Fed Chairman: ‘No One Uses It’ — Bitcoin a Speculative Asset Like Gold

Ceriwis – Ketua Federal Reserve Amerika Serikat mengatakan bahwa sistem cryptocurrency yang diadopsi secara global dapat menghapus kebutuhan akan mata uang cadangan.

Bersaksi di hadapan Komite Perbankan Senat pada 11 Juli, Ketua Fed Jerome Powell memberikan analisisnya apakah sistem cryptocurrency dengan prevalensi global dapat berkurang – atau bahkan melangkah lebih jauh untuk menghilangkan kebutuhan akan – yang disebut mata uang jangkar.

Dengan dolar AS secara de facto mata uang cadangan yang dominan di dunia, Powell mengakui kemungkinan mata uang kripto yang unggul menggambar ulang lanskap keuangan saat ini – namun mencatat bahwa sampai saat ini, ini telah berhenti menjadi kenyataan. Ketua The Fed mengatakan:

“Saya pikir hal-hal seperti itu [usang dari mata uang cadangan hari ini] adalah mungkin tetapi kami benar-benar […] belum melihat adopsi yang meluas. Bitcoin adalah contoh yang baik, hampir tidak ada yang menggunakannya untuk pembayaran […] ini adalah toko nilai spekulatif seperti emas. “

Perbandingan Powell patut diperhatikan mengingat Federal Reserve Bank di New York berperan sebagai penjaga untuk emas yang dipegang oleh entitas seperti AS dan pemerintah asing, bank sentral lain, dan organisasi internasional resmi.

Powell mengakui bahwa prospek cryptocurrency datang untuk menggantikan mata uang cadangan telah tersirat sejak awal mereka dan bahwa realisasinya dapat melihat sistem keuangan global – dan khususnya Sistem Federal Reserve – berubah secara mendalam. Dia mencatat:

“Orang-orang telah membicarakan hal ini sejak cryptocurrency muncul, tetapi kami belum melihatnya. Itu bukan untuk mengatakan kami tidak akan – dan jika kami melakukannya, maka ya, Anda bisa melihat kembali ke era di Amerika Serikat di mana kami memiliki banyak mata uang yang berbeda, di era perbankan nasional yang disebut. “

Seperti diberitakan, Powell telah bersaksi di hadapan Komite Jasa Keuangan House awal pekan ini dan mengakui bahwa dampak stablecoin Facebook yang akan datang Libra bisa menjadi “skala yang berpotensi sistemik” untuk lanskap keuangan dan peraturan global.

Di Cina, veteran perbankan sentral telah mencirikan antisipasi luas terhadap Libra sebagai “tidak dapat dipisahkan dari tren dolarisasi global,” dan menekankan bahwa Beijing harus merespons dengan tindakan pencegahan dan penelitian kebijakan yang ketat untuk mempertahankan status moneter yang kuat.