Research: Reddit Crypto-Related Discussion Volume Strongly Correlated to Price

Ceriwis – Universitas Notre Dame dan Laboratorium Nasional Barat Laut Pasifik (PNNL) merilis sebuah penelitian tentang kecepatan dan skala diskusi mata uang kripto pada Reddit pada 13 Mei.

Makalah ini mengklaim sebagai “yang pertama yang secara kualitatif mengukur dan membandingkan pertumbuhan diskusi tentang tiga cryptocurrency populer dengan perbedaan utama dalam motivasi, penggunaan, dan implementasi – Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), dan Monero (XMR) di Reddit.” studi membahas thread Reddit yang dibuat di subreddit resmi dan subs cryptocurrency yang lebih luas antara Januari 2015 dan Januari 2018.

Periode waktu ini “termasuk rekor kenaikan harga bitcoin tinggi pada akhir 2017.” Para peneliti mengklaim telah menemukan korelasi yang kuat antara volume percakapan Reddit dan harga koin. Rata-rata, bitcoin subreddit telah melihat 3.600 komentar per hari, etredum subreddit 500, dan monero subreddit 380.

Selama periode yang dipelajari, 212.302 bitcoin, 41.792 ethereum dan 15.035 utas telah dibuat. Para peneliti juga mengamati bahwa posting terkait bitcoin rata-rata mulai mengumpulkan komentar setelah 11 menit, sementara utas terkait ethereum membutuhkan waktu 20 menit, dan yang terkait dengan monero 27 menit.

Namun, posting tentang bitcoin berumur pendek, sementara diskusi tentang monero berlangsung lebih dari satu tentang dua koin lainnya. Selain itu, persentase posting terkait monero yang tidak mengumpulkan komentar sekitar lima kali lebih rendah daripada yang dilaporkan oleh bitcoin dan posting ethereum.

Baru-baru ini dilaporkan bahwa salah satu pendiri perusahaan investasi cryptocurrency Primitive Ventures Dovey Wan menyarankan bahwa berita palsu yang beredar di Tiongkok mungkin bertanggung jawab atas lonjakan harga bitcoin sv (BSV) pada bulan Mei. Penelitian tersebut dilakukan di PNNL, dan didanai oleh program SocialSim Agency Project Research Advanced Defense AS.

Seperti yang dilaporkan Ceriwis  pada akhir April, 11% populasi Amerika memiliki bitcoin cryptocurrency utama, menurut sebuah survei yang diterbitkan oleh Spencer Bogart dari perusahaan modal ventura Blockchain Capital.