Ceriwis

Pejalan kaki dipukul saat menegur pemotor yang menggunakan trotoar

Ceriwis – Banyaknya pengendara motor dan mobil di Indonesia sudah seharusnya diterapkan aturan hukum yang tegas. Namun dalam kesehariannya, masih saja banyak pengendara yang melanggar tata tertib lalu lintas.

Contoh yang paling sering adalah ketika pengendara yang dengan sengaja lewat trotoar. Padahal telah diatur dalam UU LLAJ pasal 45 ayat (1). Dalam pasal tersebut berbunyi, fungsi dari trotoar ini adalah tempat untuk pejalan kaki, lajur sepeda, tempat penyebrangan, halte dan fasilitas khusus untuk penyandang disabilitas.

Tapi kala jalan utama macet, trotoar seakan menjadi jalan pintas bagi mereka untuk menghindari kemacetan. Namun uniknya ketika pengendara yang melanggar ini ditegur oleh pejalan kaki, mereka malah marah-marah. Duh, padahal sudah jelas-jelas salah.

Contohnya seperti dalam video yang sedang viral ini. Seorang pejalan kaki menegur wanita yang mengendarai motornya di trotoar. Bukannya sadar dan mengalah, pengendara ini malah balik marah-marah. Bahkan wanita yang merupakan driver ojek online ini memukul si pejalan kaki ini.

“Pejalan kaki Di Pukuli Pengendara Ojek Online di Trotoar
#SelamatkanPejalanKaki,” tulis akun Facebook Koalisi Pejalan Kaki seperti Ceriwis kutip pada Selasa (7/8).

Awalnya pria ini memang menegur beberapa pengendara. Namun ketika menegur driver ojol, ia malah dimarahi karena dianggap tidak sopan. Akhirnya mereka terlibat cekcok. Driver ojol yang sudah lewat ini kemudian balik lagi menghampiri si pejalan kaki. Lalu wanita tersebut dengan jelas memukul pria ini.

Video berdurasi dua menit 28 detik ini viral setelah diunggah oleh akun Facebook Koalisi Pejalan Kaki. Postingan tersebut telah disaksikan lebih dari 59 ribu kali dan telah dibagikan 12 ribu kali.

foto: Facebook/Koalisipejalankaki

Reaksi warganet terkait video ini tentu saja banyak yang geram. Sudah jelas-jelas salah mengambil hak pejalan kaki, eh malah dia yang marah-marah.

“Gilaaa!! Jelas tu ibu pengendara motor yg salah! Kok galakan dia? Emg harus petugas yg kasih tau bhw dia salah sudah menggunakan trotoar buat jalan motor? Lha pejalan kaki lebih berhak donk negor, secara pejalan kaki yg pny hak atas trotoar itu!” tulis akun Lastri Lumbanraja.

“Saya sebagai ojek Online mendukung ketertiban.. 
Laporkan Saja.. Ini NEGARA HUKUM bukan Negara jagoan
#SaveTrotoar,” tulis Peraduan Bisuu.

“Di Jakarta saya pernah lakukan hal serupa di trotoar seberang St Gambir, sengaja saya senggol semua pemotornya, pada minggir. Di Bandung juga sering saya begitu, ada parkir mobil di trotoar, sopirnya saya marahi,” tulis akun Gun Agustian.

“Gua rasa tu ibu karna udah stress jalanan macet, bawaannya pen nampol orang, udah gitu pas banget ada bahan tampolan lagi si Mas-mas yang rekam ini, kena deh Si Mas nya… BTW Salut mas!” tulis Muhamad Ariefin.

Editor Baik