Kedengarannya Aneh dan Gila, tapi Inilah 7 Pekerjaan Baru yang Bakal Ada di Masa Depan!

pekerjaan di masa depan

Segala sesuatu yang berhubungan dengan masa depan memang terdengar “gila”, tapi karena kita yang “terkesan” aneh lagi. Malah akan lebih aneh dan tampak mustahil ketika kita membicarakan tentang bagaimana cara kembali ke masa lalu.

Nah, Berbicara tentang “kehidupan manusia di masa depan”, salah satu bahasan yang menarik adalah profesi-profesi yang bakal ada di masa depan. Yup, akhir-akhir ini beberapa media membahas beberapa profesi yang akan diambil oleh kecerdasan buatan dan otomatisasi. Ini berarti, akan lebih banyak robot dan mesin yang dipekerjakan daripada manusia.

Lantas, bagaimana dengan nasib manusia di masa depan jika banyak profesi yang enggak bisa mereka “tempati” lagi? Faktanya, perkembangan teknologi yang semakin canggih akan memberikan transisi baru dalam dunia kerja masa depan. Dalam beberapa tahun mendatang, sejumlah pekerjaan baru—“profesi masa depan”—diperkirakan akan bermunculan dan menjadi karir yang menjanjikan.

Whoa, penasaran enggak dengan profesi masa depan tersebut? Yuk, kita simak daftarnya di bawah ini!

1. Tukang “3D printer”

pekerjaan di masa depan
via: brightside.me

Eits, ini bukan tukang yang bakal datang ke rumah dan benerin printer kamu ya. Di masa depan nanti, bakal ada printer 3D yang akan memudahkan kehidupan manusia.

Jadi printer 3D akan “mencetak” barang-barang yang dibutuhkan manusia di kehidupan sehari-hari, misalnya perabotan rumah tangga. Nah, si tukang “3D printer” ini bertugas membuat rancangan barang-barang tersebut dan kemudian membantu kita “mencetaknya” dengan “3D printer” yang mereka miliki.

2. Arsitek atau desainer sampah

pekerjaan di masa depan
via: brightside.me

Dengan banyaknya sampah yang akan dihasilkan dan semakin terakumulasi di masa depan, membuat penduduk bumi memikirkan bagaimana cara “mengatasi” sampah-sampah tersebut. Di masa depan, akan bermunculan orang yang menemukan cara-cara kreatif mengubah limbah menjadi sesuatu yang berdaya guna dan bahkan bernilai tinggi.

Orang-orang ini akan mengubah apa yang tadinya dibuang manusia menjadi sesuatu yang ramah lingkungan, yang bisa “ditinggali” atau “digunakan” kembali oleh manusia. Mereka inilah yang nantinya dijuluki arsitek atau desainer sampah.

3. Pemandu wisata luar angkasa

pekerjaan di masa depan
via: brightside.me

Bukan hal yang mustahil jika beberapa tahun ke depan luar angkasa akan menjadi destinasi wisata favorit para penduduk Bumi. Itulah sebabnya dibutuhkan orang berpengalaman yang akan menemani dan membimbing penduduk Bumi saat “menjelajah” luar angkasa.

Nah, mereka adalah pemandu wisata khusus luar angkasa yang bertugas menunjukkan mana tempat-tempat menarik di luar angkasa pada penduduk Bumi. Aneh sih kedengarannya, tapi who knows kalau dalam beberapa tahun ke depan profesi ini beneran ada!


BACA JUGA:


4. Digital death manager

pekerjaan di masa depan
via: brightside.me

Adalah profesi yang akan mengurusi semua akun digital yang dimiliki seseorang yang telah meninggal. Ketika dunia sudah serba digital, semua data atau kegiatan manusia akan memiliki data digitalnya masing-masing.

Nah, ketika meninggal, tentu mereka butuh seorang ahli untuk mengurusinya dong. Misalnya, apakah akun media sosial mereka dinonaktifkan atau tidak, password akun penting mereka apakah dihapus atau diberikan pada keluarga, dan semacamnya. Ya, profesi ini tugasnya seperti pengacara surat wasiat lah, tapi untuk data digital.

5. Penambang asteroid

pekerjaan di masa depan
via: brightside.me

Terdengar gila bukan? Mungkin iya untuk saat ini, tapi di masa depan belum tentu. Dulu, orang-orang juga mengira smartphone adalah penemuan yang gila, tapi kenyataannya manusia sekarang bisa menikmatinya bukan? Sama halnya dengan profesi penambang asteroid.

Ketika eksplorasi luar angkasa berhasil, penduduk bumi akan memanfaatkan luar angkasa sebagai sumber penghidupan. Benda-benda luar angkasa pun mulai dijamah penduduk bumi, termasuk asteroid yang ternyata mengandung endapan platinum, rhodium, dan paladium yang berharga. So, bukan hal yang enggak mungkin jika di masa depan nanti anak cucumu akan bekerja di pertambangan asteroid!

6. Curiosity tutor

pekerjaan di masa depan
via: brightside.me

Mereka adalah penasihat pribadi dalam memberikan inspirasi dan membangkitkan rasa ingin tahu. Jadi begini nih maksudnya, saat kamu bingung banget pengin ngapain atau enggak tahu pengin ngapain, mereka adalah personal advisor yang akan membantumu menemukan inspirasi dan memunculkan rasa ingin tahu.

Mereka juga mengajarkan bagaimana cara  mengeksplorasi suatu gagasan atau ide baru Mereka juga akan mengajarkan cara mengeksplorasi gagasan dan topik baru dengan cara yang mudah dimengerti oleh seseorang.

7. Urban farmer

pekerjaan di masa depan
via: brightside.me

Lahan pertanian semakin lama akan menghilang dengan bertambahnya populasi. Hal inilah yang membuat orang berbondong-bondong mencari lahan baru untuk pertanian. Akhirnya akan bermunculan petani perkotaan yang  menemukan jenis-jenis pertanian baru seperti pertanian di rooftop, vertical planting, intinya pertanian yang bisa memanfaatkan ruang apa pun dan bisa menyesuaikan kehidupan di masa depan.

Oh ya, selain menemukan metode pertanian baru, petani perkotaan ini juga bertugas mengurangi dan memperbaiki kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh polusi kendaraan bermotor, limbah pabrik, dan sebagainya.

Kedengarannya masih aneh sih, tapi bukan berarti 7 profesi di atas mustahil ditemukan 20—30 tahun mendatang, lho!

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *