Pembalap Repsol Honda Marc Marquez di Sirkuit Motorland Aragon, 25 September 2015. (MotoGP.com)
Aragon - Marc Marquez kembali kompetitif sejak Grand Prix Belanda setelah motor Honda RC213V miliknya memakai lagi sasis tahun 2014 dan dia juga mengubah gayanya membalap untuk menyesuaikan diri.
"Bisa kita bilang bahwa saya menyesuaikan gaya membalap dengan motor ini dan dengan karakternya, karena ketika saya selip seperti tahun lalu, saya tak bisa menghentikan motornya," kata Marquez di Sirkuit Motorland Aragon, Spanyol, Kamis (25/9) waktu setempat.
"Sekarang, khususnya di sirkuit ini, itulah masalah terbesar kami. Saat mencoba menghentikan motornya, ban belakang banyak selip."
Salah satu perubahan paling mendasar adalah dia harus mengerem lebih dini dibandingkan tahun lalu ketika dia berhasil mempertahankan titel juara dunia MotoGP.
"Tentu saya tidak bisa telat mengerem seperti tahun lalu, tapi saya perlu sedikit mengubah gaya membalap, mengerem agak lebih dini dan berusaha tetap menambah kecepatan di tikungan," ujarnya.
Masalah di ban belakang itu membuat Marquez banyak bertumpu pada ban depan dalam pengereman di tikungan.
“Tahun ini saya hanya bisa melambatkan motor dengan ban depan, artinya kami memberi lebih banyak tekanan pada ban depan, sehingga sering saya harus mengerem lebih awal karena sangat sulit untuk terus memaksa ban depan di sepanjang balapan," jelasnya.
Khusus sirkuit Aragon, di mana pengereman terjadi dalam sudut kemiringan motor yang lebih kecil, Marquez menjadi lebih khawatir dengan gejala ban selip.
"Namun kami menjalankan tugas dengan sangat baik, dan motor ini kompetitif. Anda bisa merebut kemenangan dengannya jika semuanya sempurna," kata Marquez.