Ceriwis

Lisensi Untuk Menerbangkan Pesawat Telah Dimiliki oleh Robot Pilot Canggih

ROBOpilot telah mendapatkan lisensi terbang yang dikeluarkan oleh Federal Aviation Administration (FAA).
Ceriwis – Perkembangan teknologi memungkinkan manusia untuk menciptakan robot. Kini, teknologi robot telah banyak digunakan untuk membantu pekerjaan manusia, salah satunya adalah menerbangkan pesawat.
Ya, sekarang robot dapat menjadi pilot Anda. Seperti dilansir New Scientist, robot bernama ROBOpilot telah mendapatkan lisensi terbang yang dikeluarkan oleh Federal Aviation Administration (FAA).
Lisensi tersebut didapatkan oleh ROBOpilot pada 9 Agustus 2019 di Utah, Amerika Serikat. Robot itu bisa membantu pesawat lepas landas, mengikuti rencana penerbangan, serta mendarat tanpa campur tangan manusia.
ROBOpilot itu sendiri adalah sistem drop-in di mana peran pilot diganti dengan robot. Berbeda dengan sistem auto-pilot, ROBOpilot benar-benar mengambil kontrol layaknya manusia di mana dia dapat menekan pedal kaki dan memegang setir dengan lengan robotiknya.
Pesawat yang dipasang ROBOpilot dapat terbang dengan dikendalikan jarak jauh.
“Itu terlihat seperti pencapaian yang mengesankan dalam hal robotika,” ucap Louise Dennis, seorang dosen dan ilmuwan kecerdasan buatan dan sistem otonom dari University of Liverpool, dikutip dari New Scientist.
“Tidak seperti autopilot yang memiliki akses langsung ke kontrol dan sensor, robot ada di tempat pilot manusia dan harus secara fisik bekerja kontrol dan membaca cepat.”
ROBOpilot sendiri dianggap merupakan terobosan mutakhir dalam teknologi penerbangan otonom. Hal ini karena penggunaan ROBOpilot dapat ditukar dengan peran manusia, berbeda dengan, misalnya, konversi pesawat F-16 menjadi drone yang membutuhkan jutaan dolar AS.
Sebenarnya, penggunaan robot untuk mengendarai pesawat telah dikembangkan oleh Korea Selatan dengan Pibot dan Departemen Pertahanan AS dengan ALIAS. Namun, keduanya tidak pernah menerbangkan pesawat ukuran penuh seperti ROBOpilot.
Meski demikian, eksistensi ROBOpilot memiliki satu tantangan besar di masa depan. Tantangan tersebut adalah kepercayaan manusia untuk memberikan kontrol penuh kepada robot untuk menerbangkan pesawat.

Clara Marissa