Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > DISKUSI > Lounge

Lounge Berita atau artikel yang unik, aneh, dan menambah wawasan semuanya ada disini dan bisa dishare disini.

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 15th April 2016
JanMalik's Avatar
JanMalik JanMalik is offline
Ceriwiser
 
Join Date: Apr 2016
Posts: 411
Rep Power: 10
JanMalik mempunyai hidup yang Normal
Default Nostalgila motor keren jamannya

Agan-agan sekalian, ini saya coba mau sharing info dan nostalgila soal sepeda motor yang Keren di Jamannya (sekitar periode 90an). Motor-motor tersebut pada periode 90an cukup memenuhi jalanan di sekitar kita, banyak orang yang sering menggunakannya.

Beberapa diantaranya saat ini sudah sangat sulit untuk ditemui di jalanan, dan beberapa diantaranya sampai saat ini masih dapat ditemui dan masih menjadi salah satu idola karena kemampuannya yang masih mumpuni.



Nah, pertama mari kita sharing soal sepeda motor versi bebek.



Quote:

KAWASAKI KAZE

Kawasaki Kaze, pertama kali diluncurkan pada tahun 1996. Kaze merupakan bebek pertama di Indonesia yang mengusung mesin berkapasitas 112cc, makanya disebut pelopor bebek 4-tak modern.

Motor ini memiliki beberapa keunggulan dibanding sepedamotor lain sekelasnya, pada beberapa teknologi yang diusungnya merupakan yang pertama diterapkan pada sepedamotor bebek di Indonesia, yang ternyata di kemudian hari diikuti oleh para kompetitornya.

Teknologi itu seperti penggunaan filter oli, penggunaan balancer stang, dan penggunaan dual head lamp.

Terdapat beberapa varian dari motor ini, seperti Kaze R (1996 & 1997), Kaze 110 R (2005), Kaze R 115 VR, Kaze ZX 130, dan Kaze S.




Quote:

SUZUKI TORNADO

Suzuki Tornado masih tergolong RC Series. Kisaran tahun 94’an, pabrikan Suzuki Motor Indonesia mengeluarkan produk yang mungkin waktu itu dijadikan rekan tandem kemudian secara bertahap akan dialihkan sebagai hasil regenerasi dari produk pendahulunya yakni Crystal 110.

Jika kita perhatikan, lekuk tubuh sang motor hampir mirip-mirip dengan RG-Sport yang sama-sama berkubikasi 110 cc tersebut. Bahkan rumor yang beredar pada waktu itu, motor ini sebetulnya merupakan versi murmer dari RG-Sport yang batal didatangkan dari negeri jiran Malaysia.

Motor ini mengusung mesin 2 tak dengan kapasitas 110 cc. Motor ini terdiri dari dua varian, Tornado GS dan Tornado GX, yang terlihat membedakan secara visual adalah pada bentuk knalpot.




Quote:

SUZUKI SATRIA 120 R

Suzuki Satria 120 R adalah varian bebek/moped underbone dua langkah (2-tak) dari pabrikan Suzuki. Terlahir dari keluarga RG, Satria 120 adalah versi pembesaran kapasitas versi pabrikan dari Suzuki RG Sport 110.

Satria 120 pertama hadir di Indonesia tahun 1997 dengan varian pertamanya yaitu Suzuki Satria 120 S, versi kopling semi otomatis dengan 5 percepatan. Lalu disusul kelahiran adiknya pada tahun 2002, Suzuki Satria 120 RU, mengusung kopling manual dengan 6 percepatan, dengan model body yang sama dengan adiknya, memiliki perbedaan besar pada bagian mesin; engine starter, jumlah percepatan, tipe kopling, dll. Hingga pada tahun 2003, hadirlah versi impor dari pabrikan, mengusung perubahan total pada desain body dan kandungan material yang nyaris secara keseluruhan diimpor langsung dari Malaysia.

Terdapat beberapa periode dari Suzuki Satria. 1997: Satria 120S, 1998: Satria 120R, 2004: Satria F150.

Satria 120 jaman dulu menjadi salah satu pilihan teratas dalam arena balap, terbukti motor ini sering menduduki podium kejuaraan balap.




Quote:

YAMAHA SIGMA

Sebenarnya ini masih keluarga Yamaha V-Series. Pada dasarnya motor ini adalah reinkarnasi dari Yamaha Alfa IIR, hanya cuma ganti desain cover body saja.

Motor ini lahir pada tahun 1997 dengan mengusung mesin 2 tak berkapasitas 100 cc. Sebagai penerus generasi Yamaha Alfa, penetrasi pasarnya sangat buruk. Disain sporty serta rem cakram ternyata tidak menarik minat pembelinya untuk meminang motor ini.

Secara performa, motor ini sangat jauh dibandingkan keluarga Force 1. Hanya saja motor ini dikatakan lebih irit, dan segmentasinya sebagai motor keluarga.




Quote:

Yamaha Force One (Force 1)

Yamaha Force One pertama keluar sekitar tahun 1992-1993. Motor ini mengusung mesin 2 tak dengan kapasitas 110 cc.

Ni motor cukup digandrungi oleh anak muda saat itu. Banyak yang mengatakan kalo tarikan ni motor emang hebat pada saat itu. Dengan model yang cukup identik dengan bebek sport, motor ini menjadi pilihan anak muda untuk digunakan sehari-hari ataupun untuk balapan.

Terdapat beberapa varian dari motor ini: Force One (1992-1993), F1Z (1994-1996), dan FIZ R (1997-2003).




Quote:

YAMAHA 125Z

Motor ini pada dasarnya merupakan hasil racikan dari Yamaha Malaysia. Dengan mengusung mesin 2 tak berkapasitas 125 cc, motor ini disebut sebagai salah satu legenda motor bebek Yamaha karena spesifikasi yang sangat mumpuni pada masanya.

Yamaha 125Z pertama lahir pada tahun 1998 yang juga menggunakan pendingin udara. Motor ini jumlahnya sangat terbatas, sehingga jumlahnya ga sebanyak varian Yamaha F1Z R di jalanan. Varian terakhir dari motor ini adalah Yamaha 125ZR yang lahir sekitar tahun 2005.



Kedua, mari kita bahas motor versi ayam jago..

Quote:

SUZUKI RK COOL

Ayam jago dari Suzuki ini memang sih ga lahir di tahun 90an, tapi nyrempet dikit lah, tepatnya lahir di sekitar tahun 2002. Sepeda motor ini hasil impor dari Thailand dengan mengusung mesin 2 tak berkapasitas 110 cc.

Terdapat beberapa varian dari Suzuki RK Cool, yaitu RK 110 Z (Velg jari-jari dengan pengereman depan berupa cakram dam belakang menggunakan tromol); RK 110S-Z (velg jari-jari dengan pengereman depan-belakang menggunakan cakram); dan RK 110S-Z terbaru (velg racing, dan rem depan-belakang menggunakan cakram).

Usia ayam jago dari Suzuki ini dapat dikatakan cukup singkat, sekitar tahun 2002-2004. Dulu harga sepeda motor ini sekitar 17 juta-an.




Quote:

YAMAHA ALFA CHAMP

Sepeda motor ini lahir pada tahun 1990-1993 dengan mengusung mesin Yamaha Alfa (V100E) yang dimunculkan sebagai motor bebek sport terbaru dari Yamaha. Kehadiran motor ini bertujuan untuk menandingi dominasi Suzuki Sprinter.

Yamaha Champ dengan dibekali mesin berteknologi 2 langkah, berkubikasi 102.1cc, berpendingin udara. Konon motor ini sanggup dipacu sampai batas kecepatan 110km/jam dalam kondisi standar pabrik.





Quote:

HONDA GL PRO

Sepeda motor ini termasuk dalam keluarga GL Series yang cukup legendaris dari Honda. Awal kemunculan Honda GL adalah tahun 1979 yang melanjutkan kejayaan dari Hond CB. Honda GL 100 dan GL Max dapat dikatakan sebagai saudara dari GL Pro.

GL Pro sendiri lahir sekitar tahun 1985 - 1995 dengan mengusung mesin 4 tak berkapasitas 145 cc. Tahun itu adalah lahirnya motor GL Pro dengan tema White Engine. Penampilan motor ini dianggap lebih menarik dibandingkan GL series lainnya.

Untuk varian selanjutnya lahir pada tahun 1992-1994, yaitu GL Pro Black Engine yang didatangkan secara CBU, dan katanya powernya lebih besar dibandingkan GL Pro versi White Engine.

Keluarga GL Pro terakhir adalah GL Pro Neo Tech tahun 1995-1999. Motor ini menggunakan mesin SOHC dengan kapasitas 160 cc, konon katanya motor ini powernya masih sedikit kalah dibandingkan GL Pro versi Black Engine.

Versi terbaru pengembangan dari Honda GL Pro adalah Mega Pro yang muncul sekitar tahun 2003-2004. Sampai saat ini Mega Pro juga masih di produksi dengan pengembangan mesin, kaki-kaki, dan juga body




Quote:

HONDA NSR 150 R

Honda NSR 150 datang ke Indonesia tahun 1994 secara CBU dari Thailand yang akhirnya dirakit juga di tanah air pada tahun berikutnya oleh Astra Honda Motor. NSR 150 R dalah motor dengan teknologi yang paling tinggi pada jamannya.

NSR telah mengadopsi rangka full deltabox murni yang biasa digunakan untuk motor balap. Motor bermesin 150 cc 2-tak ini, juga telah dilengkapi dengan pendingin mesin radiator yang belum diadopsi motor sport lokal kala itu. Selain itu, bentuk body yang sporty juga membuat kaum muda tergoda untuk memilikinya.

Meski harganya cukup tinggi, motor ini tetap laris manis di Tanah Air. Model ini bertahan hingga tahun 1998, dengan mengalami beberapa update pada warna, striping, dan bentuk behel.




Quote:

HONDA NSR 150 SP

Motor Sport dari Honda ini merupakan model pamungkas dari keluarga NSR. Model ini menggunakan single arm yang menjadi ciri khas model ini. Teknologinya terapan dari NSR 250 MC versi GP.

Motor ini dikatakan saingan terberat dari Yamaha TZM 150. Honda NSR 150 SP sebenarnya adalah motor sport introductionary level yang dipersenjatai oleh beberapa teknologi yang tidak pernah dipasang sebelumnya pada motor sport kecil, seperti suspensi pro-arm, RC Valve dan Nika-sil silinder.

Selain itu, untuk tipe ini tersedia livery repsol sebagai penghormatan untuk Michael Doohan.



LANJUT DI POST BAWAH YES
</div></div></div>

Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 01:30 PM.


no new posts