Ceriwis

Lakukanlah Meditasi untuk Tenangkan Diri Di Bulan Ramadhan

Ilustrasi meditasi

Ceriwis – Banyak hal yang dapat membuat orang menjadi stres, mulai dari berbagai persoalan pekerjaan hingga masalah pribadi. Bertepatan dengan bulan Ramadhan ini, ada baiknya untuk belajar menenangkan diri agar tidak stres dengan cara menahan nafsu, mengendalikan emosi dan banyak bersyukur.

Supaya semakin tenang, ada cara yang bisa Anda lakukan, yakni melakukan meditasi. Ahli Yoga & Meditation Sanastudio Aprishi Allita menjelaskan, melakukan meditasi ketika berpuasa membuat pikiran lebih mudah fokus. Meditasi dengan kondisi perut kosong akan semakin lebih baik.

Tidak hanya itu saja, meditasi di bulan puasa bisa mendapatkan lebih banyak energi positif karena di sekeliling kita banyak yang fokus beribadah dan berbuat baik.

Illlustrasi Berpikir.

Selain membuat pikiran menjadi lebih fokus, meditasi juga membantu mengendalikan diri saat dilanda stres. Menurut Aprishi, stres dan perasaan tidak tenang disebabkan karena terlalu memikirkan masa depan dan masa lalu. Sebaiknya, kita bersyukur dengan keadaan sekarang dan menikmati hidup di masa ini dengan menjauhkan pikiran negatif.

“Destinasi meditasi supaya bisa hidup di present time, penting sekali untuk menyadari bahwa setiap orang pasti punya masalah. Jadi kita tidak tertekan dengan melihat hidup orang lain yang tampaknya tidak punya masalah atau seakan lebih beruntung dari kita,” jelasnya pada acara Well-thy & Wealthy bersama bank OCBC NISP dan SANA, di Sana Studio Cipete, Jakarta Selatan, Kamis (16/5).

Meditasi membantu kita bisa lebih fokus dengan diri sendiri serta menguasai pikiran dan tubuh yang kacau. Meditasi membuat kita mampu mengendalikan energi negatif dan menyembuhkan diri sendiri atau self-healing.

Illustrasi Meditasi.

Nyatanya, meditasi bukan suatu cara yang sulit. Justru Anda bisa melakukannya sendiri dan kapanpun. Anda hanya perlu mengontrol hembusan dan hirupan napas Anda.

“Pejamkan mata, perhatikan napasnya, hembuskan dan hirupkan. Napas se-normal mungkin tidak dibuat-buat, yang tipis dan tenang. Sudah itu saja, paling simpel dan gampang. Tidak perlu memikirkan hal apa-apa,” tuturnya.

Meski meditasi mudah dilakukan dan bisa kapan saja, meditasi mempunyai waktu terbaik untuk dilakukan pada bulan puasa.

“Baiknya sebelum sahur, kalau habis makan kan tidak enak. Meditasi terlebih dahulu, sahur, baru subuh. Lalu detik-detik sebelum buka meditasi dulu atau sebelum tidur habis tarawih,” pungkasnya.

Tertarik lakukan meditasi?

Clara Marissa