Ceriwis
memilih cloud VPS

Lebih bagus mana Linode atau DigitalOcean? ini pilihanku!

Hi! Anda yang sedang baca ini pasti lagi bingung ya pilih cloud VPS di Linode atau DigitalOcean?

Nah, kebetulan saya sudah pernah mencoba menggunakan Cloud VPS di kedua perusahaan cloud hosting tersebut. Saya pertama kali menjadi customer Linode sekitar bulan Maret 2016 hingga terakhir berhenti menggunakan layanannya pada Januari 2018 lalu dan beralih ke DigitalOcean,

Linode dan DigitalOcean sama-sama perusahaan dengan headquarters di USA dan keduanyapun mempunyai beberapa pilihan datacenter dalam layanannya.

Selama menggunakan layanan Linode selama hampir 2 tahun, saya cukup puas dan hanya +/- 2 kali mengalami downtime yang disebabkan karena adanya server maintenance dan outage yang berlangsung beberapa jam saja.

Anda pasti penasaran dong apa alasan saya beralih ke DigitalOcean padahal sebelumnya saya bilang saya cukup puas dengan layanannya..?

Jawabannya adalah: ada penurunan HARGA yang lebih murah pada DO atau Digitalocean. Pada waktu itu saya menggunakan Linode dengan standard plan seharga $40 dengan spesifikasi 4GB RAM dan 80GB Storage, lalu saya melihat ada penurunan harga pada DO yang cukup dramatis yakni dengan harga $20 mendapatkan spek 4GB RAM dan 80GB Storage, yang berarti saya bisa dapat spek yang sama dengan linode namun dengan harga hanya setengahnya saja!

Tanpa pikir panjang lalu saya membuka akun di DigitalOcean dan melakukan pembelian droplet(nama plan di DO) dengan menginstall cPanel seperti yang ada di VPS Linode agar proses migrasi menjadi mudah dengan bantuan ‘Transfer tool’ milik cPanel.

Singkat cerita proses migrasi selesai dan saya sudah memindahkan seluruh isi server di Linode ke DO dan juga sudah pointing nameserver dari Linode ke DO. 2 Minggu sudah saya menjadi pelanggan DO dan cukup puas dengan layanannya hingga saya menemukan Linode juga melakukan penurunan harga seperti yang DO lakukan pada saat itu dan membuat harga dan spek yang sama dengan DO.

Mari kita mulai membandingkan kedua layanan cloud tersebut dari berbagai aspek:

 

HARGA

Linode

Linode Pricing

DigitalOcean

DigitalOcean Pricing

Bisa anda lihat sendiri bahwa keduanya mempunyai harga dan spek yang nyaris SAMA ! hanya saja pada DO tidak dijelaskan kecepatan network out seperti yang tertera pada tabel pricing milik Linode. Namun dengan kedua harga yang bisa dikatakan sama tersebut, saya menemukan ada lebih banyak pilihan pada DO seperti ada harga droplet yang sama namun dengan spek yang berbeda, semisal ada 2 pilihan seharga $15 dengan salah satu RAM atau CPU yang lebih tinggi dan lebih rendah.

PEMENANG:

DigitalOcean

 

PERFORMANCE

data dibawah ini berdasarkan percobaan benchmark yang saya lakukan dengan plan yang sama yakni plan $20:

Linode

  • CPU (time taken) (seconds) : 15.4832
  • Memory (Read) (MB/sec) : 1183.39
  • Memory (Write) (MB/sec) :1170.63
  • File I/O (MB/sec) : 98.112
  • MySQL (Read/write) (req/sec) :4002.84

 

DigitalOcean

  • CPU (time taken) (seconds) : 12.4823
  • Memory (Read) (MB/sec) : 2183.27
  • Memory (Write) (MB/sec) :2170.54
  • File I/O (MB/sec) : 132.003
  • MySQL (Read/write) (req/sec) : 7867.23

PEMENANG:

DigitalOcean

 

KESIMPULAN

Dengan menggunakan 2 faktor penting diatas yaitu Harga dan Performance yang saya lakukan dengan menggunakan benchmark tool dan juga stress test, jelas bisa dilihat disini bahwa DO lebih unggul dan lebih layak untuk dijadikan pilihan menurut pribadi saya. Namun anda bisa lakukan research sendiri dengan melakukan pencarian review di Google.

 

VOUCHER GRATIS $10 di DigitalOcean

Nah, beruntung banget nih anda mampir ke artikel saya ini. Disini saya mau memberikan voucher gratis senilai $10 di DigitalOcean ! gratis? iya gratis $10 pemakaian di DigitalOcean,

Klik Disini untuk langsung punya VPS gratis dengan 2GB RAM dan 50GB storage !

kapan lagi bisa merasakan layanan Cloud VPS di perusahaan hosting kelas dunia.

Editor Baik