Toms adalah sebuah perusahaan yang menjual sepatu dan sekarang juga mencoba menjual kacamata. Produk-produk mereka ditujukan untuk anak muda dengan model yang cukup unik. Lalu apa istimewanya? Istimewanya adalah karena ada �cerita di balik produk� sepatu atau kacamata yang dijual.
Begini ceritanya� Setiap Anda membeli sepasang sepatu Toms, sepasang sepatu lain akan disumbangkan ke orang-orang yang membutuhkan di negara lain. Hal yang sama berlaku dengan kacamata.
Mekanisme ini tentu saja memberikan dampak sangat besar bagi penjualan sepatu dan kacamata Toms. Cerita yang tersebar luas di balik produk Toms membuat siapapun yang mengenakan sepatu atau kacamata Toms merasa dirinya adalah �orang baik� yang telah meringankan kebutuhan orang-orang lain yang sedang berkesusahan. Persepsi yang tercipta adalah: �Pada saat Anda mengenakan sepatu Toms, ada sepasang sepatu lainnya yang akan dipasangkan pada seorang anak di negara miskin�.
Video ketika Toms membagikan produk mereka kepada masyarakat miskin di negara-negara Afrika menjadi senjata publikasi yang sangat efektif. Produk Toms yang dijual dengan harga cukup mahal, laris manis dan menjadi trend bagi anak muda di Amerika dan Eropa.
Saya pribadi tidak terlalu menyukai model sepatu Toms dan harganya relatif mahal bagi kantong saya. Namun jika suatu saat produk ini dijual di Indonesia, kemungkinan besar saya menjadi pembelinya. Saya membeli ceritanya, lebih daripada produknya.