Selamat Datang, mari kita sharing ngobrol dan berbagi tuker ilmu atau informasi
Quote:
Dilarang ejek ejekan SARA omongannya d jaga, kita di sini cuma ngobrol ngobrol santai aja bro oke
-trit ini sebagian besar ambil dari indobikermags.com SELALU NGACIR DULUAN
-gambar dari OM gugel
-welovehonda.com
-agungsevi.wordpress.com
-dan kata2 ane sendiri
mohon mohon maaf bila ada yg tidak berkenan
ane hanya seorang nubi biasa!
Knp ane mau ngebahas en kasih judul ini, krn menurut ane mesin motor gede itu sangat2 rumit sekali gan, sampe ane bingung 7 keliling
Quote:
Quote:
Quote:
Tau MotoGP kan ?? itu loh motor khusus yg ga di produksi masal, didedikasikan hanya buat balapan di sirkuit, di jamin part2 nya ga ada di pasaran!! Beda sama SuperBike motor yg bisa dibeli di pasaraan lalu di modif racing, dan turun ke sirkuit...
Quote:
( yg belum tau ) ternyataa setiap merek motor di motoGP punya konfigurasi mesin yg beda loh !!! dari Yamaha Honda Ducati Kawasaki dan Suzuki [/spoiler]
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for monsteer:
Spoiler for open this:
Quote:
Quote:
Quote:
Ada 3 jenis konfigurasi mesin yang
paling sering ditemukan � Sebenarnya masih ada 2 konstruksi lagi, yaitu :
Rotary dan W. Ketiga varian yang paling banyak populasinya tersebut, dikenal dengan julukan sejajar (in line), horizontal (boxer) dan �V�.
Mesin in line posisi silinder sebaris. Mesin �V�, punya silinder kanan kiri berdampingan, dengan sudut kemiringan tertentu. Sementara Boxer, menyerupai konfigurasi V bersudut 180 derajat, alias posisi silinder rebah sejajar (horizontal).
Quote:
Mesin Inline 4 � Horse Power over Torsi : Identik dengan Yamaha & Kawasaki
Quote:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Inline 4 silinder:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for torque merata, en lembut:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Inline 4 silinder animasi:
Ini jenis mesin yang paling banyak ditemukan. Dengan posisi silinder sebaris, mesin in line punya kelemahan saat harusmengakomodasi jumlah silinder banyak.Mau tidak mau, dimensinya makin panjang dan butuh ruang mesin gede. Mesin Inline adalah mesin sejejer 4 silinder. Identik dengan mesin motor Yamaha dan Kawasaki. Ciri khas mesin ini adalah �lemot� di rpm bawah karena torsi yang dihasilkan relatif kecil, namun memiliki tenaga puncak yang begitu ganas. Efeknya adalah mesin Inline memberikan kepercayaan pengendara untuk lebih berani membejek gas, terutama saat berada di tikungan cepat.weeeeeww...
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Honda jg punya sejajar 4 silinder:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for CB1000R:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for inline on Yamaha R1:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for mesin ninin seperapat cc:
Spoiler for open this:
Quote:
Mesin V Conviguriation � Kompromi antara Horse power dan Torsi : Identik dengan Honda & Aprilia
Quote:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for V Engine:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for V Engine animasi:
Dulunya V engine merupakan pengembangan dari mesin in line. Mesin V oke-oke saja mengadopsi mesin silinder banyak. Dengan konfigurasi V, ukuran silinder banyak menjadi kompak. Mesin V seperti RC212V atau Aprilia RSV4. Kata kata �V� merupakan bentuk dari susunan silinder. Karakter mesin seperti ini adalah kombinasi sempurna antara torsi dan horse power. Meski demi kian dalam kondisi ekstrim mesin tipe kompromis �V� seringkali kalah dibandingkan mesin �L� di saat menghadapi sirkuit yang butuh torsi ataupun terhadap mesin inline di sirkuit lainya. Tapi overall mesin �V� saat ini memang sangat digemari khususnya bagi para pencinta trackday!
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for V Engine on Yamaha V Max 1200cc tahun 2001:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for V Engine on RC212V:
Spoiler for open this:
Quote:
Mesin L Conviguration � Torsi over Horse Power : Identik dengan Ducati dan KTM
Quote:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for L Engine:
Mesin L twin identik dengan Ducati, tapi jangan salah KTM juga mengandalkan mesin berkonvigurasi ini. Mesin tipe ini cenderung liar dan ganas diputarana bawah namun lemot diputaran atas, tetapi keunggulan mesin ini adalah mampu berakselerasi lebih cepat dibanding mesin V apalagi inline.Yang jelas tidak mudah buat menguasai karakter mesin L ini!
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Ducati (BWK):
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Ducati (BWK):
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Ducati (BWK):
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Yamaha R1:
Spoiler for open this:
Quote:
Tambahan dari agan2...
Quote:
Quote:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for N250R vs WR250X:
[spoiler=open this] for N250R vs RX135:
Quote:
4 Langkah yang sejatinya 3 langkah karena hisap dan kompresi terjadi dalam 1 langkah
Quote:
Dari pengertian mesin 4 Tak dimana butuh 4 langkah untuk 1x tenaga (langkah ledakan/combustion) dan mesin 2 Tak dimana butuh 2 langkah untuk 1x tenaga maka�Apakah bisa mesin rotary ini saya sebut mesin 1 Tak dimana ada 3x tenaga dalam 3 langkah mesin itu.
Saat terjadi langkah hisap, di sel ruang bakar yang laen terjadi langkah kompresi, ledakan dan pembuangan pada saat yang bersamaan. I don�t believe it. Oh ya?�Trust me�it works masbro�
Segelondong mesin rotary�mesin 1 tak
Ngemen2 masalah Kompresi ane punya info dari blog nya agan Agung Sevi.wordpresshttp://agungsevi.wordpress.com/2011/04/08/cara-menghitung-kompresi-motor/ mengenai cara menghitung kompresi motor gan Cekidot:
denga adanya beberapa jenis motor yang mempunyai teknologi yang dapat dibilang canggih, dan punya spesifikasi yang diatas rata rata motor biasa serta memiliki tekanan kkompresi yang lebih besar maka tidak ada salahnya kita tahu dan belajar tentang kompresi ini..
ok.. cara menghitung kompresi adalah:
E = Perbandingan kompresi
VL = Volume langkah ��.. cc
VC = Volume kompresi �� cc
butuh contoh????
ok� ane berikan..
Tentukan volume kompresi sepeda motor Honda Astrea Grand bila diketahui diameter silinder 50 mm dan panjang langkah piston 49,5 mm, perbandingan kompresi 8,8 : 1
Solusi:
D = 50 mm = 5 cm, L = 49,5 mm = 4,95 cm, E = 8,8
VL = π/4 D2 x L
= 3,14 / 4 x 52 x 4,95 = 97,19 cc
VL 97,19
VC = = = 12,46 cc
E � 1 8,8 � 1
jadi, volume kompresi motor tersebut adalah 12,46cc!!
tambahan:
ini yg salah gan
Quote:
en ini yg bener
Sekian dari ane, semoga info info di atas bisa membantu para ceriwisser semua , sayangi mesin motor mu gan, mau mesin jadul mau mesin injeksi DOHC bersyukur punya motor krn ga semua orang bisa buat mesin serumit ini... dan yg rumus nyari volume kompresi bisa langsung di praktekin gan ... dan yg paling penting karena harga minyak sedang naik, bawa motornya yg kalem gan, jgn terlalu nafsu, jgn maen gas pas lampu merah