Ceriwis

Senilai Rp 42 Miliar, Tumblr Diakuisisi oleh Pemilik WordPress

Platform media sosial Tumblr.
Ceriwis – Kabar mengejutkan datang dari situs blog populer Tumblr. Sang pemilik platform, Verizon, dilaporkan sepakat melepas Tumblr ke pemilik WordPress, Automattic Inc..
Nilai transaksi yang disepakati kabarnya kurang dari 3 juta dolar AS atau sekitar Rp 42 miliar. Angka ini turun cukup signifikan dibanding saat Yahoo membeli Tumblr pada 2013 lalu. Kala itu, nilainya tembus 1,1 miliar dolar AS.
CEO Media Verizon, Guru Gowrappan mengatakan, akuisisi Tumblr akan membuka kesempatan baru untuk situs blog ini berkembang dan berdampak baik.
“Kami bangga dengan apa yang telah dicapai tim dan senang telah menemukan mitra yang sempurna di Automattic, yang keahlian dan rekam jejaknya akan membuka kemungkinan baru dan menarik bagi Tumblr dan penggunanya,” katanya dalam sebuah pernyataan resmi, seperti dilansir The Verge.
Ilustrasi Tumblr.
Dilihat dari rekam jejaknya, Tumblr pernah menjadi situs blog populer yang menjadi alternatif dari blogspot maupun WordPress. Tetapi, popularitasnya menurun begitu diambil alih Yahoo dan Verizon.
Tumblr dianggap kalah bersaing dengan platform media sosial lain, seperti Instagram, Snapchat, Facebook dan YouTube, yang bergerak cepat dengan menghadirkan berbagai fitur dan menjadi kekuatan budaya baru yang jauh lebih besar. Meski demikian, Tumblr memang masih memiliki komunitas yang sangat aktif dan setia.
Konten dewasa dilarang di Tumblr
Ada analisis yang mengatakan Tumblr semakin terpuruk ketika Verizon memutuskan untuk melarang konten dewasa di platform tersebut pada Desember 2018. Sebelumnya, konten dewasa memang menjadi hal sensitif di Tumblr, bahkan pemerintah Indonesia sempat memblokir Tumblr karena hal tersebut.
Tumblr dikenal sebagai tempat yang aman bagi banyak anggota LGBTQ yang menggunakan platform ini untuk mengeksplorasi dan mengekspresikan seksualitas mereka dan menemukan komunitas online yang memiliki minat yang sama.
Keputusan untuk melarang semua jenis konten dewasa menyebabkan banyak orang memboikot situs tersebut. Larangan itu juga mengasingkan sebagian besar basis pengguna Tumblr.
Sejumlah siswa mengerjakan soal UASBN 2019 menggunakan ponsel di MAN 2 Model Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu (20/3).
Setelah akusisi ini, tidak ada rencana untuk membalikkan keputusan itu. CEO Automattic Inc., Matt Mullenweg mengatakan hal itu kepada The Wall Street Journal. Tumblr akan bertindak sebagai situs “pelengkap” untuk WordPress.
“Kami tidak akan mengubah itu semua,” katanya.
Tidak jelas layanan apa yang dapat dibagikan oleh kedua perusahaan tersebut, tetapi kemungkinan WordPress akan memanfaatkan kemampuan antarmuka Tumblr di perangkat seluler yang lebih baik.
Tumblr didirikan oleh David Karp pada tahun 2007. Karp meninggalkan perusahaan pada November 2017, dan tidak menyebutkan alasannya pada saat itu, tetapi dia menulis di blog pribadi bahwa dia percaya pada masa depan perusahaan yang dirikannya.

Bella Priscilla

Tidak ada komentar