Ceriwis
salt

Peneliti menjelaskan 5 Hal Yang Terjadi Pada Tubuhmu Ketika Kamu Mengkonsumsi Banyak Garam

salt

Garam membuat makanan terasa lebih enak, tetapi makan terlalu banyak garam akan memberikan efek yang merusak kesehatan kamu. Perusahaan makan telah mengeluarkan  banyak uang untuk tetap membawa kita membeli kembali, dan sayangnya, mereka menemukan bahwa garam akan meningkatkan keuntungan mereka ketika mereka membuat kita kecanduan, sakit,dan tidak sehat.

The American Heart Association (AHA) merekomendasikan untuk makan garam hanya sekitar 1.500-2.400 mg per hari. Dengan kesimpulan tersebut, orang Amerika kebanyakan mengkonsumsi garam sekitar 3.400 mg per hari, yang kebanyakan datang dari makanan proses. Ini lebih jauh akan meningkatkan resiko masalah kesehatan, karena makanan yang diproses lebih sedikit mengandung nutrisi, lebih banyak kalori dan terlalu banyak kandungan garam.

Untuk mengilustrasikan bahaya dari diet sodium tinggi, sebuah studi dipublikasikan dalam The New England Journal of Medicine ditemukan bahwa ada estimasi sekitar 1.65 juta kematian seluruh dunia dikaitkan dengan konsumsi sodium tinggi setiap tahunnya. Di Amerika, 10 persen dari semua kematian yang berkaitan dengan jantung disebabkan terlalu banyak sodium. Sedangkan kebanyakan orang tidak mati dari kebanyakan makan garam, hal ini tetap dapat memicu masalah lain dalam kesehatan.

Di bawah ini kita bisa lihat apa yang akan terjadi jika kamu mengkonsumsi terlalu banyak garam dan bagaimana cara membatasi asupan garam kedalam tubuh kita.

INILAH YANG TERJADI JIKA KAMU MEMAKAN TERLALU BANYAK GARAM:

  1. KAMU AKAN MULAI MENGALAMI MASALAH GINJAL

Diet tinggi sodium akan meningkatkan resiko munculnya batu ginjal karena itu meningkatkan jumlah kalsium dalam air urine kamu, yang dimana telah ditemukan untuk menjadi factor kunci dari formasi batu tersebut. Ketika kamu mengkonsumsi banyak garam, tubuh akan mengikat lebih banyak air untuk meluruhkan sodium. Tubuhmu secara normal menghilangkan sisa cairan dengan menyaring darah melalui ginjal untuk mengeluarkan air dari tubuhmu. Tetapi, ketika kamu mengkonsumsi diet tinggi sodium, ginjal akan menghilangkan lebih sedikit air, dan mengakibatkan tekanan darahmu naik. Ini bisa mengakibatkan gagal ginjal karena, ketika tekanan darahmu naik untuk mengakomodasi sisa garam, itu menyebabkan ketegangan di arteri menuju ginjal.

  1. GARAM MENYEBABKAN TEKANAN DARAH NAIK

Seperti yang telah kita bicarakan sebelumnya, orang yang mengkonsumsi banyak garam dalam diet mereka akan mempunyai resiko lebih tinggi untuk darah tinggi. Ini terjadi karena garam mnembuat kamu menahan air, yang menyebabkan jantungmu memompa dengan lebih cepat. Ini menyebabkan ketegangan dan tekanan di organ tubuhmu, yang dapat menyebabkan penyakit jantung, strokes, dementia, penyakit Cardiovaskular, dan masalah lainnya.

  1. KAMU MERASA MEMBENGKAK

Ketika kamu mengkonsumsi banyak sodium,kamu menahan air seperti yang di jelaskan sebelumnya. Kebanyakan orang berpikir bahwa pembengkakan hanya terjadi di abdomen mereka, tetapi sodium juga bisa menyebabkan kamu menahan air di seluruh bagian tubuhmu. Istilahnya disebut edema, kamu bisa mengalami pembengkakan di kaki, lutut,dan tang ketika kamu mengkonsumsi banyak garam. Ketika satu malam kamu makan terlalu banyak garam tidak akan langsung membuat kamu membengkak seketika, seiring waktu, retensi cairan disebabkan oleh diet tinggi garam akan mengarah pada pembengkakan kronis.

8 Easy Ways To Add Flavor With Less Salt - Jeanette's Healthy Living

  1. GARAM BISA MENYEBABKAN KABUT OTAK

Banyak hal yang menyebabkan ketidakcocokan kognitif, termasuk sisa garam. Sebuah studi di publikasikan di Neurobiology of Aging tahun 2011 ditemukan bahwa orang yang lebih tua yang mengkonsumsi kandungan tinggi garam akan terarah pada kehidupan yang menyebabkan kemunduran kognitif. Kabut Otak biasanya merupakan tanda inflamasi, yang bisa disebabkan oleh banyak konsumsi garam. Juga, orang yang mengkonsumsi kebanyakan garam biasanya tidak minum cukup air, dan dehidrasi dapat menyebabkan gangguan kognitif juga.

  1. INI AKAN MENGARAH PADA OSTEOPOROSIS

Kebanyakan orang tidak memikirkan hal ini ketika membicarakan diet sodium tinggi, tetapi ketika kandungan kalsium dalam tubuhmu berkurang ketika kamu buang air kecil, dan lebih banyak garam yang kamu konsumsi, makin banyak kalsium yang hilang dalam tubuhmu. Ketika kamu tidak punya kalsium yang cukup dalam darahmu, itu akan mempengaruhi tulangmu, yang bisa menyebabkan osteoporosis.

BATASAN KONSUMSI GARAM

  • Hindari atau kurangi makanan proses dan take out. Kebanyakan produk ini mengandung garam yang tinggi dan tidak bernutrisi cukup.
  • Pastikan kamu mendapatkan cukup potassium dalam dietmu. Potassium dalam menangkal efek dari sisa garam dan menurunkan tekanan darah. Idealnya, kamu harus mengkonsumsi 3.500-4.700 mg per hari. Sumber makan sehat termasuk pisang, ubi, bayam,alpukat dan tomat.
  • Lebih banyak makan masakan rumah dan tambahkan penyedap bebas gula dalam makananmu. Jika kamu melihat supermarket di sekitarmu, kamu akan menemukan banyak pilihan bumbu penyedap yang tidak harus mengandung garam.
  • Belilah bahan baku yang segar seperti buah-buahan, sayuran, dan daging, dan batasi konsumsi makanan kalengan dengan garam tambahan. Jika kamu membeli makanan kalengan, carilah versi yang rendah/bebas garam.salt

Yane Pranata