Scammers Target Canadian Bitcoin ATM Users With 'Out of Order' Sign

Ceriwis – Penipu di Winnipeg, Kanada, telah menargetkan pengguna ATM Bitcoin di kota dengan hanya menempelkan poster di mesin. Polisi mengeluarkan peringatan pada 29 Agustus bahwa mengikuti instruksi pada poster itu akan menyebabkan hilangnya Bitcoin mereka.

Serangan hack berteknologi rendah

Bahkan dengan mata uang digital seperti Bitcoin, keamanan pada akhirnya terletak di tangan pengguna, dan serangan sederhana seringkali menjadi yang paling efektif.

Scammers di Winnipeg mengambil taktik itu. Mereka memasang pemberitahuan tercetak ke mesin. Pemberitahuan tersebut menjelaskan bahwa mesin sedang mengalami peningkatan perangkat lunak. Karena hal ini, pengguna tidak boleh menyetor koin yang mereka beli ke dompet mereka sendiri, tetapi sebaliknya menggunakan kode QR yang disediakan.

Poster-poster itu ditemukan di dua dari dua puluh ATM Bitcoin kota itu, tetapi polisi mengatakan bahwa tidak ada seorang pun yang mengaku menjadi korban penipuan.

di Kanada

Di Fredericton, ibukota provinsi New Brunswick di Kanada, seorang pemilik restoran ditipu oleh penipu yang berpura-pura berasal dari perusahaan listrik. Dia diberi tahu bahwa pembayaran tagihan terakhirnya belum diterima, dan bahwa dia harus menyetor sejumlah uang ke ATM Bitcoin atau listrik ke restorannya akan terputus.

Setelah menyetor $ 1.000 CAD, dia diberi tahu bahwa pembayaran belum melalui dan dia perlu menyetor CAD $ 800 lagi.

Polisi melaporkan serentetan panggilan serupa ke restoran lokal pada hari Rabu. Seorang perwakilan perusahaan listrik mengatakan bahwa mereka tidak akan pernah meminta pelanggan untuk menyetor uang tunai ke dalam ATM Bitcoin acak di bawah ancaman pemutusan langsung.

Awal tahun ini polisi Kanada meminta bantuan mengidentifikasi penipu yang menargetkan ATM Bitcoin dengan serangan pembelanjaan ganda.