Buat para juragan semua yang menunggangi SUZUKI SHOGUN disinilaah kita bertukar informasi.
All about SUZUKI SHOGUN .
SPESIFIKASI SUZUKI Shogun 110
General information
Model : Suzuki Shogun R 110
Year : 2003
Category : Minibike, sport
Rating : 56.6 out of 100. Show full rating and compare with other bikes
Engine and transmission
Displacement : 109.00 ccm (6.65 cubic inches)
Engine type : Single cylinder, four-stroke
Top speed : 120.0 km/h (74.6 mph)
0-100 km/h (0-62 mph) : 25.000 seconds
Compression : 9.3:1
Valves per cylinder : 2
Fuel system : Carburettor. Mikuni VM17SH
Fuel control : OHC
Ignition : DC-CDI
Lubrication system : Wet sump
Cooling system : Air
Transmission type,
final drive : Chain
Clutch: auto clutch
Exhaust system : Single Steel Pipe
Chassis, suspension, brakes and wheels
Front tyre dimensions : 2.50-17
Rear tyre dimensions : 2.75-17
Front brakes : Single disc. 2-piston calipers
Rear brakes : Expanding brake (drum brake)
Physical measures and capacities
Dry weight : 105.0 kg (231.5 pounds)
Weight incl. oil, gas, etc : 108.0 kg (238.1 pounds)
Overall height : 1,200 mm (47.2 inches)
Overall length : 1,930 mm (76.0 inches)
Overall width : 710 mm (28.0 inches)
Ground clearance : 143 mm (5.6 inches)
Wheelbase : 1,225 mm (48.2 inches)
Fuel capacity : 4.50 litres (1.19 gallons)
Other specifications
Starter : Electric & kick
Color options : red black
SPESIFIKASI SUZUKI New Shogun 125
[/quote]
Quote:
KECANGGIHAN DAN KEUNGGULAN SUZUKI SHOGUN F1
Kebanyakan masyarakat Indonesia masih belum bisa menerima kemajuan tehnologi di bidang industri sepeda motor, dengan alasan mahal lah, repot kalau terjadi masalah di jalan dan lain sebagainya.
Ok, kita kupas agak mendalam kecanggihan dan keunggulan dari SUZUKI Shogun 125 Injeksi, dibandingkan motor memakai pengabut bahan bakar karburator dan motor injeksi merk lain.
Motor yang memakai sistem injeksi pastinya lebih presisi dalam penyemprotan bahan bakarnya karena di dukung oleh sensor-sensor yang akan melaporkan keadaan mesin pada saat itu ke ECM (Electric Control Module), sehingga ECM akan memperhitungkan berapa banyak bahan bakar yang akan di semprotkan ke dalam ruang bakar.Yang pastinya akan berakibat hematnya penggunaan bahan bakar dan bersihnya ruang bakar karena pembakaran selalu sempurna.
SUZUKI SHOGUN Injeksi pastinya lebih unggul dari motor injeksi merk lain, karena sensor yang di pasang di SUZUKI SHOGUN F1 lebih banyak (ada 7 sensor) dari motor lain. Sensor apa saja yang ada pada SUZUKI SHOGUN F1:
1. Sensor Temperatur Intake
2. Sensor Tekanan Udara
3. Sensor pengatur jumlah udara yang ada di dalam intake
4. Sensor Temperatur Mesin, Khususnya di ruang silinder
5. Sensor pengukur gas buang pada knalpot
6. Sensor Crank position
7. Sensor Tip Over
Keunggulan SUZUKI SHOGUN F1 lainnya adalah Pompa bahan bakar SUZUKI SHOGUN F1 menjadi satu dengan injektor, jadi SUZUKI SHOGUN F1 tidak memerlukan selang yang kuat tekanan tinggi seperti motor injeksi lainya yang letak pompa bahan bakarnya berada di tangki bahan bakar.Dan SUZUKI SHOGUN F1 telah dites oleh tester independen tabloid otomotif dan SUZUKI SHOGUN F1 yang lebih Unggul.
Dan SUZUKI SHOGUN F1 juga membawa keunggulan lainya yang telah di punyai SHOGUN 125 seperti :
1. Engine Balancer
2. Throttle position switch
3. Combustion Chamber
4. SUZUKI Composite Electrochemical Material ( SCEM )
5. Casting wheel
6. Double disk brake
|
Quote:
Suzuki menurunkan Shogun SP sebagai senjata pamungkas untuk kelas bebek 125cc. Mengusung engine 4 tak, 124.1 cc, SOHC sanggup mengeluarkan power 10.8 PS pada 8000 RPM (paling gede di kelasnya). Transmisinya menggunakan 4 percepatan. Dari sisi tarikan terasa cukup kenceng dan ini udah pake kopling. Top speed shogun SP bisa mencapai 120 km/h.
Dari sisi pengereman depan belakang udah menggunakan cakram. Bannya juga standard (depan 70/90-17, sedangkan belakang 80/90-17) mirip lah dengan bannya satria pakai IRC juga. Demikian juga velgnya mirip plek-plek. Starter nya menggunakan kick starter, nggak ada electric starter. Dibawah jok selain tanki bensin, juga ada bagasi kecil lumayan walau Shogun SP ini tarikannya responsif, namun penggunaan bahan bakarnya lumayan irit 1 liter bisa nyampe plus minus 55 km.
Keluhan yang sering adalah bunyi nyit-nyit pada pada cakram belakang. Hal ini disebabkan Shogun SP menerapkan cakram, kaliper dan velg punya satria tapi nggak diimbangin dengan swing armnya. Swing arm Shogun relatif kecil dibandingin satria Fu150. Untuk mengatasinya banyak yang nambahin ring 2mm di as roda belakang, agar kaliper nggak jepit cakram. Keluhan lain adalah agak susah dinetralin neh gigi nya dimajuin menjadi gigi 1, dimundurin menjadi gigi 2 netralnya agak susah.
Untuk meningkatkan kestabilan dan handling, banyak yang mengganti ban shogun SP Standard dengan ban tubeless 80/90-17 untuk depan, dan 90/80-17 untuk belakang. Sekilas engine shogun dan smash mirip, namun shogun menggunakan engine block dari Jepang sedangkan smash menggunakan engine block dari Siam yang lebih murah.
Untuk inreyen motor, banyak yang menyarankan jangan digeber dulu sampe 2000 km, tapi banyak pula yang menyarankan cukuplah 500 km. Dari pengalaman saya 500 km sudah cukup, setelah itu ganti oli dengan yang bagusan Anyway, dengan harga Ep. Rp. 13,2 juta rupiah fitur yang diberikan Shogun SP bolehlah tarikan ngacir, rem udah cakram, full kopling.
|
Quote:
Upgrade Performa Suzuki Shogun SP
BLOK SILINDER DAN PISTON
Blok standar dikorter 4 mm, agar piston Suzuki Thunder oversize 50 (57,5 mm) bisa masuk.
Cara ini, membuat volume silinder Shogun jadi 143,3 cc.
Agar tak membentur kepala silinder, bibir piston dibubut, lalu diameter dome dibikin 40 mm.
KEPALA SILINDER
Agar kompresi lebih tinggi, kop dibubut sebanyak 1 mm.
"Yang jelas mesti pakai Pertamax biar enggak ngelitik".
Lalu saluran in dan ex dihaluskan kulit jeruknya, agar aliran bahan bakar lebih lancar.
NOKEN AS DAN PER KLEP
Dibubut sebanyak 1 mm agar angkatan klep lebih besar.
Lalu dijodohkan dengan per klep Honda Sonic, yang memiliki kekakuan lebih besar, sehingga pada rpm tinggi klep tak floating.
"Pasang pernya cukup yang besar saja,".
FILTER
Agar pemasukan udara lebih banyak, kertas filter dilubangi beberapa bagian.
"Sedikit saja pada bagian tengah, agar sedikit lebih plong,"
KNALPOT
Kelancaran saluran pelepas gas buang berpengaruh pada tenaga yang dihasilkan.
Nah agar makin lancar, silencer dibobok, sedang lehernya diganti pakai pipa berdiameter 28 mm, aslinya hanya 22 mm.
PENGAPIAN
Agar mendukung nafas mesin makin panjang, otak pengapian alias CDI diganti dengan yang non-limiter.
Caranya dengan mengandalkan CDI bawaan Suzuki Shogun 110. Penyesuaiannya, mesti mengatur ulang panjang sensor pulser di magnet, disamakan dengan bawaan Shogun 110 yang hanya 14 mm.
"Potong bagian depan sebanyak 16 mm, dari standarnya yang 30 mm,"
Sumber: otomotifnet.com
|
[quote]
Rules :
1. penghuni baru silahkan perkenalkan diri terlebih dahulu
2. kalo bawa klon, silahkan diperkenalkan juga Primenya
3. silahkan saling share pengalaman, tutorial dan juga trik oprek mesin di sini
4. kalau mau tanya tanya seputar masalah pada mesin, langsung maen ke threadnya aja dan yang tahu juga memberikan informasinya tentang solusinya
5. junk + OOT tidak perbolehkan, jika melanggar BATA sent
6. Respect Each Other dan tanggung jawab kepada setiap postingan anda
7. no posting berbau sara, bawa si SARA langsung di lapor ke hansip
8. Rules dapat berubah, ditambah ato dikurangi sewaktu waktu