Ceriwis
Home » Wow » Pria ini Nekat Taklukkan Jalur Maut Trans Papua supaya Angkat Potensi Daerah

Pria ini Nekat Taklukkan Jalur Maut Trans Papua supaya Angkat Potensi Daerah

Tak banyak seorang petualang yang memilik nyali besar seperti sosok pria bernama Youk Tanzil ini. Dilansir dari kompas.tv, pengusaha yang juga pehobi adventure tersebut merupakan orang pertama yang berhasil menembus jalur Trans Papua. Padahal, lokasi tersebut sempat mendapat pemberitaan miring terkait insiden penembakan pekerja yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) beberapa waktu silam.

Dengan menggunakan sepeda motor khusus, Youk berkelana menembus lebatnya hutan dan sebagian jalur Trans Papua yang masih dalam tahap pembangunan. Rutenya dimulai dari jalur Wamena -Jayapura sepanjang 3360 Km. Kondisi medan yang berat dan terjal, akhirnya bisa dilalui oleh dirinya setelah menghabiskan waktu selama 34 hari.

Keberhasilan Youk menaklukkan jalur Trans Papua bukannya tanpa tujuan. Pada video di atas, ia ingin masyarakat seluruh Indonesia membuka matanya lebar-lebar. Bahwa proses pembangunan tersebut benar adanya. Youk sendiri bahkan ingin menjadikan momen keberhasilannya tersebut untuk membantu perekonomian Papua. Terutama dari sisi potensi wisata yang dimiliki.

Dari sini pula, ia memahami bahwa salah satu tantangan terbesar untuk memutar roda perekonomian di Papua adalah masalah infrastruktur. Terlebih, jarak antara satu tempat ke wilayah lainnya masih berjauhan. Bahkan, Youk sendiri yakin jika jalan Trans Papua tersebut telah siap digunakan, dengan sendirinya akan mengangkat potensi daerah yang ada di wilayah tersebut.

Jalur Trans Papua yang membelah gunung [sumber gambar]

Youk sendiri mengawali petualangan besarnya pada bulan Agustus hingga September. Bersama timnya, ia berusaha sekuat tenaga menembus jalur-jalur ekstrim yang sebelumnya tidak pernah dilalui orang lain di luar Papua. Selain ingin mengangkat potensi wisata tentang alam Papua yang bisa diolah, Youk juga mempunyai misi mulai lainnya yang tak kalah penting.

Peristiwa penembakan yang terjadi di Nduga beberapa waktu lalu, ikut menjadi perhatian Youk dalam misinya kali ini. Lewat upayanya tersebut, ia ingin agar masyarakat di luar Papua bisa mengerti, bahwa kejadian tersebut tak serta merta digunakan untuk menilai kondisi Papua tidak aman. namun sebaliknya, ia mendapati banyak hal berharga, sekaligus beberapa catatan penting yang bisa diaplikasikan untuk menunjang pembangunan Papua.

Gunakan motor khusus [sumber gambar]

Sepanjang perjalanannya, Youk bahkan merasa bahwa masyarakat lokal begitu ramah terhadap dirinya. Jauh dari kesan sangar dan menakutkan yang selama ini kerap diangkat menjadi berita oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Bersama seorang rekannya yang merupakan kameramen dari Ring of Fire, Youk menaklukkan jalanan ekstrim sepanjang 100 km setiap harinya.

Tak jarang, ia kerap menjumpai beberapa pekerja dengan peralatan berat untuk membuka jalan Trans Papua. Sekali lagi, hal ini membuktikan bahwa proyek tersebut memang benar-benar nyata dan tengah digarap. Seolah terbayar lunas, perjuangan Youk menembus jalur Trans Papua juga disuguhi oleh keperawanan alam Papua yang begitu molek dan menanti untuk dikelola.

Potensi alam Papua yang menunggu untuk dikelola [sumber gambar]

Bisa dibilang, perjalanan Youk menembus belantara Trans Papua telah tercetak menjadi sebuah sejarah tersendiri. Dilansir dari jawapos.com, ia bahkan mendedikasikan hasil perjalanan dan risetnya kepada pemerintah dan menyerahkan peta perjalanannya ke situs navigasi.net sebagai referensi peta terbaru di Papua.

Selain menjadi bukti tentang kebenaran proyek Trans Papua, petualangan Youk juga bisa menjadi sumber informasi yang berharga. Tentang apa yang ada di Papua dan segala kisah di dalamnya. Mulai dari alam yang bisa menjadi komoditas pariwisata, keramahan penduduk hingga potensi lainnya, membuat kita harus membuka pikiran lebar-lebar. Bukan lagi menganggap Papua sebagai daerah konflik belaka, melainkan bagaimana agar kita dapat merangkul dan memberikan kontribusi yang nyata terhadap pembangunan negeri kaya raya tersebut.

Newsmaker

Add comment

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({flush: true});