Ceriwis

Pemadaman Listrik Secara Massal Membuat Sinyal Telkomsel, XL, dan Indosat Mengalami Gangguan

Mati listrik sebabkan gangguan telekomunikasi.
Ceriwis – Layanan telekomunikasi seluler dari sejumlah operator mengalami gangguan pada Minggu siang (4/8) dikarenakan listrik yang padam. Berdasarkan pantauan Ceriwis, mati listrik ini terjadi di Jabodetabek hingga Bandung. Belum diketahui secara pasti penyebab lumpuhnya layanan listrik ini.
Sejumlah pelanggan dari Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo, Tri, hingga Smartfren, mengeluhkan tidak mendapatkan sinyal telekomunikasi. Ada dari mereka yang tidak bisa mengakses internet, atau bahkan melakukan panggilan telepon.
Tim Ceriwis telah mengkonfirmasi hal ini ke Telkomsel, selaku penyelenggara telekomunikasi terbesar di Indonesia. Tim komunikasi Telkomsel telah menemukan sejumlah masalah gangguan layanan, namun masih terus menginvestigasi penyebab tumbangnya jaringan.
“Telkomsel enggak bisa telepon keluar,” kata Anissa, seorang warga Pondok Cabe, Tangerang Selatan.
Tim komunikasi XL Axiata, Indosat Ooredoo, dan Tri, juga telah dihubungi oleh Ceriwis, namun belum memberikan respons.
Bukan cuma layanan telekomunikasi yang tumbang karena mati listrik ini. Listrik padam kali ini juga sempat mengganggu layanan transportasi MRT (Moda Raya Terpadu) dan kereta Commuter Line Jabodetabek. Sejumlah mal juga sempat mati listrik, termasuk Kota Kasablanka dan fX Sudirman.

Andika Gumilang