CVT motor skutik (Foto: Driveaccord).
Salah satu cara untuk membuat
motor matik lebih cepat adalah dengan melakukan
bore up, yakni memperbesar kapasitas mesin dengan cara memperbesar diameter piston.
Untuk melakukan ini biayanya bisa mencapai jutaan rupiah. Mengingat harganya yang relatif mahal itu, adakah cara lain yang bisa dilakukan?
Reno Anggra, pemilik bengkel Pemula Matic yang ada di Kukusan Beji - Depok, Jawa Barat, cara yang bisa ditempuh untuk membuat motor matik bertenaga adalah mengubah komponen pada bagian CVT. Cara pertama adalah dengan mengganti
roller dengan yang lebih ringan. "Ini berguna agar `bukaan` awal lebih responsif dan enteng," ujar Reno
Tapi, penggunaan penggunaan roller yang lebih ringan berdampak pada
top speed yang berkurang. Jika ingin mengejar
top speed dan mengorbankan akselarasi, maka bisa menggunakan
roller yang lebih berat.
Kemudian cara lainnya adalah dengan mengganti
sliding shave atau yang punya `bahasa bengkel`
pulley. Umumnya, standar kemiringan
pulley motor matik seperti Mio ada pada angka 14 derajat.
"Derajatnya yang kita turunkan, jadi dari standar 14 misalnya, kita turunkan jadi 13,5. Itu membuat hentakan mesin lebih kuat," tambah Reno.
Efeknya, tarikan mesin bawah jadi lebih responsif. Tapi sama dengan mengganti
roller, cara ini bisa buat `napas` motor lebih cepat habis.
Lantas, berapa biayanya? Reno mengatakan tak terlalu mahal, bahkan relatif murah. "Kenanya semua sekitar Rp 150 ribu," tutupnya.