Yahoo dan Microsoft memproduksi konten untuk ditayangkan di TV ataupun secara online agar bisa mendongkrak pemasukan iklan.
Yahoo dan
Microsoft memutuskan untuk membuat acara TV sendiri. Dua perusahaan raksasa ini mengikuti langkah yang sudah dijalani
Netflix dan
Amazon di bisnis konten TV. Seperti dilaporkan
Bloomberg, Microsoft lewat
Xbox Entertainment Studios miliknya akan merilis enam acara TV pada Juni nanti.
Antara lain, tayangan
science-fiction thriller berjudul
Humans,
reality show World Cup, tayangan komedi bersama komedian
Sarah Silverman dan
Seth Green, dan serial
Halo yang dibuat
Steven Spielberg. Dan masih ada lebih dari selusin proyek serupa sedang dikembangkan Microsoft.
"Ini bukan bisnis yang mudah. Ada tingkat kegagalan yang besar," ujar
Nancy Tellem, Entertainment & Digital Media President di Microsoft, tentang bisnis konten TV yang sedang dibangunnya.

Adapun Yahoo akan merilis tayangan secara
online, seperti yang dilakukan Netflix lewat serial drama sukses
House of Cards. Mengutip
Wall Street Journal, Yahoo akan merilis empat
webseries dengan format dan durasi layaknya serial TV tradisional. Bukannya dengan format video berdurasi pendek seperti yang pernah dibuat Yahoo sebelumnya.
Yahoo dan Microsoft mau tidak mau memang harus bikin acara TV karena tuntutan kas perusahaan. Soalnya, pemasukan iklan dari bisnis
online dua perusahaan ini tidak memuaskan. Tahun lalu saja, jumlah pendapatan iklan
Facebook dari dunia digital menyalip Microsoft dan Yahoo. Hasilnya, Facebook duduk di peringkat kedua di bawah
Google.
---