Ceriwis

Presiden Brasil: Untuk Melindungi Lingkungan, Kita Perlu Mengurangi Berak

Presiden Brasil Jair Bolsonaro.
Ceriwis – Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, punya saran aneh untuk melindungi lingkungan. Menurut Bolsonaro, kita harus mengurangi buang air besar demi lingkungan.
Saran aneh ini Bolsonaro sampaikan kepada awak media dalam suatu sesi tanya jawab beberapa hari lalu. Kala itu Bolsonaro ditanya mengenai rencananya dalam mengombinasikan perkembangan agrikultura dengan perlindungan lingkungan.
“Cukup dengan makan lebih sedikit. Anda bicara soal polusi lingkungan. Itu cukup dengan mengurangi buang air besar. Itu akan baik bagi seluruh dunia,” ujar Bolsonaro, seperti diberitakan BBC News.
Komentar itu keluar dari mulut Bolsonaro setelah ada jurnalis yang mengutip laporan mengenai penggundulan hutan dan agrikultura sebagai penyebab seperempat dari efek rumah kaca di Bumi.
Gambar dari udara penggundulan hutan hujan Amazon, Brasil.
Beberapa pekan lalu, Bolsonaro mendapat kritik atas sikapnya mengenai tingkat kerusakan vegetasi di Hutan Amazon. Ketika Institut Nasional Penelitian Luar Angkasa Brasil (Instituto Nacional de Pesquisas Espaciais/INPE) mengeluarkan data tersebut, Bolsonaro menyebut INPE memanipulasi data agar pemerintahannya terlihat buruk.
Buntutnya, Bolsonaro memecat kepala INPE, Ricardo Galvao. “Kita tidak bisa menerima sensasionalisme, atau pembukaan angka-angka tidak akurat yang merusak nama Brasil,” ujar Bolsonaro kala itu sebagaimana dilansir Newsweek.
INPE sendiri mengklaim datanya memiliki tingkat akurasi hingga 95 persen. Mereka mengungkap adanya kerusakan vegetasi seluas 2.253 kilometer persegi di kawasan Hutan Amazon sejak Juli 2018 hingga Juli 2019.
Angka itu menunjukkan peningkatan penggundulan hutan di kawasan Amazon meningkat 278 persen dibanding tahun 2018. Padahal, 40 persen hutan hujan di Bumi berada di Amazon.
Jadi, dibanding mengurus dan mengatasi masalah berak setiap orang di dunia, kenapa pemerintahan suatu negara seperti Brasil tidak lebih memprioritaskan mengatasi masalah deforestasi saja?
Forbes melansir, pemerintahan Bolsonaro sebenarnya dapat melakukan hal-hal untuk mengurangi deforestasi dan praktik pertanian dan industri di lahan hijau mereka yang berkontribusi meningkatkan polusi dan efek rumah kaca dunia. Tetapi permasalahannya, pemerintahan tersebut tampaknya lebih tertarik membahas masalah berak manusia ketimbang penggundulan hutan.

Bella Priscilla

Tidak ada komentar