Ceriwis

NASA Temukan Logo Star Trek di Mars

Logo NASA. Foto: NASA

Pada 12 Juni 2019, NASA mengunggah hasil jepretan kamera HiRISE (High Resolution Imaging Science Experiment) di akun resmi HiRISE. Mereka mendapati sebuah formasi mirip logo Starfleet dalam film serial Star Trek di kawasan Hellas Planitia, di belahan selatan Mars.

Gambar ini diambil dari pesawat tanpa awak yang mengorbit di planet merah Mars Reconnaissance Orbiter (MRO)

Dilansir Science Alert, Jumat (14/6), bentuk logo Starfleet yang lebih dikenal dengan nama Chevron sebenarnya cukup banyak ditemukan di Mars. Para ahli menemukan bahwa ada sekitar 300 bentuk formasi semisal yang berada di salah satu cekungan terbesar di Tata Surya ini.

Bentuk Chevron ini terbentuk karena hasil kompleks dari kisah bukit pasir, lava, dan angin. Saat aliran lava yang mengalir ke permukaan Mars menghantam gundukan dan mendingin, aliran lava akan menciptakan bentuk aneh seperti Chevron milik Starfleet.

Mengenai formasi yang menyerupai logo Starfleet ini, Ross Beyer dari Universitas Arizona mengemukakan bahwa bentuk tersebut memang seperti sebuah logo terkenal, namun itu hanya sebuah kebetulan.

Hellas Planitia yang juga dikenal dengan julukan Cekungan Tubrukan Hellas sendiri merupakan cekungan akibat tubrukan yang terletak di belahan planet Mars.

Richard Samuel