Ceriwis
Home » Umum » Pembahasan Investasi ke Deliveroo Akan Diberhentikan Atas Permintaan KPPU Inggris

Pembahasan Investasi ke Deliveroo Akan Diberhentikan Atas Permintaan KPPU Inggris

Amazon

Ceriwis – KPPU Inggris (CMA) memutuskan menghentikan sementara pembicaraan antara Amazon dengan perusahaan pengiriman makanan Deliveroo sambil mempertimbangkan dibukanya investigasi menyeluruh.

Amazon memimpin pendanaan 575 juta dolar AS ke Deliveroo pada bulan Mei, yang mereka berdua sebut ‘investasi minoritas’ dan menjadikannya penantang Uber Eats dalam pertarungan global memperebutkan sektor pengiriman makanan.

Hari Jumat waktu setempat, CMA mengatakan mengeluarkan initial enforcement order (IEO) kepada kedua perusahaan pada 24 Juni, mengirimkan sinyal adanya kekhawatiran terhadap transaksi bersangkutan.

CMA yang menyinggung kepemilikan minoritas Amazon mengaku memiliki cukup alasan untuk mencurigai bahwa Amazon dan Deliveroo “sudah tidak lagi berbeda” atau sedang membahas pengaturan yang akan “membuat mereka tak lagi beda.”

Perintah IEO mewajibkan Amazon dan Deliveroo untuk beroperasi masing-masing saat ini, yang berarti mereka tidak bisa maju dengan pembahasan kerjasamanya. Dalam masa ini, CMA mendapat waktu untuk memutuskan apakah perlu dibuka penyelidikan dugaan monopoli.

Richard Samuel

Tidak ada komentar