ECB Money Printing Is ‘Rocket Fuel’ for Bitcoin Price, Says Pompliano

Ceriwis – Salah satu pendiri Morgan Creek Digital Asset, Anthony Pompliano mengatakan, perubahan dovish Bank Sentral Eropa (ECB) yang diharapkan akan menjadi “bahan bakar roket” untuk Bitcoin.

Dalam sebuah tweet yang diposting pada tanggal 26 Juli, Pompliano mengomentari sebuah artikel Bloomberg baru yang menyelidiki langkah kebijakan ECB yang akan segera terjadi – berpotensi termasuk pemotongan suku bunga dan pelonggaran kuantitatif yang diperbarui – dirancang untuk meningkatkan ekonomi zona euro yang goyah. Dia berkata:

“BAHAN BAKU ROCKET: Mereka akan menurunkan suku bunga dan mencetak uang tepat saat kita berbaris menuju separuh Bitcoin. Sabuk pengaman. Ini akan liar?”

Pompliano baru-baru ini mengutip separuh bitcoin – pengurangan imbalan pertambangan menjadi setengahnya pada Mei 2020 – sebagai salah satu pendorong terbesar prediksi kenaikan harga Bitcoin. Perkiraannya adalah bahwa koin tersebut akan mencapai $ 100.000 pada akhir tahun 2021.

Artikel Bloomberg mengutip komentar baru-baru ini dari Presiden ECB Mario Draghi yang mengindikasikan niat lembaga untuk memberikan putaran stimulus moneter September ini. Khususnya, kepala ECB menyatakan bahwa “di sisi inflasi, kami tidak menyukai apa yang kami lihat  Itu sangat penting.”

Bankir sentral, kesengsaraan zona euro

Presiden ECB mengatakan dia mengantisipasi bahwa kontraksi dalam manufaktur kawasan Euro dapat mencemari sektor jasa, sebagian karena ketegangan perdagangan global. Sementara menolak prospek resesi luas, ia menyatakan bahwa pertumbuhan harga konsumen telah gagal mencapai tujuan ECB di bawah 2% – membenarkan panggilan untuk dukungan yang signifikan.

Dewan Pemerintahan ECB juga telah menambahkan garis penting untuk pernyataan “komitmen untuk simetri”, yang dicatat Bloomberg mencerminkan keterbukaan untuk memperpanjang stimulus untuk meningkatkan pertumbuhan harga untuk beberapa waktu:

“Dewan Pemerintahan telah menugasi Komite Eurosystem yang relevan dengan memeriksa opsi, termasuk cara untuk memperkuat pedoman ke depan pada tingkat kebijakan, langkah-langkah mitigasi, seperti desain sistem berjenjang untuk remunerasi cadangan, dan opsi untuk ukuran dan komposisi potensi baru. pembelian aset bersih. “

Seorang ekonom Danske Bank mengatakan kepada Bloomberg bahwa ia mengharapkan 20 basis poin penurunan suku bunga dari ECB dan lebih banyak QE, menambahkan: “Ini masalah kapan dan bagaimana ECB akan bertindak, tidak lagi jika.”

Sementara itu, Federal Reserve Amerika Serikat diperkirakan akan memangkas suku bunga minggu depan, sementara Turki baru saja memperkenalkan penurunan suku bunga terbesar sejak setidaknya 2002. Di seluruh dunia, bank sentral Australia juga telah mengisyaratkan kemungkinan akan semakin memudahkan kebijakan.

Seperti yang baru-baru ini dilaporkan, kepala strategi kredit fundamental global di Deutsche Bank telah mengatakan bahwa kebijakan dovish bank sentral berdampak positif terhadap mata uang “alternatif” seperti bitcoin sambil melukai bank investasi.