Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > HOBI > Mobil & Motor > Motor

Motor Wadah berkumpulnya pecinta, hobby, pemilik Motor.

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 20th October 2012
Balapanyuk's Avatar
Balapanyuk Balapanyuk is offline
Ceriwiser
 
Join Date: Oct 2012
Posts: 723
Rep Power: 13
Balapanyuk mempunyai hidup yang Normal
Default AHO, Fitur Baru pada motor yang Kontroversial




[/quote]
Quote:





Mohon melonin ya Gan

Maklum Ane Cuman






Quote:





.:PENGEMIS melon:.

( Keluarga ane kaya melon tujuh turunan pelit semua , Ane turunan kedelapan )



DI RATE "5 STAR" JUGA BOLEH LHO GAN

-- TAPI ANE MOHON AGAN YANG BAIK JANGAN dicabein KALAU ANE ADA SALAH --







Quote:





Bukti Tidak Repost


[/spoiler]
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Bukti Tidak Repost:












Spoiler for open this:








Spoiler for open this:
Quote:







Thread ini dibuat berdasarkan pengalaman TS yang baru saja membeli motor baru yang menerapkan AHO. Dengan pengetahuan TS yang sedikit tentang otomotif, saat mengetahui motor baru ngga ada saklar lampu, kaget bukan kepalan, dikira ni motor produk gagal, udah marah-marah sama penjualnya juga tapi ternyata ada alasan dibalik itu semua. Semoga bermanfaat buat newbie otomotif kayak Ane.







Quote:











Quote:





Apa sih AHO? AHO adalah kependekan dari Automatic Headlight On. Artinya jika mesin motor dihidupkan maka secara bersamaan lampu utama akan ikut menyala.



Penerapan perangkat motor ini untuk mendukung program safety riding itu sesuai dengan pasal 107 ayat 2, Undang-Undang No.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 107 dimana menyebutkan pengendara diwajibkan menyalakan lampu pada siang hari.Jadi ngga ada saklar lampu.







Quote:





AHO merupakan fitur baru yang melengkapi motor-motor lansiran 2011. Dengan peranti ini, lampu utama motor langsung menyala begitu dihidupkan dan mati saat mesin dimatikan. �Sederhana saja sebenarnya. Dulu ada saklar, sekarang enggak ada saklar. Step-nya berkurang, enggak pakai nyalain lampu,� kata Wedijanto, general manajer servis PT Astra Honda Motor.



�Sebenarnya ini bukan barang baru. Di negara maju seperti AS sudah diberlakukan jadi fitur standar kendaraan sejak 30an tahun lalu,� kata direktur Jakarta Defensive Driving Consulting ini. �Ini sudah lama diterapkan di negara-negara lain, jadi kesimpulannya kita tertinggal dari negara lain,� lanjut Hariadi, manajer teknik servis Suzuki.



AHO baru diaplikasi di sejumlah motor yang diproduksi tahun 2011. Seperti Suzuki Axelo, Hayate, Yamaha Jupiter Z, Vixion, TVS Tormax dan sebagainya. �Pengendara akan diuntungkan dengan kepraktisannya. Seandainya masih diberi pilihan adanya switch maka dapat dipastikan pengendara akan sering mematikannya dibandingkan menyalakannya. Apalagi ada kemungkinan pengendara lupa menyalakan lampu,� jelas Hariadi.



Bukan hanya praktis, safety sebenarnya merupakan alasan utama penambahan fitur ini. AHO diharapkan bisa mengurangi kemungkinan kecelakaan. Karena dengan lampu menyala, motor jadi lebih terlihat oleh kendaraan lain di sekitarnya.



�Mata pada dasarnya lebih gampang menangkap obyek atau titik-titik yang muncul dengan sinar lampu. Noktah dengan cahaya lampu putih kekuningan lebih atraktif terhadap kornea mata dibanding warna lain, apalagi yang tanpa cahaya,� papar Jusri.



Meski sudah jadi fitur standar, nyatanya masih saja ada yang bersedia repot mengutak-atik agar AHO di motornya tidak aktif. Alasannya, AHO bikin umur bohlam lebih pendek. �Bohlam pada dasarnya kan memang punya batasan umur. Tapi pemakaian terus-terusan siang malam cuma karena AHO tidak akan berpengaruh secara signifikan,� bilang Wedijanto.



Umur pakai lampu tidak mengacu pada masa pakai (bulan, tahun dan jam) serta jarak tempuh (km). �Kita sudah pernah uji ketahanan mesin axelo 100 jam nonstop. Ternyata tidak terjadi bohlam lampu yang putus, walaupun digeber 100 jam nonstop dan 5620 km,� lanjut Hariadi.





Quote:








Quote:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Polemik yang terjadi:








masih banyak rider yang tinggal di daerah atau pemukiman yang padat penduduk yang aksesnya harus melewati gang2 sempit dan banyak yang nongkrong seperti Jakarta. Jika kita lewati gang2 tersebut pada malam hari, terkadang kita harus mematikan lampu untuk menghormati para warga yang sedang duduk2 bergerombol gk ada kerjaan. kalo kita gk matiin lampu biasanya makian dan sumpah serapah keluar dari yang sedang nongkrong tersebut karena silau oleh lampu kita. kalo dipikir yang salah kan mereka yang nongkrong di pinggir jalan.....?? lah wong jalan kok di buat nongkrong...??












Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Foto Perbandingan pemakai lampu di siang hari:







Spoiler for open this:
Quote:





Bandingkan kedua foto di bawah ini, mana yang menurut anda lebih gampang terlihat. Perhatikan foto dibawah dengan sekilas layaknya kita melihat spion. Motor yang mana yang jelas terlihat?






Quote:











Quote:











Quote:











Quote:





















Quote:
[spoiler=open this] for Daftar Motor AHO:







Quote:










Quote:









Quote:






Quote:











Quote:





Kalau pendapat Agan gimana ? Setuju Kah ?






[quote]















Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 12:41 PM.


no new posts