Casual games�seperti
Angry Birds,
Bejeweled, dan
Plants vs Zombies�biasanya hanya dimainkan untuk menghabiskan waktu tanpa banyak berpikir. Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas East Carolina, Amerika Serikat, membuktikan bahwa
casual games memiliki kegunaan yang lebih dari itu. Penelitian ini dilakukan dengan membagi subjek yang berjumlah 59 orang ke dalam dua grup. Kedua grup tersebut dimasukkan ke dalam ruangan tertutup dan masing-masing orang dihadapkan pada sebuah komputer. Selama 30 menit, grup yang pertama diminta untuk membuka situs
National Institute of Mental Health, sedangkan grup lainnya diminta untuk memainkan sebuah
casual game.
Sebelum, sesudah, dan pada saat penelitian dilakukan, semua subjek diberikan tes psikofisiologi, biokimia, dan psikologi. Dr. Carmen Russoniello, pemimpin penelitian ini, mengatakan bahwa hasil penelitian ini menunjukkan adanya penurunan tingkat depresi sebesar 57 persen pada subjek yang bermain
casual game. Hebatnya lagi, penurunan tingkat depresi ini bertahan hingga sekitar satu bulan setelah bermain game.

Mengingat minimnya biaya yang perlu dikeluarkan untuk
casual games dan kemudahan untuk mendapatkan jenis game ini, Russoniello berpendapat bahwa
casual games dapat dijadikan alternatif pengobatan bagi pasien yang mengalami depresi. Ia mengatakan bahwa jenis game ini sebaiknya juga tersedia di klinik, situs pelayanan kesehatan online, dan dibagikan oleh para terapis sebagai bahan intervensi bagi para penderita depresi.