Iranian Authorities Confiscate 1,000 Bitcoin Mining Machines

Ceriwis – Pihak berwenang di Iran telah menyita sekitar 1.000 unit mesin pertambangan bitcoin (BTC) dari dua pabrik yang sekarang sudah tidak beroperasi, BBC melaporkan pada 28 Juni

Seperti diberitakan, pemerintah setempat melihat peningkatan konsumsi listrik sebesar 7% pada awal Juni dan mengaitkannya dengan kegiatan penambangan cryptocurrency. Pejabat kemudian menemukan dan mengeluarkan perangkat keras penambangan dari dua pabrik sebelumnya.

Arash Navab, seorang pejabat listrik, dilaporkan mengatakan bahwa “dua peternakan bitcoin ini telah diidentifikasi, dengan konsumsi satu megawatt.”

Seorang peneliti Oxford mengatakan kepada BBC bahwa Iran semakin beralih ke cryptocurrency seperti bitcoin sebagai alat untuk menghindari sanksi.

Ceriwis baru-baru ini melaporkan bahwa penambang BTC Iran pindah ke masjid saat pemerintah meluncurkan penumpasan energi. Iran, yang menawarkan energi gratis ke masjid, sekarang memiliki sekitar 100 penambang yang menempati tempat ibadah, menghasilkan sekitar $ 260.000 per tahun.

Pemerintah Iran dengan demikian akan memutuskan aliran listrik untuk crypto mining sampai harga energi baru disetujui. Mostafa Rajabi Mashhadi, seorang pejabat di Kementerian Energi Iran, dilaporkan menyatakan bahwa penambang crypto “akan diidentifikasi dan listrik mereka akan dipotong,” menambahkan bahwa kementerian harus menegakkan tindakan seperti konsumsi listrik yang berlebihan saat ini “menyebabkan masalah bagi pengguna lain ”

Penggunaan listrik yang tidak sah untuk penambangan kripto telah menyebar luas. Baru-baru ini, polisi di Cina dilaporkan mengumpulkan bukti orang memasang kabel melalui kolam ikan untuk mencuri daya sumur minyak untuk bahan bakar perangkat tambang mereka.

Di kota Jerman, Klingenthal, polisi dilaporkan melacak sebuah sistem yang terdiri dari 49 komputer yang beroperasi di lokasi bekas perusahaan jasa listrik. Sejak 2017, pertanian pertambangan dilaporkan telah mengkonsumsi listrik sebanyak 30 rumah tangga, dengan kerusakan untuk pemasok listrik yang terkena dampak diperkirakan sekitar 220.000 euro ($ 250.053).