Ceriwis

Melalui Sebuah Jembatan, Timor Leste Mengenang Jasa dari Sosok BJ Habibie

Foto aerial Jembatan BJ Habibie di kawasan Bidau Santana, Dili, Timor Leste, Kamis (29/8).
Ceriwis – Presiden ke-3 BJ Habibie meninggal pada Rabu (11/9) dalam usia 83 tahun. Habibie menghembuskan napas di RSPAD Gatot Soebroto setelah menjalani perawatan selama lebih dari seminggu karena gangguan organ tubuh.
Jasa dari pria yang akrab dengan sapaan Bapak Teknologi ini tak hanya dikenang oleh masyarakat Indonesia, tetapi juga dikenang dan tak pernah dilupakan oleh masyarakat di Timor Leste.
Hal ini dibuktikan lewat sebuah jembatan yang didirikan dan diberi nama BJ Habibie, serta diresmikan di kawasan Bidau Santana, Dili, Timor Leste, pada Kamis (29/8).
Foto aerial Jembatan BJ Habibie di kawasan Bidau Santana, Dili, Timor Leste, Kamis (29/8).
Sudah pasti, jembatan ini menambah satu deretan landmark yang ada di Timor Leste serta mampu menjadi daya tarik wisata dalam mendatangkan turis, setidaknya untuk melakukan selfie atau swafoto.
Jembatan yang pada peresmiannya dilakukan oleh mantan Presiden Timor Leste, Jose Ramos Horta, serta turut dihadiri oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono ini pun memiliki sejumlah hal atau fakta yang patut kamu ketahui.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri atas) bersama mantan Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta (kiri bawah), naik mobil saat meninjau Jembatan dan Taman BJ Habibie usai diresmikan di kawasan Bidau Santana, Dili, Timor Leste, Kamis (29/8)
Hal apa sajakah itu? Berikut ulasannya yang berhasil dirangkum Ceriwis dari berbagai sumber.
1. Jembatan BJ Habibie memiliki panjang 78 meter dan lebar 11,5 meter. Jembatan itu menghubungkan Jalan Avenida dos Direitos Humanos dan salah satu obyek wisata Cristo Rei, patung Yesus Kristus setinggi 27 meter.
2. Penggunaan nama BJ Habibie untuk nama jembatan dan taman tersebut merupakan bentuk penghargaan, sekaligus penghormatan rakyat dan Pemerintah Timor Leste atas jasa besar dan kontribusinya setelah melaksanakan referendum pada 1999 di Timor Leste.
Mantan Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta (kiri) menandatangani prasasti disaksikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (tengah) saat peresmian Jembatan dan Taman BJ Habibie di kawasan Bidau Santana, Dili, Timor Leste, Kamis (29/8).
3. Bagi para wisatawan terutama yang datang dengan mobil sewa, berpotret dan merasakan mengaspal di kawasan ini bisa menjadi salah satu daftar acara bila berkunjung ke Timor Leste.
4. Jembatan ini dibangun dengan anggaran hingga 3,9 juta dolar AS atau sekitar Rp 55 miliar dan dibangun oleh badan usaha milik negara Timor Leste, Carya Timor Leste, Lda.
5. Peresmian jembatan BJ Habibie menjadi bab baru dalam sejarah hubungan Timor Leste dan Indonesia yang semakin baik, yang tidak hanya diingat oleh generasi saat ini, tetapi juga generasi yang akan datang. Diharapkan generasi mendatang mengetahui bahwa Presiden BJ Habibie memiliki ikatan sejarah yang kuat pada proses kemerdekaan Timor Leste.

Andika Gumilang