Billionaire Mark Cuban: ‘I See Gold and Bitcoin as Being the Same Thing’

Ceriwis – Mark Cuban, pemilik tim bola basket profesional Dallas Mavericks, mengatakan bahwa ia membenci emas sebagai investasi, dan memandang Bitcoin (BTC) secara fundamental mirip dengan emas.

Kuba menyampaikan sambutannya dalam sebuah wawancara dengan Kitco News pada 9 Agustus. Dia mencatat bahwa dia memandang pasokan terbatas Bitcoin sebagai bonus untuk nilai investasinya, dengan mengatakan:

“Mereka berdua koleksi. Nilai didasarkan pada penawaran dan permintaan. Dan kabar baiknya tentang Bitcoin adalah ada persediaan terbatas yang akan pernah dibuat. “

Namun, Kuba mengatakan bahwa dia melihat emas dan Bitcoin sebagai “hal yang sama,” dan memiliki pandangan yang sangat rendah tentang emas. Mengenai sikapnya pada logam mulia, Kuba menekankan bahwa untuk menyampaikan perasaannya tentang emas sebagai investasi, dia harus mengatakan:

“Benci dengan prasangka ekstrem tidak cukup. Benci dengan prasangka ekstrem ganda dengan satu ons saus pedas. “

Emas dan emas digital

Seperti yang dilaporkan sebelumnya oleh Ceriwis, asal mula istilah “emas digital” untuk merujuk pada Bitcoin tidak diketahui, tetapi satu teori mengatakan bahwa itu menjadi populer setelah jurnalis The New York Times Nathaniel Popper menerbitkan bukunya “Digital Gold” pada tahun 2015.

Sekarang di tahun 2019, sejumlah pakar telah memberikan tanggapan, apakah mereka menganggap Bitcoin sebagai emas digital. Sonya Mann, kepala komunikasi di Zcash Foundation, membahas jawabannya dalam hal jumlah dan faktor pasokan dan permintaan yang terbatas. Mann, pada bagiannya, tampak jauh lebih optimis daripada Kuba. Dia berkomentar:

“Bitcoin pada dasarnya bersifat deflasi, karena persediaan 21 juta yang ditutup dan struktur insentif yang cerdik yang secara andal menjaga keamanannya. Pesanan yang muncul yang mengatur Bitcoin, baik sebagai produk perangkat lunak dan sebuah fenomena, tidak dapat disangkal bergantung pada jalan, sebagian besar disebabkan oleh keputusan desain Satoshi Nakamoto. Tidak ada jaminan bahwa BTC akan meningkat nilainya, tetapi tren masa lalu dan dinamika penawaran-permintaan menunjukkan bahwa itu adalah prediksi jangka panjang yang masuk akal. “