Ceriwis

Orang yang Menghargai Diri Sendiri Tidak Akan Pernah Menoleransi 8 Hal Ini

Tidak ada yang bisa memberi kamu harga diri, dan kamu tidak bisa membelinya. Belajar menghargai diri sendiri dan memenuhi kebutuhan kamu merupakan langkah penting dalam pengembangan diri kamu sendiri. Itu bukan tugas yang mudah; kita yang memiliki harga diri rendah mungkin tidak tahu seperti apa harga diri itu, atau bagaimana menuntut perlakuan yang lebih baik dari orang-orang di sekitar kita.

Melihat teladan adalah cara yang baik untuk memulai. Pikirkan orang yang paling percaya diri dan tegas yang kamu kenal. Mereka mungkin memiliki harapan yang tinggi terhadap diri mereka sendiri dan orang lain, dan tidak takut meminta pertanggungjawaban orang lain atas perilaku buruk.

Berikut adalah 8 hal yang tidak akan ditoleransi oleh individu yang menghargai diri sendiri:

  1. TINGGAL DI TEMPAT YANG SAMA TERLALU LAMA

Orang yang menghargai diri sendiri tidak tetap berada dalam hubungan, pekerjaan, atau kota yang sama jika mereka merasa sudah waktunya untuk perubahan. Mereka tidak selalu merasa mudah untuk mendorong diri mereka sendiri ke wilayah yang belum dipetakan, tetapi mereka senang mengambil risiko karena mereka tahu itu adalah jalan yang pasti untuk pertumbuhan pribadi. Tetap stagnan adalah faktor risiko kecemasan dan depresi, sedangkan perubahan seharusnya dapat menguatkan.

 

  1. MEMBIARKAN PEKERJAAN MENGECEWAKAN KAMU

Sebagian besar dari kita harus bekerja, dan tidak selalu memungkinkan untuk mendapatkan pekerjaan impian sesuai yang diinginkan hatimu. Namun demikian, orang yang menghargai diri sendiri tidak mengangkat bahu mereka dan menerima bahwa mereka ditakdirkan untuk bekerja dalam pekerjaan yang mengikis kesehatan mental atau fisik mereka. Jika kamu sangat membenci pekerjaanmu, saatnya untuk merumuskan rencana tindakan dan mencari sesuatu yang lebih baik. Ini mungkin berarti menerima posisi awal anak baru di bidang baru, atau pelatihan ulang untuk pekerjaan baru. Dan biarkan dirimu berkembang dengan lingkungan barumu.

  1. HAL-HAL YANG NEGATIF

Hidup tidak semuanya sinar matahari dan mawar, tetapi merengek tentang keadaan dunia jarang membantu. Orang yang menghargai diri sendiri tidak punya waktu untuk mendengarkan keluhan seseorang, dan mereka juga tidak terlibat dalam kritik diri yang beracun. Sebaliknya, mereka memfokuskan upaya mereka menggunakan berbicara positif kepada diri sendiri, dan mereka bangga dapat menemukan sisi positif dari setiap situasi. Maka cobalah untuk selalu menebas kenegatifan yang ada di dalam hidupmu dan mulai menumbuhkan hal hal positif sebagai gantinya.

 

  1. MENYENANGKAN ORANG LAIN

Orang yang menghargai diri sendiri tahu nilai dari membantu orang lain, tetapi mereka bukan orang yang hanya ingin menyenangkan orang lain. Mereka memahami bahwa itu ide yang baik untuk mencari nasihat dari waktu ke waktu, tetapi pada akhirnya, mereka mendengarkan isi hati mereka dan memutuskan sendiri apa yang ingin mereka lakukan selanjutnya. Mereka tahu bahwa setiap orang harus menjalani jalannya sendiri dalam kehidupan. Menjadi menyenangkan bagi orang lain juga menyenangkan untuk diri sendiri.

  1. PERCAYA DIRI

Orang yang menghargai diri sendiri percaya pada diri mereka sendiri, dan mereka tahu bahwa ingatan dan pendapat mereka sama benarnya dengan orang lain. Ketika seseorang mencoba meyakinkan mereka sebaliknya, mereka memanggil mereka pada perilaku orang tersebut.

  1. KEMALASAN DAN MENUNDA-NUNDA

Tidak ada orang yang menghargai diri sendiri membiarkan diri mereka menunda tugas-tugas penting, menghindari tanggung jawab, atau mendelegasikan pekerjaan mereka hanya karena mereka tidak dapat diganggu. Demikian juga, mereka memiliki standar yang sama untuk orang lain dalam hidup mereka. Mereka selalu melakukan bagian mereka, tetapi tidak membiarkan orang lain mengambil keuntungan dari etos kerja mereka. itulah makna dari integrasi diri.

  1. HUBUNGAN YANG TIDAK SEHAT ATAU MENGENDALIKAN

Jika seseorang ingin berkencan dengan kamu atau membangun persahabatan, mereka harus mendapatkan kepercayaanmu. Perilaku dan keresahan yang tidak konsisten adalah fondasi yang buruk untuk suatu hubungan, dan menunjukkan kurangnya rasa hormat. Orang yang menghargai diri sendiri tidak punya waktu untuk mereka yang membuang-buang waktu. Mereka juga menolak untuk mentoleransi segala bentuk pelecehan atau perlakuan buruk.

 

  1. GAYA HIDUP TIDAK SEHAT

Kesehatan diri adalah aset terpentingmu. Kamu tidak dapat hidup dengan potensi penuh atau menikmati hidup sepenuhnya jika kamu tidak berolahraga secara teratur, makan makanan yang sehat, dan belajar bagaimana mengatasi stres. Orang yang menghargai diri sendiri menjadikan kesejahteraan mereka sebagai prioritas utama.

 

Bagaimana menumbuhkan harga diri kamu

Harga diri bukanlah sihir. Siapa pun dapat mengolahnya, dan itu membangun dari waktu ke waktu. Mulailah dengan mengatasi rutinitas harianmu. Bisakah kamu menyesuaikan pola makan dan olahraga kamu? Ini adalah tentang dirimu sendiri untuk minum lebih banyak air, makan lebih banyak buah dan sayuran, dan berolahraga beberapa kali setiap minggu. Selanjutnya, periksa bagaimana kamu berpikir, dan berbicara dengan, dirimu sendiri.

Apakah Kamu cenderung berasumsi bahwa kamu adalah individu yang kompeten dan layak, atau apakah kamu menghabiskan banyak waktu terlibat dalam berbicara hal-hal negatif kepada dirimu sendiri?

 

Mungkin sudah waktunya untuk membuat jurnal atau memulai terapi jika kamu perlu mengidentifikasi dan mengganti pikiran kamu yang paling merusak dirimu. Bagian terakhir dari teka-teki adalah tujuan kamu yang lebih luas dan keadaan hubunganmu. Catat inventaris karier, lingkaran sosial, dan hubungan dekatmu. Apakah mereka memelihara pikiran dan jiwamu, atau mereka menyeret kamu ke bawah?

 

Mungkin sudah saatnya untuk membuat beberapa perubahan yang memungkinkan kamu menjalani kehidupan yang lebih sesuai dengan nilai-nilai dan tujuan jangka panjangmu.

Yane Pranata