Report: Around 300 Addresses Contain 80% of Tether Supply

Ceriwis – Perusahaan riset pasar crypto yang berbasis di Coin Coin Metrics mengatakan bahwa 318 alamat memegang setidaknya $ 1 juta senilai Tether (USDT), yang terdiri dari 80% dari pasokan Tether global.

Bloomberg melaporkan temuan perusahaan tersebut dalam laporan pada 7 Agustus. Co-founder Coin Metrics Nic Carter juga menyebutkan bahwa beberapa paus USDT termasuk pertukaran crypto besar, seperti Binance dan Bitfinex.

Laporan tersebut juga mencatat bahwa hal ini sangat berbeda dari distribusi Bitcoin (BTC), di mana paus tampaknya hanya memegang sekitar 20% dari total pasokan token. Selain itu, lebih dari 20.000 alamat BTC dilaporkan memiliki setidaknya aset senilai $ 1 juta.

Namun, meskipun Bitcoin didistribusikan secara lebih merata di antara basis penggunanya, paus USDT mungkin dapat mengayunkan harga Bitcoin sendiri, seperti yang disarankan oleh University of Texas di profesor keuangan Austin John Griffin:

“Konsentrasi Tether menunjukkan bahwa kendali Tether ada di tangan beberapa pemain sentral yang dapat mengayunkan harga Bitcoin, dan memiliki kepentingan pribadi untuk melakukannya Ini juga menunjukkan bahwa banyak pemain pertukaran memiliki kepentingan pribadi dalam hal ini. menjaga permainan Tether tetap berjalan. “

Menurut laporan itu, Griffin konon mengaitkan USDT dengan manipulasi pasar dan reli ke tertinggi sepanjang masa pada 2017. Menurut Sid Shekhar, salah satu pendiri pelacak pasar TokenAnalyst, ada juga kekhawatiran pasar terkait dengan volatilitas yang datang ke bermain kapan pun sejumlah besar USDT disuntikkan ke pasar.

Tether terus tumbuh

Seperti yang sebelumnya dilaporkan oleh Ceriwis, USDT sekarang ditawarkan di Bitfinex melalui protokol blockchain lain untuk Bitcoin – sidechain Liquid Network BlockStream. USDT, di masa lalu, dijalankan di blockchain Omni. Liquid juga berencana untuk membuat USDT berbasis Liquid tersedia di bursa crypto lainnya di masa depan, termasuk OKEx, OKCoin, BTSE, BTCTrader / BtcTurk, RenrenBit dan Sideshift AI.