Ceriwis

Selamat Jalan, Bapak Password Komputer

Fernando Corbato, bapak password komputer meninggal di usia 93 tahun.

Ceriwis – Dunia keamanan komputer baru saja kehilangan salah satu penggagasnya. Fernando ‘Corby’ Corbato, yang merupakan salah satu pencipta sistem password komputer, meninggal dunia di usia 93 tahun.

Peneliti dari MIT itu merancang konsep akun komputer yang dilindungi oleh password. Saat itu pada awal 1960-an, ia juga sedang membangun sistem bernama Compatible Time-Sharing System (CTSS) yang memungkinkan banyak orang menggunakan satu komputer dalam waktu yang sama.

Mungkin apa yang digagas Corbato terkait privasi dasar dari penggunaan komputer itu sederhana, tapi apa yang ia lakukan membantu membentuk keamanan digital.

Selain itu, jasa Corbato lewat CTSS juga tidak bisa dikesampingkan. Penggunaan model CTSS dapat mengurangi waktu tunggu respons komputer dari berjam-jam menjadi hitungan detik saja, membuat teknologi jauh lebih praktis.

Sistem berbagi waktu yang ia kembangkan menjadi jalan bagi sistem operasi seperti Linux untuk membuat kendali privasi, pengelolaan sistem file hierarkis, dan fitur keamanan lainnya yang ada sekarang.

Ia juga dikenal dengan teori ‘Corbato’s Law’, yang mengklaim jika programmer akan menulis kode dalam jumlah sama meski menggunakan bahasa yang berbeda.

Beberapa tahun ini, Corbato menyadari jika ada masalah pada password. Ia mengatakan kepada The Wall Street Journal, internet membuat proses login dengan password menjadi seperti ‘mimpi buruk’.

Bukan hal aneh lagi jika industri internet saat ini berupaya untuk meninggalkan sistem password untuk menghindari pembajakan dan juga meningkatkan efisiensi.

Tapi, tetap saja karya-karya Corbato selalu terkenang dalam membantu membangun sistem komputasi modern.

Melanie Putri

Tidak ada komentar