kamu siap untuk apa saja yang diberikan kehidupan kepadamu. Jika jawaban kamu “tidak”, waktunya untuk melakukan perubahan dalam hidupmu yang akan membantu kamu berkembang sebagai sosok pribadi dan memberi kamu kesempatan untuk nyaman dengan tempat kamu di dunia.

Kebahagiaan adalah hal yang kita harus belajar menerimanya dalam kehidupan kita. Kita tidak bisa cukup mengharapkannya saja. Itulah masalah yang sering kita hadapi. Kita mengharapkan datangnya kebahagiaan tanpa usaha apa pun.

Hidup itu soal perspektif. Semua pertanyaan ini bisa mendapat jawaban positif terlepas dari situasi kamu sekarang, asalkan kamu memiliki sudut pandang dan harapan yang benar terhadap kehidupan.
Kadang-kadang, yang kita butuhkan hanyalah sedikit penyesuaian sikap.

Pilihlah bahagia, Teman.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *