Login to Website

Login dengan Facebook
Mau Beriklan di Ceriwis? Klik disini

  Home ♦♦♦All About Reticulated Python (Ular Sanca Kembang)♦♦♦

Balas Posting
SHORT URL : http://ceri.ws/213810
 
Thread Tools
Old 25th February 2011   # 1
No Avatar
Member
Join : Nov 2010
Posts : 41
biludak mempunyai hidup yang Normal 0
THREAD STARTER

♦♦♦All About Reticulated Python (Ular Sanca Kembang)♦♦♦


Hanya ingin berbagi informasi aja ni gan .
Maklum ane baru didunia per'reptilan

Nyari" informasi Soal Peliharaan ane Ular sanca Kembang .
ane Dapet informasi yang cukup membantu terutama buat Newbie . :beer:
Cekidot dah . Thread ini hanya berisi pengetahuan untuk dibaca :
Spoiler for Jenis" Reticulated Python (Sanca Batik/Kembang):

Kalo agan mau liat jenis" Reticulated Python . Silahkan mampir ke Aneka Ragam Jenis Sanca Batik (Reticulated Phyton) Oleh : faley.inluv


Spoiler for Apa itu Sanca Kembang?:

Sanca kembang adalah sejenis ular tak berbisa yang berukuran besar. Ukuran terbesarnya dikatakan dapat melebihi 10 meter. Lebih panjang dari anakonda (Eunectes), ular terbesar dan terpanjang di Amerika Selatan. Nama-nama lainnya adalah ular sanca; ular sawah; sawah-n-etem (Simeulue); ular petola (Ambon); dan dalam bahasa Inggris reticulated python atau kerap disingkat retics.


Spoiler for Identifikasi:

Sanca kembang ini mudah dikenali karena umumnya bertubuh besar. Keluarga sanca (Pythonidae) relatif mudah dibedakan dari ular-ular lain dengan melihat sisik-sisik dorsalnya yang lebih dari 45 deret, dan sisik-sisik ventralnya yang lebih sempit dari lebar sisi bawah tubuhnya. Di Indonesia barat, ada lima spesiesnya: tiga spesies bertubuh gendut pendek yakni kelompok ular peraca (Python curtus group: P. curtus, P. brongersmai dan P. breitensteini) di Sumatra, Kalimantan dan Semenanjung Malaya.
Dua spesies yang lain bertubuh relatif panjang, pejal berotot: P. molurus (sanca bodo) dan P. reticulatus. Kedua-duanya menyebar dari Asia hingga Sunda Besar, termasuk Jawa. P. molurus memiliki pola kembangan yang berbeda dari reticulatus, terutama dengan adanya pola V besar berwarna gelap di atas kepalanya. Sanca kembang memiliki pola lingkaran-lingkaran besar berbentuk jala (reticula, jala), tersusun dari warna-warna hitam, kecoklatan, kuning dan putih di sepanjang sisi dorsal tubuhnya. Satu garis hitam tipis berjalan di atas kepala dari moncong hingga tengkuk, menyerupai garis tengah yang membagi dua kanan kiri kepala secara simetris. Dan masing-masing satu garis hitam lain yang lebih tebal berada di tiap sisi kepala, melewati mata ke belakang.
Sisik-sisik dorsal (punggung) tersusun dalam 70-80 deret; sisik-sisik ventral (perut) sebanyak 297-332 buah, dari bawah leher hingga ke anus; sisik subkaudal (sisi bawah ekor) 75-102 pasang. Perisai rostral (sisik di ujung moncong) dan empat perisai supralabial (sisik-sisik di bibir atas) terdepan memiliki lekuk lubang penghidu bahang (heat sensor pits) yang dalam (Tweedie 1983).


Spoiler for Biologi dan Penyebaran:

Sanca kembang terhitung ular yang terbesar dan terpanjang di dunia. The Guiness Book of World Records tahun 1991 mencatat sanca kembang sepanjang 32 kaki 9.5 inci (sekitar 10 meter) sebagai ular yang terpanjang (Murphy and Henderson 1997). Namun yang umum dijumpai adalah ular-ular yang berukuran 5-8 meter. Sedangkan berat maksimal yang tercatat adalah 158 kg (347.6 lbs). Ular sanca termasuk ular yang berumur panjang, hingga lebih dari 25 tahun.
Ular-ular betina memiliki tubuh yang lebih besar. Jika yang jantan telah mulai kimpoi pada panjang tubuh sekitar 7-9 kaki, yang betina baru pada panjang sekitar 11 kaki. Dewasa kelamin tercapai pada umur antara 2-4 tahun.
Musim kimpoi berlangsung antara September hingga Maret di Asia. Berkurangnya panjang siang hari dan menurunnya suhu udara merupakan faktor pendorong yang merangsang musim kimpoi. Namun demikian, musim ini dapat bervariasi dari satu tempat ke tempat lain. Shine et al. 1999 mendapatkan bahwa sanca kembang di sekitar Palembang, Sumatera Selatan, bertelur antara September-Oktober; sementara di sekitar Medan, Sumatera Utara antara bulan April-Mei.
Jantan maupun betina akan berpuasa di musim kimpoi, sehingga ukuran tubuh menjadi hal yang penting di sini. Betina bahkan akan melanjutkan puasa hingga bertelur, dan sangat mungkin juga hingga telur menetas (McCurley 1999).
Sanca kembang bertelur antara 10 hingga sekitar 100 butir. Telur-telur ini ‘dierami’ pada suhu 88-90 ºF (31-32 ºC) selama 80-90 hari, bahkan bisa lebih dari 100 hari. Ular betina akan melingkari telur-telur ini sambil berkontraksi. Gerakan otot ini menimbulkan panas yang akan meningkatkan suhu telur beberapa derajat di atas suhu lingkungan. Betina akan menjaga telur-telur ini dari pemangsa hingga menetas. Namun hanya sampai itu saja; begitu menetas, bayi-bayi ular itu ditinggalkan dan nasibnya diserahkan ke alam.
Sanca kembang menyebar di hutan-hutan Asia Tenggara. Mulai dari Kep. Nikobar, Burma hingga ke Indo Cina; ke selatan melewati Semenanjung Malaya hingga ke Sumatra, Kalimantan, Jawa, Nusa Tenggara (hingga Timor), Sulawesi; dan ke utara hingga Filipina (Murphy and Henderson 1997).
Sanca kembang memiliki tiga subspesies. Selain P.r. reticulatus yang hidup menyebar luas, dua lagi adalah P.r. jampeanus yang menyebar terbatas di Tanah Jampea dan P.r. saputrai yang menyebar terbatas di Kep. Selayar. Kedua-duanya di lepas pantai selatan Sulawesi.


Spoiler for Ekologi:

Sanca kembang hidup di hutan-hutan tropis yang lembab (Mattison, 1999). Ular ini bergantung pada ketersediaan air, sehingga kerap ditemui tidak jauh dari badan air seperti sungai, kolam dan rawa.
Makanan utamanya adalah mamalia kecil, burung dan reptilia lain seperti biawak. Ular yang kecil memangsa kodok, kadal dan ikan. Ular-ular berukuran besar dilaporkan memangsa anjing, monyet, babi hutan, rusa, bahkan manusia yang ‘tersesat’ ke tempatnya menunggu mangsa (Mattison 1999, Murphy and Henderson 1997, Shine et al. 1999). Ular ini lebih senang menunggu daripada aktif berburu, barangkali karena ukuran tubuhnya yang besar menghabiskan banyak energi.
Mangsa dilumpuhkan dengan melilitnya kuat-kuat (constricting) hingga mati kehabisan nafas. Beberapa tulang di lingkar dada dan panggul mungkin patah karenanya. Kemudian setelah mati mangsa ditelan bulat-bulat mulai dari kepalanya.
Setelah makan, terutama setelah menelan mangsa yang besar, ular ini akan berpuasa beberapa hari hingga beberapa bulan hingga ia lapar kembali. Seekor sanca yang dipelihara di Regent’s Park pada tahun 1926 menolak untuk makan selama 23 bulan, namun setelah itu ia normal kembali (Murphy and Henderson 1997).


Spoiler for Sanca dan Manusia:


Sanca --terutama yang kecil-- kerap dipelihara orang karena relatif jinak dan indah kulitnya. Pertunjukan rakyat, seperti topeng monyet, seringkali membawa seekor sanca kembang yang telah jinak untuk dipamerkan. Sirkus lokal juga terkadang membawa sanca berukuran besar untuk dipamerkan atau disewakan untuk diambil fotonya.
Sanca banyak diburu orang untuk diambil kulitnya yang indah dan bermutu baik. Lebih dari 500.000 potong kulit sanca kembang diperdagangkan setiap tahunnya. Sebagian besar kulit-kulit ini diekspor dari Indonesia, dengan sumber utama Sumatra dan Kalimantan. Semua adalah hasil tangkapan di alam liar.
Jelas perburuan sanca ini sangat mengkhawatirkan karena mengurangi populasinya di alam. Catatan dari penangkapan ular komersial di Sumatra mendapatkan bahwa sanca kembang yang ditangkap ukurannya bervariasi antara 1 m hingga 6 m, dengan rata-rata ukuran untuk jantan 2.5 m dan betina antara 3.1 m (Medan) – 3.6 m (Palembang). Kira-kira sepertiga dari betina tertangkap dalam keadaan reproduktif (Shine et al. 1999). Hingga saat ini, ular ini belum dilindungi undang-undang. CITES(konvensi perdagangan hidupan liar yang terancam) memasukkannya ke dalam Apendiks II.


Spoiler for Penyebaran:

Asia Tenggara, Filipina dan Indonesia. Sanca kembang memiliki penyebaran yang terluas dari semua spesies Python


Spoiler for Status di alam liar:

Penyebarannya sangat luas tetapi jumlahnya yang berkurang, karena eksploitasi untuk mendapatkan kulit dan dagingnya. Pada tahun 2002 eksport kulit ular ini sebesar 437.500
Kenyataan buruk ini menunjukan secara legal lebih mudah memindahkan ular mati daripada yang hidup.


Spoiler for Deskripsi:

Sanca Kembang berbentuk langsing untuk ukurannya dan berkembang dengan lingkar tubuh yang berotot yang cendrung tetap membulat dari pada memipih seperti ular pembelit lainnya. Sanca raksasa ini sangat bermacam-macam, dengan motif jaring atau rantai dengan warna dasar perak (abu-abu) atau perak coklat. Motif punggungnya adalah ciri khas warna dasar dari ular ini dan bergaris tepi warna hitam dan kuning, oranye atau coklat. Bintik-bintik di samping badannya berwarna terang. Seluruh tubuhnya memantulkan warna “hologram” (seperti pelangi).

Sanca Kembang yang baru ditangkap dari alam liar cenderung (wild-caught – RED) menjadi binatang yang sangat gugup (ketakutan) dan bertahan yang akan mengigit untuk berusaha lepas dari pegangan kita dan kabur. Tetapi hasil ternakan (captive-breed – RED) biasanya tenang dan bahkan jinak, hewan yang pintar yang senang berinteraksi bila si pemelihara membuatnya begitu. Jenis ini adalah pilihan yang bagus yang bisa memberikan perbedaan yang sangat besar dalam pengalaman memelihara ular.


Spoiler for Ukuran:

Ular yang baru menetas kurang lebih mempunyai panjang 24inci. Ukuran dewasa (sudah dapat kimpoi) Betina sekitar 17kaki lebih, jantan 12 kaki – 14 kaki. Ukuran yang pernah tercatat sekitar 33 kaki (11meter) dan berat 300 pon (150 kg) lebih.


Spoiler for Umur Hidup:

Sanca Kembang dapat hidup 30 tahun atau lebih di dalam kurungan.


Spoiler for Mutasi Warna:

Warna dan motifnya meliputi T- albino, T+ albino, Tiger, Super Tiger, Albino Tiger, dll.


 
Sponsored Links.
Old 25th February 2011   # 2
No Avatar
Member
Join : Nov 2010
Posts : 41
biludak mempunyai hidup yang Normal 0
THREAD STARTER

================== Locality Retic ==================


SUMATRA GROUP

Pulau Sumatera

Sumatra: Indentik dengan warna abu2nya yang kental/dominan....retic terbesar didunia saat ini
yang dipelihara berasal dari Jambi pertama kali ditemukan tahun 2002 dengan panjang 14.85m dan
berat 447kg menurut berita harian 'Suara Merdeka' dan menurut berita harian 'Republika' memberitakan
ketika ditangkap ular tersebut memuntahkan seekor rusa betina dewasa...ular ini dinamakan "Kembang Wangi". salah satu pic retic Sumatra.
Spoiler for image:




Pulau Nias/pulau batu: secara typikal "high contrast" sumatra,warna yang terang dan kontras sekali

Medan: Biasanya sedikit garis dn bagian ekor motif lateralnya hilang mirip dengan sunfire retic.
Spoiler for image:




JAWA GROUP

Pulau Jawa

Jawa: krem campur dengan coklat dan perak.typikal mainland Indonesia ada yg "yellowhead"
ada juga yg tidak tergantung lokasi jawa nya...lokality jawa barat,jawa timur,jawa tengah
reticnya beda2 dari segi pola/motif dan warna.

Jawa Barat
Spoiler for image:




Jawa Timur (Banyuwangi)
Spoiler for image:




Jawa Tengah
Spoiler for image:




BORNEO GROUP

Pulau Kalimantan; Retic ini identik dengan motif "granite" nya di bagian punggungnya
Spoiler for image:



Spoiler for image:



Spoiler for image:



Spoiler for image:




Serawak; sama dengan Kalimantan

SULAWESI GROUP

Pulau Sulawesi


"Classic" Sulawesi: Ini mungkin retic pulau yang paling byk dipelihara di indonesia.merupakan asli "giant",dgn "Yellow Heads" yg kontras....sering ditemui dgn Kepalanya ada 4 titik atau lebih Matanya emas kehijauan tetapi beberapa spesimen macem2 wrn matanya.
Spoiler for image:




"Makassar" Sulawesi: Retic ini sangat identik sekali dari segi penampilan,ukuran dengan "Classic" Sulawesi, sangat dipastikan sekali ini SAMA dengan "Classic" Sulawesi,penamaan baru Makassar karena di dapat di kota makassar,Pada tahun 1912 ditemukan retic dengan ukuran 9,75 meter dekat kota makassar rekor dunia kedua setelah dari Jambi.
Spoiler for image:




"Palopo" Sulawesi: Retics Palopo sangat mirip dengan 2 bentuk Sulawesi diatas tetapi semua spesimen yg pernah ditangkap memiliki "chain link" (menyerupai rantai) terletak di bagian utara kota makassar dan pala kuning.Beberapa specimen matanya ada yg berwarna gelap sekali berwarna hitam seperti batu onyx dan tidak kuning kepalanya.
Spoiler for image:




common palopo
Spoiler for image:




Kepulauan di Sulawesi



Buton : Pulau Buton terletak di bagian timur selatan Sulawesi.Sangat mirip sekali dengan "Classic"/"Makassar".
Spoiler for image:




Selayar (python reticulatus saputrai) : Pulau Selayar terletak di selatan kota Makassar dari segi penampilan mirip dgn classic/Makassar tetapi wrn kuning di motif samping sangat kental dan beberapa ad yg sedikit bintik2 hitam .Matanya yg aneh wrnnya perak kehijauan biasanya akan berkembang seiring dgn umurnya uk max betina 4,5m ini termasuk jenis dwarf. Merupakan subspecies yg diakui dan disahkan.
Spoiler for image:




Takabonerate


Pulau Tanahjampea (python reticulatus jampeanus) : Retic Jampea memiliki pola yg buram dominasi wrn perak,abu-abu,hiaju,coklat dan kuning,Warna matanya typikal Tembaga keperakkan beberapa orang bilang retic ini jenis Dwarf panjang max betina 3 meter saat ini di captivity ada yg sampai 4,5 meter betina,
dan merupakan subspecies resmi diakui dan disahkan.
Spoiler for image:




Pulau Kayuadi : Retic Pulau Kayuadi dikatakan panjang max betina tidak sampai 3 meter motif Pola dan warna mirip dengan jampea,byk diobservasikan warna matanya yg variatif dari oranye,
oranye kehitaman,tembaga keperakkan,tembaga keorenan dan kehijauaan. Kemungkinan besar satu subspesies dengan jampea mungkin juga dengan subspecies baru.
Spoiler for image:




Pulau Kalaotoa : Retic di Pulau Kalaotoa memiliki ciri-ciri warna emas gelap dan silver gelap, matanya berwarna perak..
Spoiler for image:




Pulau Madu : Pulau Madu adalah pulau terkecil dari Taka Bonerate chain.
sangat dekat speciesnya (close related) dgn kalaotoa dari Bonerate Pygmy locality yg lainnya
Beberapa orang menilai dan meniliti retic ini merupakan retic terkecil dari semua Bonerate Pygmy ("Dwarf"\"Super Dwarf") Reticulated Pythons. Diakan datang dekat2 ini dipastikan subspecies retic madu ini penamaannya kemungkinan
Python reticulatus boneratensis,secara geografis semua binatang dari Bonerate\Taka'Bonerate group akan menjadi subspecies baru tidak hanya reptil saja.
Spoiler for image:




MALUKU GROUP



Kepulauan Halmahera

Pulau Morotai:??? >>> belum dpt info

Pulau Ternate:??? >>> belum dpt info

Halmahera : Retic ini identik dengan warnanya yg ekstrim emas pola unik yg nyambung banyak ditemuin yg berwarna gelap hitam sangat kental dan wrn mata tembaga termasuk jenis dwarf.
Spoiler for image:




pulau Gebe : sering dibilang dan disebut new dwarf locality,reticnya sangat mirip dengan Maluku group tetapi lebih gelap,dimungkinkan retic2 ini migrasi atau ada penyusup yg menumpang dikapal yg mau ke wilayah Irian Jaya pulau ini sangat dekat dengan pulau Waigeo dn byk pulau2 kecil lagi yg dekat sekali dengan pulau Gebe....sangat dipastikan sekali ada retic di Irian Jaya.
Spoiler for image:




SERAM GROUP

Ambon "Kepala Kuning" : Sangat terang sekali warnanya mirip dengan buton warnanya tapi motifnya beda sekali dengan buton.
Spoiler for image:




Seram "Kepala Kuning" : Mirip dengan Ambon, sama dengan Pulau Gebe di mungkinkan bisa menyusup atau menyeberang ke wilayah papua sangat dekat sekali dengan FAK-FAK
Spoiler for image:




SELAT SUNDA GROUP

Bali "Kepala Kuning" : dari segi size retic bali itu kecil dibandingkan dengan mainland jawa,retic bali beberapa peniliti eropa menilai retic bali termasuk dwarf...identik dgn wrn kepalanya yg kuning terang pola/motif yg kontras hitam pekat.
Spoiler for image:




Nusa Tenggara Barat

Pulau Lombok : sekilas mirip dengan halmahera kepala tidak kuning....
Spoiler for image:




Pulau Sumbawa: sama dengan Pulau Lombok

Nusa Tenggara Timur

Flores : motif sangat mirip dgn bali warna mata lebih ke oranye dengan warna badan perak sampai tembaga, tempramen seperti preman.
Spoiler for image:




Kupang : uniknya motif samping yg biasanya tembus dengan motif di bagian punggung, kepala tidak kuning
Spoiler for image:




KEPULAUAN FILIPINA GROUP



Luzon

Manila : beberapa retic Manila tidak jauh beda dgn "Classic" Sulawesi type. perbedaan yg mencolok di pola kepalanya ada garis kecil (dashes) dan titik di tempat yg variatif lalu pola "donat" di punggung dan samping. Dark pigment terlihat di bagian dorsalnya.identik retic Philipine
Warna bervariatif dari tiap individu beberapa ada yellowhead beberapa silverhead warna mata identik dengan warna perak hingga tembaga.
Spoiler for image:


Spoiler for image:


Spoiler for image:


Spoiler for image:


Spoiler for image:


Spoiler for image:


Spoiler for image:


Spoiler for image:


Spoiler for image:



Bicol : sangat terang motif samping yg unik,beberapa specimen memiliki blotches hitamsecara typikal pola/motif kepala sangat beda dgn indonesia dan mata yg silver sampai tembaga.
Spoiler for image:


Spoiler for image:


Spoiler for image:



San Fernando : Mirip dengan manila
Spoiler for image:


Spoiler for image:


Spoiler for image:


Spoiler for image:


Spoiler for image:



Visayas

Samar : Hitam dan abu - abu yang sangat kontras sekali dan tegas warna mata variatif tembaga hingga oranye motif unik mirip aberant....
Spoiler for image:


Spoiler for image:



Mindanao

Davao : Pola/motifnya yg sangat aberrant bila dibandingkan dengan retic Indonesia, terdapat byk variasi pola dan wrn identik dgn motif bagian preocular ada motif titik2 warna mata oranye terang sampai silver. Sangat mirip sekali dengan retic selayar.
Spoiler for image:


Spoiler for image:


Spoiler for image:


Spoiler for image:


Spoiler for image:



Cotabato : Emas gelap pola/motif di dorsal titik garis byk titik. Motif samping hilang pola dan menyerupai sunfire/platinum dekat menuju keekor.warna mata typikal oranye hingga perak.
Spoiler for image:


Spoiler for image:


Spoiler for image:



Filipina "special"

Spoiler for image:


Spoiler for image:


Spoiler for image:


Spoiler for image:


Spoiler for image:


Spoiler for image:


Spoiler for image:


Spoiler for image:


Spoiler for image:


Spoiler for image:


Spoiler for image:


Spoiler for image:


Spoiler for image:


Spoiler for image:



DATARAN ASIA GROUP

Vietnam "Kepala Kuning": mirip dengan retic Bali

Thailand "Kepala Kuning": ukuran thai retic kecil dibandingkan dgn Indonesian mainland Retics dan tempramen yg kalem. si sponge Bob "Yellow Head" bloodlines asli berasal dari thailand. Sekarang Thailand tidak boleh mengexport retics lagi.

Birma : ??? >>> belum dpt info

Kamboja : ??? >>> belum dpt info

Malaysia: Mirip dengan retic jawa......
Spoiler for image:



Untuk Locality Natuna, India, Bangladesh, Pulau Tanimbar, DLL... mungkin Reptil Lover bisa nambahin atau yg belum kesebut
 
Old 25th February 2011   # 3
No Avatar
Member
Join : Nov 2010
Posts : 41
biludak mempunyai hidup yang Normal 0
THREAD STARTER

## recessive traits ##


Clark Strain Albino/Type 1 albino: polymorphic gen. tiga phase warna ditemui dalam satu clutch. Phase warna putih, lavender and purple. Beberapa breeder membikin warna phase keempat yaitu "dark lavender/dark purple." Warna dasar putih,lavender,purple dgn marking pola berwarna kuning dan oranye. Biasanya bagian mata berwarna merah keorenan dan pupil berwarna merah.

WHITE PHASE owner badboys
Spoiler for image:


LAVENDER owner badboys
Spoiler for image:


PURPLE (PP)
Spoiler for image:


DARK PURPLE owner warrior_sby
Spoiler for image:


Kahl (Baldogo) Amel/Type 2 Albino/T-: ukuran bayi sangat identik dgn white phase dari Bob Clark strain
tetapi, pola semakin lama semakin memudar ketika dewasa dan bertambah putih.

AMELANISTIC owner sylar
Spoiler for image:


Caramel Albino/"Blonde"/T+: warna yg lebih keemasan, kuning dan ungu.breeder di indonesia,Europe dan usa menciptakan morph ini :Stan Chiras,Al Baldogo salah satunya.

CARLO the CARAMEL owner henrysayangmama
Spoiler for image:


Genetic Striped: mutasi ini berupa garis di bagian ventral (punggung),beberapa spesimen garisnya
berwarna coklat,silver,kuning dan hitam,pola di bagian lateral (samping) juga garis.beberapa spesimen dengan warna kepala kuning (yellowhead). Ini merupakan mutasi dari dwarf.

GS (pp)
Spoiler for image:


Titanium: Patternless retic dgn wrn coklat.Prehistoric Pets telah memproduksi HET nya dari spesimen asli Hetnya dikenal dengan nama "CITRON".

TITANIUM (pp)
Spoiler for image:


Citron: Het dari titanium. seperti retic high yellow,polanya unik

CITRON (PP)
Spoiler for image:


Axanthic/Anerytheristic
pics: belum dpt

Ghost
pics: belum dpt

Orange Ghost Stripe
NERD
Spoiler for image:



## CO-Dominant\Dominant TRAITS ##

Tiger: Retic Tiger ini bentuk heterozygous dari Super Tiger.
dia memiliki bentuk pola yg berbeda dari "normal" dengan garis vertebral atau menyerupai tali polanya. Warna bervariatif dari coklat muda sampai kuning dan beberapa species dgn wrn kuning terang.Bagian mata bervariatif dari oranye hingga perak.Khususnya yang membawa HET dari mutasi yg resesif retic tiger dikenal dengan karakternya yang kalem.

TIGER owner badboys
Spoiler for image:


Super Tiger:Retic super tiger merupakan bentuk homozygous dari Tiger trait.Indentik dengan 4 titik hitam di bagian nostrilnya (hidung)

SUPER TIGER owner badboys
Spoiler for image:


SunFire: Sun Fire Retics menggambarkan variasi retic mainland di indonesia.Pola di bagian dorsal
typikal Lingkaran hitam (black ring).jumlah warna oranye dan emas yg tinggi di bagian anterior.
Dilihat dari dekat bagian ekornya seperti menyerupai matahari.

SUNFIRE (pp)
Spoiler for image:


Super Sunfire: ??? prehistoric pets
SUPER SUNFIRE HET ALBINO (pp)
Spoiler for image:


Platinum/Fire: "Platinum/Fire" adalah bentuk heterozygous dari retic Ivory. warna kuning yang dominan dengan perut berwarna putih.semakin tumbuh akan muncul wrn perakdia juga memiliki ekor berpola seperti medali mirip dgn sunfire.

PLATINUM/FIRE (pp)
Spoiler for image:
[/QUOTE]


Ivory: Retic Ivory adalah bentuk homozygous dari Platinum. Mutasi primary² (color & pattern)
retic putih dengan kombinasi krem.bagian perut dan kepala berwarna putih bersih. Matanya hitam tapi kalau dilihat di bawah sinar matahari pupilnya berwarna merah.The ivory punya 3 phase, the leucistic, ivory (white fire/super platinum),dan ultra ivory (ivory x platinum).

LEUCISTIC owner kal-el
Spoiler for image:


IVORY NERD
Spoiler for image:


ULTRA IVORY NERD
Spoiler for image:


Golden Child: NERD's Golden Child merupakan bentuk heterozygous dari trait yang belum diketahui.Dominan genetic "Golden Child" pertama kali ditemukan di Sulawesi tepatnya di Pulau Selayar.
bentuk aslinya dwarf,warna dasarnya emas kecoklatan badan tidak berpola dan bagian dorsal byk bintik2 hitam mirip granite,matanya biasanya berwarna putih keperakan.

GOLDEN CHILD NERD
Spoiler for image:


NERD's GC axanthic
Spoiler for image:


Golden Child het Calico X Calico =
BLACK GOLDEN CHILD NERD
Spoiler for image:


Anthrax: Bentuk homozygous (super form) dari Granite Backs,Mutasi primary² (color & pattern) Anthrax memiliki garis yang unik dan aneh.pertama kali ditemukan ber kelamin jantan Tangkapan alam WC, memiliki mutasi warna (axanthic) dan mutasi Pola/motif.warna pada umumnya putih,hitam dan abu2 tetapi pigmen kuning sering ditemukan di beberapaspesimen.Matanya perak kehijauan dan hitam.

ANTHRAX (pp)
Spoiler for image:


Granite Backed: Heterozygous dari Anthrax lebih dikenal dengan "Granite Backs".

GRANITE BACKED NERD
Spoiler for image:


graniteback X graniteback potensial akan muncul:
1. normals
2. axanthics dgn motif normal
3. granitebacks dgn warna normal
4. axanthic granitebacks (foto bawah)
5. anthrax pattern mutation with normal coloration (foto bawah)
6. anthrax pattern mutation AND color mutation (axanthic)
Spoiler for image:


NERD Citrus: Sangat kuning "hypoish" berbeda dgn yellowhead lainnya,kuningnya agak kehijauan.Gen citrus
SANGAT oren sekali albinonya sering dikenal juga dengan yellowbelly nya.

CITRUS NERD
Spoiler for image:

Spoiler for image:


>>>Hybrids<<<

Borneo Bat Eater: persilangan 50/50 Reticulated Python degan Burmese Python. perkimpoian silang secara typikal antara retic jantan dengan molu betina. matanya oranye sangat kental molunya dengan influnce retic.

BATEATER NERD
Spoiler for image:


Jungle Retic: "Jungle" Retics bat eater x retic normal.75/25 persilangan,kental di retic. Jungle Retics dalam satu clutch tidak ada yg sama patternnya,banded dan stripe menurut Andy Deitz NERD's Retic specialist.

JUNGLE RETIC NERD
Spoiler for image:


Jungle Platinum (bateater x Ivory) NERD
Spoiler for image:

Spoiler for image:


Jungle Burmese :"Jungle" Burms, Bat eater x burmese normal.75/25 persilangan,kental di Burmese.
pics NA

>>>Unproven & New Mutations<<<

Lemon Owner Henrysayangmama
Spoiler for image:


Plutonium PP
Spoiler for image:


Pied constrictorforum
Spoiler for image:


LemonGlow NERD
Spoiler for image:


Paradox HighEndHerp
Spoiler for image:


Calico RFUK (peter) >> warna mata yg variatif d calico
Spoiler for image:

Spoiler for image:


Jaguar (McCarthy boa)
Spoiler for image:


~ Clown/Hypo & calico sulawesi/Albino Paradox/Brindle/Ghost striped/Striped hyperxanthic...

CROSSES POSSIBILITY:
[code]
NORMAL X TIGER= 50% TIGER 50% NORMAL
TIGER X TIGER = 25% SUPER TIGER 50% TIGER 25% NORMAL
SUPER TIGER X NORMAL = 100% TIGERS
SUPER TIGER X SUPER TIGER = 100% SUPERS TIGERS
HET ALBINO X TIGER= 25% TIGER HET ALBINO, 25% TIGER, 25% Normal Het Albino, 25% Normal
HET ALBINO X SUPER TIGER= 50% TIGER HET ALBINO 50% TIGERS
SUNFIRE X SUNFIRE= 100% SUNFIRES
SUNFIRE X TIGER = 25% SUNTIGERS 25% SUNFIRE 25% TIGERS 25% NORMAL
SUPER TIGERS X SUNFIRE = 50% TIGERS 50% SUNTIGERS
SUN TIGER X SUNTIGER= 25% SUN SUPER TIGERS, 12.5% SUNFIRES 12.5% TIGERS 50% SUNTIGERS

Clark Strain Albino (type 1) :

Clark Strain ALBINO (type 1) X AMEL (type 2) = 100% DH
ALBINO X ALBINO = 100% ALBINOS 3 PHASE ( WHITE,LAVENDER,PURPLE)
WHITE X PURPLE= 100% ALBINOS 3 PHASE ( WHITE,LAVENDER,PURPLE)
LAVENDER X WHITE = 100% ALBINOS 3 PHASE ( WHITE,LAVENDER,PURPLE)
PURPLE X LAVENDER = 100% ALBINOS 3 PHASE ( WHITE,LAVENDER,PURPLE)
>>>>>>>>>>Dan Seterusnya<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<
HET ALBINO X ALBINO= 50% ALBINO 3 PHASE, 50% HET ALBINO
HET ALBINO X NORMAL = 50% HET ALBINO, 50% NORMAL
HET ALBINO X TIGER = 25% TIGER HET ALBINO , 25% TIGERS , 25% NORMAL HET ALBINO, 25% NORMAL
HET ALBINO X SUPER TIGER = 50% TIGERS HET ALBINO, 50% TIGERS
AMEL X AMEL = 100% AMELS
HET AMEL X AMEL = 50% AMEL, 50% HET AMEL
NORMAL X AMEL = 100% HETS AMELS
GENETIC STRIPE X NORMAL = 100% HETS GS
GENETIC STRIPE X ALBINO = 100% DH for ALBINO GS
DOUBLE HET GS ALBINO X DOBLE HET GS ALBINO = 25% GENETIC ALBINO, 50% DOUBLE HETS, 25% NORMAL
GENETIC STRIPE X TIGER = 50% TIGER HET GS, 50% HETS GS
 
Old 25th February 2011   # 4
 

Y451R's Avatar
Moderator
Join : Nov 2010
Place : Sabah-Malaysia
Posts : 543
Y451R is blessedY451R is blessedY451R is blessedY451R is blessedY451R is blessedY451R is blessedY451R is blessedY451R is blessedY451R is blessedY451R is blessedY451R is blessed 10
Send a message via Yahoo to Y451R Send a message via Skype™ to Y451R
masukin index aja om pijay...
 
Old 1st March 2011   # 5
No Avatar
Member
Join : Nov 2010
Posts : 41
biludak mempunyai hidup yang Normal 0
THREAD STARTER
Quote:
Originally Posted by Y451R View Post
masukin index aja om pijay...
index gimana maksudnya? :
 
Old 1st March 2011   # 6
 

Y451R's Avatar
Moderator
Join : Nov 2010
Place : Sabah-Malaysia
Posts : 543
Y451R is blessedY451R is blessedY451R is blessedY451R is blessedY451R is blessedY451R is blessedY451R is blessedY451R is blessedY451R is blessedY451R is blessedY451R is blessed 10
Send a message via Yahoo to Y451R Send a message via Skype™ to Y451R
Quote:
Originally Posted by biludak View Post
index gimana maksudnya? :
klaim ke sini om http://ceriwis.us/showthread.php?t=80418
 
Old 2nd March 2011   # 7
No Avatar
Member
Join : Nov 2010
Posts : 41
biludak mempunyai hidup yang Normal 0
THREAD STARTER
Quote:
Originally Posted by Y451R View Post

biar risman aja yang masukin sendiri. apa gunannya dia jadi moderator klo kita harus laporan dia kan harus rajin cek dong hahaha
 
Old 3rd March 2011   # 8
 

Y451R's Avatar
Moderator
Join : Nov 2010
Place : Sabah-Malaysia
Posts : 543
Y451R is blessedY451R is blessedY451R is blessedY451R is blessedY451R is blessedY451R is blessedY451R is blessedY451R is blessedY451R is blessedY451R is blessedY451R is blessed 10
Send a message via Yahoo to Y451R Send a message via Skype™ to Y451R
Quote:
Originally Posted by biludak View Post
biar risman aja yang masukin sendiri. apa gunannya dia jadi moderator klo kita harus laporan dia kan harus rajin cek dong hahaha
momodnya di sini saya om
tp kan yg jd TS trid index si risman jd klaim tetep ke risman. ane ga bisa main utik2 trid orang om
 
Old 4th March 2011   # 9
No Avatar
Member
Join : Nov 2010
Posts : 41
biludak mempunyai hidup yang Normal 0
THREAD STARTER
Quote:
Originally Posted by Y451R View Post
momodnya di sini saya om
tp kan yg jd TS trid index si risman jd klaim tetep ke risman. ane ga bisa main utik2 trid orang om

oh gitu ya ok lah klo gitu nanti saya klaim.
bagi pisangnya ya jng pelit2.
 
Old 5th March 2011   # 10
 

Y451R's Avatar
Moderator
Join : Nov 2010
Place : Sabah-Malaysia
Posts : 543
Y451R is blessedY451R is blessedY451R is blessedY451R is blessedY451R is blessedY451R is blessedY451R is blessedY451R is blessedY451R is blessedY451R is blessedY451R is blessed 10
Send a message via Yahoo to Y451R Send a message via Skype™ to Y451R
Quote:
Originally Posted by biludak View Post
oh gitu ya ok lah klo gitu nanti saya klaim.
bagi pisangnya ya jng pelit2.
pisang apaan nih om? saya ga jualan pisang
klo di sini istilahnya melon om bukan pisang
 
Sponsored Links
Balas Posting

« Thread Sebelumnya | Thread selanjutnya »
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search



Switch to Mobile Mode