Login to Website

Login dengan Facebook
Mau Beriklan di Ceriwis? Klik disini

  Home Burung Garuda, lambang negara kita bukanlah mitos. mereka nyata dan terancam punah.

Balas Posting
SHORT URL : http://ceri.ws/8642
 
Thread Tools
Old 24th February 2010   # 1
 

Ankgha's Avatar
Ceriwis Lover
Join : Jan 2010
Place : pinggiran jakarta
Posts : 1,477
Ankgha memiliki reputasi yang sangat baikAnkgha memiliki reputasi yang sangat baikAnkgha memiliki reputasi yang sangat baikAnkgha memiliki reputasi yang sangat baikAnkgha memiliki reputasi yang sangat baikAnkgha memiliki reputasi yang sangat baik 8
THREAD STARTER
Send a message via Yahoo to Ankgha

Burung Garuda, lambang negara kita bukanlah mitos. mereka nyata dan terancam punah.


ELANG JAWA, LAMBANG NEGARA YANG HARUS DIJAGA

Adakah di antara kita yang tidak tahu apa lambang negara RI?

Pastilah semua tahu, kecuali mungkin saudara-saudara kita yang hidup sebagai suku terasing di pedalaman, dan yang belum melek huruf. Saya selalu bangga memandang burung garuda yang dengan gagah mengembangkan sayapnya, yang kedua kakinya mencengkeram pita bertuliskan “Bhineka Tunggal Ika”, dan yang di dadanya tergantung perisai berlambang Pancasila. Apalagi jika kita berada di negeri orang yang jauh, memandang lambang negara kita sungguh membuat hati terharu.



Nah, dimanakah kita bisa melihat burung garuda yang asli, yang terbang mengepakkan sayapnya dengan gagah di atas bumi Indonesia? Apakah burung garuda itu benar-benar ada, atau hanya legenda yang hidup di alam khayal para pendiri negara kita dulu, yang dipetik dari kisah mitos dalam buku cerita?



Burung garuda itu benar-benar ada, disebut Elang Jawa atau Spizaetus Bartelzi. Ia hidup di hutan hujan tropis yang ada di Jawa, di puncak-puncak pohon yang tingginya 20 – 30 meter di atas permukaan tanah. Jika tidak di hutan yang merupakan habitat aslinya, Elang Jawa bisa kita jumpai terkurung di kandang para kolektor burung langka, di dalam kantong kain para pemburu burung, atau terpuruk di kandang sempit, di lorong kumuh pasar burung Ngasem (Yogya) atau pasar Pramuka (Jakarta).

Tragis? Itulah realita yang dialami burung yang menjadi lambang negara kita …




Burung Elang Jawa adalah yang disebut sebagai Garuda, simbol negara kita (foto : indrakila.com )

Jika menilik kembali ke lambang negara kita, siapakah sebenarnya pencipta Garuda Pancasila? Beliau adalah Sultan Hamid II, yang terlahir dengan nama Syarif Abdul Hamid Alkadrie, putra sulung Sultan Pontianak, Sultan Syarif Muhammad Alkadrie. Beliau lahir pada tanggal 12 Juli 1913, dan wafat pada tanggal 30 Maret 1978. Sultan Hamid II memiliki sejarah panjang dalam perjuangan kemerdekaan RI. Beliau memiliki pendidikan militer di KMA Breda, Belanda, ikut terlibat dalam perang-perang kemerdekaan, maupun perundingan-perundingan antara Indonesia dan Belanda.

Setelah Indonesia merdeka, Sultan Hamid II menjadi salah satu pejabat penting pada masa pemerintahan Presiden Soekarno, yaitu Menteri Negara RIS. Melalui serangkaian proses yang cukup panjang, lambang negara Indonesia, Garuda Pancasila ciptaan Sultan Hamid II diperkenalkan oleh Presiden Soekarno untuk pertama kalinya di Hotel Des Indes Jakarta (Hotel Indonesia yang — sangat menyedihkan — sekarang sudah almarhum, dijual oleh Megawati sewaktu menjadi Presiden RI) pada 15 Februari 1950.



Sultan Hamid II, desain awal Garuda Pancasila, dan desain final yang kita pakai hingga sekarang.

Burung Elang, Rajawali, Garuda, atau Eagle, menjadi lambang negara bukan saja Indonesia, tetapi sedikitnya 27 negara lain di dunia. Kegagahan dan kemegahan burung ini diakui berbagai bangsa di dunia, sehingga dijadikan sebagai lambang negara yang dibanggakan dan dihormati.



Elang, Rajawali, atau Eagle, menjadi lambang negara Amerika Serikat (kiri) dan Mesir (kanan)

Semoga Elang Jawa tetap hidup di Indonesia. Semoga legenda hidup yang menjadi lambang negara ini tidak punah di habitat aslinya, dan tidak berakhir tragis, kehilangan jati dirinya sebagai elang di kandang burung !

Garudaku, Terbanglah Tinggi di Angkasa … Tuti Nonka's Veranda

Tambahan...

menurut mitologi kebudayaan hindu..
garuda dijelaskan sebagai dewa berwujud setengah manusia dan setengah burung..
tapi apakah yang digambarkan dalam lambang negara kita, garuda berbentuk seperti yang digambarkan mitologi hindu..??
memiliki tubuh layaknya manusia tapi berkepala seperti burung..!!
itulah mengapa garuda dalam kontek arti lambang negara dengan mitologi hindu berbeda..!!
garuda dalam artian hindu adalah dewa..!!
sedangkan garuda dalam artian lambang negara kita adalah sesosok yang menyerupai burung elang jawa..!!

 
Sponsored Links.
Old 24th February 2010   # 2
 

cheetah.wonka's Avatar
Newbie
Join : Feb 2010
Place : Parijs Van Java
Posts : 36
cheetah.wonka mempunyai hidup yang Normal 0
Send a message via Yahoo to cheetah.wonka Send a message via Skype™ to cheetah.wonka
waah... ini inpo bgus ko 'g ad yg komen... mna rasa nasionalisme ndan, mass, miss ceriwis sekalian...

hidup Indonesia! MERDEKA... :ilove::courage:
 
Old 24th February 2010   # 3
 

jenggot's Avatar
Ceriwis Lover
Join : Dec 2009
Place : behind of my mother n fat
Posts : 1,292
jenggot memiliki kawan yg banyakjenggot memiliki kawan yg banyakjenggot memiliki kawan yg banyak 7
Send a message via Yahoo to jenggot
gw termasuk orang yg menyayangi burung..di rumah gw ada 3 burung, 2 elang dan 1 burung hantu..
nah, elang yg gw punya itu salah satu yg dilindungi kayak elang jawa ini..elang gw jenis BIDO..
tapi gw tanggungjawab karena gw emang pecinta binatang...tapi kalo misal gw dapet elang jawa sumpah gak akan gw piara..pasti gw serahin ke dinas terkait...karena emang elang jawa adalah elang yang dilindungi karena simbol negara...
 
Old 24th February 2010   # 4
 

Ankgha's Avatar
Ceriwis Lover
Join : Jan 2010
Place : pinggiran jakarta
Posts : 1,477
Ankgha memiliki reputasi yang sangat baikAnkgha memiliki reputasi yang sangat baikAnkgha memiliki reputasi yang sangat baikAnkgha memiliki reputasi yang sangat baikAnkgha memiliki reputasi yang sangat baikAnkgha memiliki reputasi yang sangat baik 8
THREAD STARTER
Send a message via Yahoo to Ankgha
Quote:
Originally Posted by jenggot View Post
gw termasuk orang yg menyayangi burung..di rumah gw ada 3 burung, 2 elang dan 1 burung hantu..
nah, elang yg gw punya itu salah satu yg dilindungi kayak elang jawa ini..elang gw jenis BIDO..
tapi gw tanggungjawab karena gw emang pecinta binatang...tapi kalo misal gw dapet elang jawa sumpah gak akan gw piara..pasti gw serahin ke dinas terkait...karena emang elang jawa adalah elang yang dilindungi karena simbol negara...
wuihhh...
mantab om jenggot...
yg jenis BIDO kyk mn om...???

Last edited by Ankgha; 24th February 2010 at 10:49 PM.
 
Old 24th February 2010   # 5
 

voguerevenge's Avatar
Member Aktif
Join : Feb 2010
Posts : 247
voguerevenge mempunyai hidup yang Normal 0
Kereeen banget !!!
Kalo boleh taw,
bahasa inggrisnya elang kan eagle.
kalo garuda apa ?!
 
Old 24th February 2010   # 6
 

Ankgha's Avatar
Ceriwis Lover
Join : Jan 2010
Place : pinggiran jakarta
Posts : 1,477
Ankgha memiliki reputasi yang sangat baikAnkgha memiliki reputasi yang sangat baikAnkgha memiliki reputasi yang sangat baikAnkgha memiliki reputasi yang sangat baikAnkgha memiliki reputasi yang sangat baikAnkgha memiliki reputasi yang sangat baik 8
THREAD STARTER
Send a message via Yahoo to Ankgha
Quote:
Originally Posted by voguerevenge View Post
Kereeen banget !!!
Kalo boleh taw,
bahasa inggrisnya elang kan eagle.
kalo garuda apa ?!
Mythical bird...
klo ga salah ndan...
 
Old 24th February 2010   # 7
 

jenggot's Avatar
Ceriwis Lover
Join : Dec 2009
Place : behind of my mother n fat
Posts : 1,292
jenggot memiliki kawan yg banyakjenggot memiliki kawan yg banyakjenggot memiliki kawan yg banyak 7
Send a message via Yahoo to jenggot
Quote:
Originally Posted by Ankgha View Post
wuihhh...
mantab om jenggot...
yg jenis BIDO kyk mn om...???
komendan liat di pesbuk gw aja ndan..disitu ada kok gambar gw bareng elang bido, tu elang kesayangan anak gw
 
Old 25th February 2010   # 8
 

isi ulang's Avatar
Member Aktif
Join : Feb 2010
Place : kamar mulan jameela
Posts : 208
isi ulang mempunyai hidup yang Normal 0
bener banged dan ini salah satu hewan paling dilindungi di indonesia bahkan ini adalah elang paling mahal di dunia...
 
Old 25th February 2010   # 9
No Avatar
Banned
Join : Feb 2010
Posts : 30
ceriwis.plagiat is a New Born 0
mangstab gan
 
Old 25th February 2010   # 10
 

Paspampres's Avatar
Member
Join : Feb 2010
Posts : 81
Paspampres mempunyai hidup yang Normal 0
Quote:
Originally Posted by isi ulang View Post
bener banged dan ini salah satu hewan paling dilindungi di indonesia bahkan ini adalah elang paling mahal di dunia...
Setuju Ndan...tapi jangan hanya melindungi hewannya saja [Red : Elang Jawa]. Kita sebagai elemen Bangsa Indonesia juga harus senantiasa MENJAGA "keutuhan" makna dari GARUDA PANCASILA...!

SEMATKAN GARUDA DI DADAMU...
JAYALAH NEGERIKU...JAYALAH INDONESIAKU !!
 
Sponsored Links
Balas Posting

« Thread Sebelumnya | Thread selanjutnya »
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search



Switch to Mobile Mode