
29th January 2011
|
 |
Ceriwis Geek
|
|
Join Date: Nov 2010
Location: PIC#01
Posts: 19,459
Rep Power: 0
|
|
Toyota Luncurkan Mobil Sport FT-86 Maret Mendatang
Toyota FT-86 (theautochannel.com)
Quote:
TEMPO Interaktif, Tokyo:Setelah beberapa kali dikabarkan nengalami perubahan jadwal, peluncuran mobil sport Toyota FT-86 akhirnya mendapatkan kepastian. Toyota Motor Corporation (Toyota) mengaku akan meluncurkan mobil sport tersebut pada Maret mendatang.
"Rencananya, FT-86 diluncurkan di gelaran Geneva Auto Show 2011, Maret mendatang," sebut siaran pers pabrikan itu seperti dilansir theautochannel.com, Kamis (27/1).
Tak cuma itu. Produsen mobil terbesar sejagad itu, juga memastikan bahwa tampilan FT-86 tak meleset jauh dari versi konsepnya. Toyota bersama mitranya, Subaru, memang sangat berhati-hati dalam mengerjakan proyek ini.
Maklum, FT-86 juga digadang-gadang menjadi penanda kelahiran kembali mobil sport besutan Toyota di masa mendatang. Sebab, sejarah mobil sport Toyota yang dimulai 50 tahun lalu, kini terasa mendeg. Beberapa mobil sport seperti Levi, Trueno, Supra, Altezza dan MR-S kini tak diproduksi lagi.
Perjalanan proyek FT-86 memang tak berlangsung mulus. Sejumlah kendala harus dihadapi Toyota dan Subaru. Catatan menunjukkan, penggarapan konsep mobil ini dimulai April 2008. Namun, belum genap setahun yaitu Februari 2009, proyek ini telah menghadapi kendala. Kegiatan terhenti akibat badai krisis meremukkan ekonomi dunia.
Enam bulan kemudian, atau Agustus 2009 Toyota memberi sinyal proyek tersebut bisa dilanjutkan, dan bahkan konsep mobil diboyong ke perhelatan Tokyo Motor Show 2009 pada Oktober.
Hanya, empat bulan kemudian atau Februari 2010, kendala kembali menghadang. Kala itu, Toyota dikabarkan menolak konsep desain mobil itu. Akibatnya, kepastian jadwal peluncuran pun kembali tak menentu.
Tetapi itu tak berlangsung, dan proyek kembali dilanjutkan, tetapi hingga saat itu belum ada kepastian seperti apa profil FT-86 versi produksi.
Laman motorauthority.com (31/10) menulis, mobil berjuluk Hachiroku ini menggunakan konsep sporty dengan kursi 2+2 dan mengadopsi gaya RWD Corolla AE86. Meski FT-86 diklaim sebagai mobil ramah lingkungan, tetapi tetap mengutamakan kecepatan yang selama ini menjadi keunggulan Toyota dan Subaru.
Mesinnya berkapasitas 2.000 cc empat silinder, yang menyemburkan tenaga hingga 200 daya kuda. Tenaga sebesar itu disalurkan ke roda melalui transmisi manual enam kecepatan. Toyota melengkapinya dengan rem Advics sebagai sarana yang aman untuk menghentikan mobil.
Kini, perjalanan proyek tersebut segera mencapai garis finish. Akankah FT-86 benar-benar menjadi tonggak sejarah baru seperti yang digadang-gadang Toyota? Waktulah yang akan membuktikan.
ARIF ARIANTO
|
|