Ceriwis

Kebijakan dalam Pengawasan Internet akan Dibatalkan Oleh Kazakhstan

Presiden Kazakhstan, Kassym-Jomart Tokayev
Ceriwis – Kazakhstan menunda implementasi sistem pengawasan internet yang dikritik oleh kalangan pengacara sebagai ilegal, yang pelaksanaan awalnya sekarang disebut pemerintah sebagai sebuah ujicoba.
Operator seluler di ibukota Nur-Sultan, telah meminta pelanggannya memasang sertifikat enkripsi di gawainya atau terancam kehilangan akses internet.
Pejabat keamanan negara mengatakan tujuannya adalah melindung masyarakat Kazakh dari serangan peretas, penipuan daring dan ancaman siber lainnya.
Sertifikat yang dipasang memungkinkan arus internet pengguna untuk dicegat oleh pemerintah dan mengakali enkripsi yang dipakai oleh aplikasi percakapan dan surel.
Beberapa pengacara di Kazakhstan pekan ini telah menuntut tiga operator seluler di negaranya dengan alasan memutus akses internet kepada mereka yang menolak memasang sertifikat adalah perbuatan ilegal.
Namun hari Selasa, Komisi Keamanan Negara Kazakhstan menyatakan bahwa pemasangan sertifikat bersangkutan adalah ujicoba yang sekarang selesai dilakukan. Masyarakat bisa menghapus sertifikatnya dan berselancar sebagaimana biasa.
Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev berkicau bahwa dirinya secara pribadi memerintahkan ujicoba yang menunjukkan bahwa aturan protektif tidak akan mengganggu kenyamanan berinternet warga Kazakhstan.
“Tidak ada yang perlu dicemaskan,” cuitnya yang dikutip Reuters.

Richard Samuel