Ceriwis

Prabowo Kini Capres yang Jadi Menteri Setelah Wiranto

Prabowo Subianto tiba di Istana Negara, Senin (21/10/2019).
Ceriwis – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengaku siap menjadi menteri di kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin. Prabowo pun telah mengaku bakal menjadi Menteri Pertahanan. Prabowo telah menemui Jokowi di Istana Negara, Senin (21/10) sekitar pukul 16.05 WIB. Ia memakai kemeja putih yang identik dengan pakaian khas menteri Jokowi.
“Kami diminta memperkuat kabinet beliau. Dan saya sudah sampaikan keputusan kami dari Partai Gerindra, apabila diminta, kami siap membantu,” ungkap dia.
Manuver Prabowo ini terbilang mengejutkan banyak pihak. Sebab, tak sedikit pendukung pasangan 02 yang menginginkan Prabowo dan Gerindra tetap menjadi oposisi.
“Saya beliau izinkan untuk menyampaikan, saya diminta membantu beliau di bidang pertahanan,” kata Prabowo.
Namun apabila ditilik dari sejarahnya, jalan yang dipilih Prabowo ini serupa dengan apa yang ditempuh sebelumnya oleh Wiranto.
Pemilu 2009, Ketua Umum PDI-Perjuangan Megawati (kiri), Ketua Umum Partai Hanura, Wiranto (tengah kiri), Jusuf Kalla (tengah kanan), dan Prabowo Subianto (Kanan).
Prabowo berhadapan dengan Jokowi di Pilpres 2019 tetapi kemudian memilih menjadi menteri di kabinet politikus PDIP itu. Sementara Wiranto juga pernah jadi capres di Pilpres 2009, kemudian menjadi menteri di era Jokowi di tahun 2014. Wiranto menjadi Menkopolhukam. Sementara Prabowo menjadi Menteri Pertahanan.
Selain itu, ada persamaan lagi di antara keduanya. Prabowo dan Wiranto sama-sama ketua umum partai. Prabowo di Gerindra, sementara Wiranto menjabat saat menjadi Ketua Umum Partai Hanura.
Namun di antara keduanya ada satu perbedaan. Prabowo maju di kontestasi Pilpres sebanyak tiga kali pada 2009, 2014, dan 2019, sementara Wiranto hanya dua kali yakni pada 2004 dan 2009.
Permintaan posisi menhan ini, kata beberapa sumber, datang dari Gerindra. Sumber yang mengetahui pembahasan soal kabinet mengatakan, konsep merangkul lawan ingin diterapkan Jokowi di pemerintahan kedua.
Sehingga, permintaan Gerindra ini akhirnya diwujudkan Jokowi. Apalagi, Gerindra merupakan pemenang kedua pemilu. Selain itu, Prabowo memenuhi salah satu kriteria menhan: yaitu berasal dari militer dan paham teritori.

Melanie Putri