SegWit Creator Introduces New Language for Bitcoin Smart Contracts

Ceriwis – Pengembang Bitcoin Core, Pieter Wuille telah memperkenalkan bahasa pemrograman kontrak cerdas Bitcoin (BTC) baru yang disebut Miniscript.

Wuille, pencipta SegWit meningkatkan jaringan Bitcoin utama, mengumumkan situs web proyek Miniscript pada pesan milis untuk para pengembang Bitcoin pada 19 Agustus.

Seperti disebutkan dalam pernyataan itu, Miniscript dikembangkan dan diimplementasikan oleh Wuille, Andrew Poelstra dan Sanket Kanjalkar di perusahaan teknologi blockchain Kanada, Blockstream Research. Wuille mengklaim bahwa proyek itu memakan waktu pengembang sekitar satu tahun, dan sekarang telah mencapai tahap di mana ia perlu mendapatkan lebih banyak perhatian.

Skrip mini-Bitcoin

Miniscript adalah bahasa untuk menulis bagian dari skrip Bitcoin dengan cara terstruktur, yang memungkinkan analisis, komposisi, penandatanganan generik dan lainnya, seperti yang dijelaskan oleh Wuille secara singkat. Sementara itu, skrip Bitcoin adalah bahasa pemrograman dasar yang memungkinkan kontrak pintar pada jaringan Bitcoin dimungkinkan dengan memungkinkan pengguna untuk menetapkan kondisi tertentu agar transaksi tertentu dapat diselesaikan.

Menurut Wuille, adopsi Miniscript dapat mengurangi beberapa hambatan antara bagian-bagian perangkat lunak yang digunakan dalam kontrak pintar, dan juga menyediakan ekosistem multisig yang berfungsi dengan cara yang lebih efektif daripada bahasa skrip sederhana. Dia menjelaskan di Twitter:

“Bayangkan sebuah perusahaan ingin melindungi dana cold storage menggunakan kebijakan multisig 2-of-3 dengan 3 eksekutif. Namun salah satu eksekutif memiliki pengaturan berbasis 2FA / multisig / timelock yang bagus. Mengapa seluruh pengaturan tidak bisa menjadi salah satu dari “peserta” multisig? Banyak pekerjaan difokuskan pada ekstensi ke fungsionalitas blockchain itu sendiri untuk mendukung aplikasi yang lebih kompleks, tetapi saya merasa kita lupa bahwa menggunakan fitur-fitur ini dengan cara yang dapat diakses, komposer, dan dapat dianalisis pada dasarnya tidak mungkin saat ini. ”

Analisis naskah menjadi lebih mudah

Meskipun Miniscript pada dasarnya adalah reformulasi skrip Bitcoin dan tetap menggunakan bahasa skrip yang sama, Miniscript memungkinkan dompet dan perangkat lunak lain untuk membuat dan menganalisis skrip lebih efektif, Wuille menjelaskan tentang Reddit.

Dalam posting tersebut, Wuille memberikan contoh bagaimana notasi yang sama akan terlihat dalam skrip Bitcoin dasar dibandingkan dengan yang dalam bahasa Miniscript.

Script

Miniscript sekarang tersedia dalam implementasi untuk C ++ dan Rust, tulis Wuille, menambahkan bahwa pekerjaan pada proyek sedang berlangsung. Pengembang mengklarifikasi bahwa Miniscript dirancang untuk Bitcoin sebagaimana adanya hingga saat ini dan tidak memerlukan perubahan konsensus.