LocalBitcoins: Tor Browser Users at Risk of Losing Their Bitcoins

Ceriwis – Pertukaran crypto peer-to-peer Finlandia LocalBitcoins telah memperingatkan pengguna tentang dugaan risiko keamanan yang terkait dengan browser anonim Tor Browser.

Pada 9 September, pakar kepatuhan transaksional Richard Bensberg tweeted screenshot dari spanduk LocalBitcoins memperingatkan pengguna Tor tentang risiko kehilangan Bitcoin (BTC) mereka, yang menyatakan:

“Peringatan untuk semua pengguna Tor: Peramban Tor membuat Anda berisiko dicuri bitcoin Anda.”

LocalBitcoins kemudian menanggapi Bensberg, mengatakan bahwa meskipun menggunakan Tor Browser tidak bertentangan dengan persyaratan layanannya, ia tidak merekomendasikannya untuk alasan keamanan. LocalBitcoins tidak menentukan mengapa browser membuat pengguna lebih rentan terhadap pencurian.

Bensberg mengkritik langkah tersebut oleh pertukaran, dengan alasan bahwa Localbitcoins telah “benar-benar kehilangan alurnya” dengan memasang spanduk peringatan terhadap alat penelusuran yang dipuji karena memberikan privasi dan anonimitas.

Proyek Tor

Tor Browser adalah produk unggulan dari Proyek Tor, perusahaan di balik jaringan Tor anonim. Pada bulan Juli 2019, Ceriwis melaporkan bahwa kampanye crowdfunding Proyek Tor, BitcoinForTor mencapai $ 10.000 softcap hanya 25 jam setelah diluncurkan.

Kampanye dua minggu akhirnya mengumpulkan $ 18.892 untuk mendukung tujuan privasi dan kebebasannya secara online. Tor memiliki banyak pendukung, termasuk leaker Badan Keamanan Nasional terkenal Edward Snowden.

Sementara itu, LocalBitcoins telah melihat penurunan penting dalam volume perdagangan setelah pertukaran tiba-tiba menghentikan opsi bagi pengguna untuk melakukan perdagangan tunai lokal pada awal Juni. Pada 18 Juni, LocalBitcoins terus memperketat kebijakan, memperkenalkan empat tingkatan akun yang berbeda dalam sistem verifikasi barunya, yang membatasi penjualan Bitcoin dan memposting iklan di platformnya.